√ Seberapa Penting Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi Remaja Disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) - alamatbima

Seberapa Penting Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi Remaja Disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta)

Seberapa Penting Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi Remaja Disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta)


Alamatbima.com,- Pengetahuan tentang seberapa penting edukasi tentang kesehatan seksual dan reproduksi merupakan suatu hal yang wajib dketahui oleh kita semua. Dengan perkembangan teknologi dan informasi seperti sekarang, sebenarnya semakin mudah untuk mendapatkan informasi tersebut.

 

Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja Disabilitas
Seberapa Penting Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja Disabilitas dan OYPMK.

Pada tanggal 25 Mei 2022, tepatnya hari Rabu, Ruang Publik KBR dan NLR Indonesia ikut serta dalam melakukan sosialisasi kepada para disabilitas dan OYMPK seberapa peting edukasi tentang kesehatan seksual dan reproduksi. Bersama Nona Ruhel Yabloy selaku Project Officer HKSR, Westiani Agustin selaku Founder Biyung Indonesia, dan Wihelimina Ice selaku Remaja Champion Program HKSR.

 

Sampai saat ini yang berhubungan dengan pengetahuan seksual masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang penting. Apalagi untuk para remaja disabilitas yang berajak dewasa.


Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja Disabilitas
Live YT Ruang Publik KBR

Menurut Wihelimina Ice selaku Remaja Champion Program HKSR, sebagai penyandang disabilitas pun mempunyai hak mengetahui materi atau pembelajaran tentang kesehatan seksual dan reproduksi. Karena bagaimanapun hal tersebut merupakan pengetahuan yang wajib untuk semua remaja.

 

Dengan keadaan seperti saat ini, semisal terjadi mimpi basah atau menstruasi pada anak. Namun para orang tua sebagai pendamping hanya mengandalkan kalau mereka akan paham sendiri dengan bergulirnya waktu. Kemudian perubahan lain yang terjadi pada diri ketika sudah pubertas. Dan masih banyak hal lainnya. Nah itu semua harus dibicarakan dan diberikan edukasi.

 

Dengan adanya edukasi tentang kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja disabilitas dan OYPMK, akan meminimalisir juga mereka akan menjadi korban pelecehan dikemudian hari. Gimana? Penting bukan?

 

Untuk para remaja perempuan lebih banyak lagi yang harus mereka pahami. Termasuk juga memahami terkait pengetahuan tentang menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim. Siklus waktu mengganti pembalut juga termasuk kan? Soalnya para remaja penyandang disabilitas kadang terabaikan tentang hak untuk mendapatkan wawasan ini.

 

Marilah kita turut mendukung dengan menyebarkan informasi dan memberikan edukasi tentang kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta). Karena kalau bukan kita, lantas siapa lagi? Bukan untuk menggurui, tapi membantu untuk meningkatan angka kesehatan bagi para remaja, khususnya remaja disabilitas dan OYPMK.

 

Mungkin itu saja tulisan kali ini. Buat temen-temen yang pengen tau informasi lengkap tentang pentingnya edukasi tentang kesehatan seksua dan reproduksi bagi remaja disabilitas dan OYPMK bisa langsung tonton di link berikut ya https://youtu.be/cviehvjCce4.


Terima kasih.


Seberapa Penting Edukasi Tentang Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi Remaja Disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta)

 

Please write your comments