√ Jalan-jalan Ke Industri Kecil Assafir’s: Industri Kecil Yang Memproduksi Oleh-oleh Khas Lumajang - alamatbima

Jalan-jalan Ke Industri Kecil Assafir’s: Industri Kecil Yang Memproduksi Oleh-oleh Khas Lumajang

Jalan-jalan Ke Industri Kecil Assafir’s: Industri Kecil Yang Memproduksi Oleh-oleh Khas Lumajang


Alamatbima.com,- Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda. Kali ini aku bakalan cerita tentang pengalamanku saat datang ke salah satu industri kecil menengah di Kabupaten Lumajang yakni Assafir’s. Assafir's berdiri sejak 2015, berawal dari bisnis pembuatan roti hingga kini menjadi industri kecil yang memproduksi oleh-oleh khas Lumajang.

 

oleh-oleh khas lumajang
Jalan-jalan Ke Industri Kecil Assafir's

Assafir’s merupakan industri yang memproduksi oleh-oleh khas Lumajang. Nama pemiliknya adalah Khusnul. Berada di Dusun Pusung, Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe. Kabupaten Lumajang. Kemudian untuk yang diproduksi ada Strudel, Bolen, Brownies Ubi Madu, Bakpia Ubi Madu, Pie Pisang, Sirup Jahe, dan juga roti dengan beragam rasa. Hmmm, bervarian banget kan. Untuk pastinya gak bisa diragukan lagi. Karena kalua industri kecil menengah pasti mengutamakan rasa, hehe.

 

  • Alat dan Produksi

Industri kecil Assafir’s sudah menerapkan tata letak yang baik dikarenakan industri ini sudah mendapatkan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari dinas kesehatan Kabupaten Lumajang. Hal ini tentunya untuk menjaga mutu dan kualitas produk oleh-oleh khas Lumajang yang diproduksi.

 


oleh-oleh khas lumajang
Alat Produksi Assafir's

Bukan hanya itu, alat-alat produksinya pun sebagian sudah menggunakan alat yang modern. Tapi ada juga sih yang masih menggunakan alat manual, bahkan ada yang masih terbilang tradisional. Yah, yang Namanya industri kecil kan? Jadi sudah wajar.

 

  • Kemasan Produk

Oh iya, sebagai salah satu industri yang memproduksi oleh-oleh khas Lumajang untuk kemasan yang digunakan oleh industri kecil Assafir’s ini sudah tergolong bagus. Untuk strudel, bolen, pie pisang, dan brownies ubi madu sudah menggunakan box. Jadi tampilannya kece abis deh. Kemudian untuk sirup jahenya juga sudah menggunakan botol. Hemmm kalian gak pengen nih?


oleh-oleh khas lumajang
Kemasan Produk  Di Industri Kecil Assafir's

Kenapa kemasan produk harus bagus? Karena kemasan akan mempengaruhi daya tarik konsumen lho. Meskipun menjual oleh-oleh khas Lumajang tapi kemasannya masih tradisional banget ya daya tarik konsumen untuk membeli juga akan kecil. Jadi untuk industri kecil nih, yuk perbaiki kualitas kemasan juga yuk. Jadi senada, tunjang kualitas produk dengan kemasan yang menarik.

 

  • Legalitas Assafir’s

Kemudian untuk legalitas industri kecil Assafir’s ini sudah terbilang lengkap juga kok. Seperti sudah memiliki IUMK, kemudian PIRT dari Dinas Kesehatan. Oh iya, Assafir’s juga sudah terdaftar di DJKI Kemenkumham. Keren kan? Meskipun masih terbilang industri kecil, tapi pemilik sudah didaftarkan. Oh iya, memang untuk paten dan merk ini juga merupakan salah satu kewajiban bagi industri ya. Jadi baik kecil, menengah, maupun besar harus mendaftarkan hak paten dan merk.

 

  • Pemasaran Produk

Produk oleh-oleh khas Lumajang yang diproduksi oleh industri kecil Assafir’s ini sudah dipasarkan dengan 2 metode, offline dan online. Hmmm jadi jangan khawatir, buat kalian jauh masih bisa mencicipi kok, hehe. Untuk penjualan offline, industri kecil Assafir’s sudah menitipkan produk di beberapa took oleh-oleh khas Lumajang.



oleh-oleh khas lumajang
Proses Produksi Bolen

Kemudian untuk online, produk oleh-oleh khas Lumajang yang diproduksi oleh industri kecil Assafir’s ini sudah memiliki intagram lho, nih https://www.instagram.com/strudel_ubimadu_assafirs/ kalian cek deh. Namun yang masih harus diperbaiki adalah kualitas foto ataupun video produk. Yah, yang namanya industri kecil kan. Keterbatas kemampuan di salah satu bidang itu pasti. Hmmmm, mungkin bisa diperbaiki lagi agar bisa lebih bagus feed instagramnya sehingga bisa menarik minat konsumen.

 

Oh iya untuk pemasaran melalui market place masih belum nih. Semoga nanti seiring berjalannya waktu bisa berkembang nih. Agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal oleh-oleh khas Lumajang. Kan jadi seneng gitu kalau makin banyak yang mengenal. Otomatis penjualan pun juga akan meningkat kan hihi.


 

oleh-oleh khas lumajang
Ruang Produksi Assaafir's

Mungkin itu aja cerita pengalamnku saat berkunjung ke industri kecil Assafir’s. Salah satu industri kecil yang memproduksi oleh-oleh khas Lumajang. Kalau ada pertanyaan langsung aja di kolom komentar ya guys. Pasti dibalas kok.

 

Terimakasih

 

 

 

Please write your comments