Lagi Rame Bahas Event Loemadjang Mbiyen: Dalam Kesendirian Saat Lumajang Dibawa Ke Nuansa Zaman Dahulu - alamatbima

Lagi Rame Bahas Event Loemadjang Mbiyen: Dalam Kesendirian Saat Lumajang Dibawa Ke Nuansa Zaman Dahulu

Lagi Rame Bahas Event Loemadjang Mbiyen: Dalam Kesendirian Saat Lumajang Dibawa Ke Nuansa Zaman Dahulu


Event Loemadjang Mbiyen
Hadir Dalam Event Loemadjang Mbiyen
Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda, hehe. Yops, aku hadir kembali membawa sedikit cerita perjalananku. Duh, pokoknya jalan lagi jalan lagi. Dan spesialnya lagi aku gak jalan-jalan jauh. Deket, tapi keren lho. Kemana sih? Dimana sih? Seru gak sih? Pasti pada penasaran nih. Kali ini aku menghadiri Event Loemadjang Mbiyen. Pengen tau acara ini tuh dimana dan kayak gimana acaranya kan? Baca terus deh.

Event Loemadjang Mbiyen
Event Loemadjang Mbiyen merupakan salah satu rangkaian kegiatan kepariwisataan yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Lumajang. Kalau tahun kemarin sih Loemadjang Jadoel, namun kali ini mengusung nama yang berbeda dan dengan konsep yang berbeda pula. Nah event ini dilaksanakan baru kemarin tuh, tanggal 27-28 September. Kesempatan kan buat jalan-jalan deket, itulah yang ada dipikiranku, hehe. 

Event Loemadjang Mbiyen
Penampilan Dari Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Di Event Loemadjang Mbiyen

Di tahun 2019 ini, Event Loemadjang Mbiyen dilaksanakan di PTPN Kertowono Gucialit. Lumayan jauh sih kalau dari pusat kota. Tapi akses menuju tempat ini masih terbilang enak sih. Gak ada jalan-jalan bolong disana-sini. Jalannya sudah lebar (meskipun dibeberapa titik masih dalam proses pengerjaan). Namun ketika mau sampe TKP nih, jalan baru sempit. Aku aja kena macet cuy. Hehehe, gak nyangka banget kena macet di suatu desa kan? Soalnya terakhir kena macet sih saat mudik. Tapi tak mengapa, demi hadir dan meramaikan kan apa salahnya?

Nuansa Zaman Dahulu Di Event Loemadjang Mbiyen
Ketika baru sampai, ku parkir Thomasku. Kamera ditangan. Permen Cupacup ku genggam (yaelah masih aja bawa cupacup). Ku langkahkan kakiku menuju TKP. Tak seberapa jauh. Namun yang bikin kagum adalah nuansa yang terasa saat itu. Rumah-rumah para karyawan perkebunan yang sederhana. Bahkan ada rumah yang masih seperti rumah jadul peninggalan Belanda. Halaman kecil didepan rumah yang minimalis tertata rapi. Hawa dingin sejuk datang menyambut.  Membawaku seperti di zaman dulu saja. Jujur memang, di TKP nih sinyal begitu susah. Entah sih provider lain. Tapi, hal ini yang bikin aku jadi merasa banget kek di zaman dulu, hehe.
Event Loemadjang Mbiyen
Miris Kan Dateng Sendirian Kalau Liat Beginian Huhu
Terus saja ku langkahkan kakiku. Ternyata, rame banget pengunjungnya. Duh mana banyak yang berpasangan lagi. Mana aku datengnya sendiri lagi. Ampun dah ampun. Miris tau, hehe. Saat yang lain bergandengan tangan jalan melewati gerbang menyambut di Event Loemadjang Mbiyen, malah aku menggenggam kamera dan permen cupacup, hahaha. Tapi santuyy, niat sudah pengen menikmati suasana dan cari kuliner. Bukan mau miris sedih liatin orang bergandengan. So, lanjut aja jalan.

Jajanan Yang Menggugah Selera Nyemil
Event Loemadjang Mbiyen
Duh Kan? Ada Cenil Dan Kawan-kawan Nih!
Dari pintu gerbang terdekat, langsung terlihat Pasar Rakjat. Wah ini nih. Jalan-jalan ke suatu event emang gak lengkap kalau gak nemu jajanan kan? Mulailah aku berkeliling. Dan bener aja, banyak banget jajajanan-jajanan yang menggugah seleraku. Yang pertama aku cari emang cenil dan kawan-kawan. Sukak banget dah sama jajanan yang satu ini. Belum jauh melangkah kaki ini langsung terdiam. Mata terjebak ke suatu stand yang memang ramai pengunjung. Ternyata mata auto fokus ke cenil yang dipegang oleh sang penjual. Dalam hati (alhamdulillah gak usah jalan jauh udah nemu), auto beli dah.
Kunikmati dengan santuyy. Bodo amat dengan yang berpasangan, penting mah makan, haha. Tak jauh dari stand jajanan tradisional ini, ada penampilan pertunjukan saat itu. Gak ngerti ini pertunjukan apa. Rame banget sampe gak bisa ambil gambar. Riweuh juga sih bawa kamera, bawa jajanan, haha. Yaudah aku lanjut aja nyari tempat buat menikmati jajanan yang udah ngejek perutku.

Antusiasme Masyarakat Dalam Event Loemadjang Mbiyen
Event Loemadjang Mbiyen
Lagi Ngobrol Santuy, Eh Ada Paparazinya Ternyata, Hehe
Saat aku mulai mencari tempat untuk bersantuyy, aku baru sadar kalau masyarakat yang hadir di Event Loemadjang Mbiyen ini mengenakan pakaian-pakaian zaman dulu. Ada juga yang pake pakaian tradisional. Jadi ngerasa gak enak nih aku. Dateng pake pakaian santuyy, sendirian pula gak kek orang-orang, haha. Tapi salut banget sama masyarakat yang hadir di event ini deh. Keren! Yang menghadirkan suasana zaman dahulu bukan hanya event, tempat, dan konsep bangunan aja. Para pengunjung pun juga menciptakan suasana zaman dahulu.
Terus saja aku berjalan, hingga aku melihat stand unik-unik. So, tak hanya banyak stand jajanan yang ada di event kali ini. Namun dari seluruh Kecamatan yang ada di Lumajang juga turut berpartisipasi. Aku pun tertarik untuk mampir nih. Mampirlah aku ke salah satu stand dari Kecamatan Tekung. Ternyata beliau yang jaga pun udah kenal, hehe. Jadi enak tuh buat ngobrol sejenak. Aku juga disuguhi dengan makanan-makanan khas zaman dulu. Ada Marning (jagung), keripik singkong, dan kerupuk. Tak luput kopi menemani obrolan yang jadi panjang dan lebar. Jadi agak lama deh ngobrolnya. Di stand Kecamatan Tekung ini mengusung konsep Jepang nih. Bahkan ada salah satu yang jaga mengenakan pakaian ala-ala tentar Jepang zaman dulu gitu. Lengkap pula dengan senjatanya. Gokil!

Event Loemadjang Mbiyen
Keren Kan Ada Tentara Jepang Di Loemadjang Heritage
Setelah lama ngobrol, dan tak terasa juga hari semakin sore. Aku pun terus melanjutkan berkeliling sebelum lanjut untuk pulang (gak kuat liat orang gandengan, haha). Ehh aku menemukan jajanan khas dari luar Lumajang nih. Ada kerak telor. Aslinya pengen, tapi udah kenyang juga (alibi duit habis). Jadi gak beli dah. Tak hanya jajanan tradisional yang aku temui sepanjang jalan sebelum pulang ini. Banyak juga jajanan hits lho. Bener-bener manjain masyarakat kan? Jajanan tradisional ada. Hiburan pertunjukan untuk masyarakat ada. Tak heran kalau emang banyak banget masyarakat yang hadir ke Event Loemadjang Mbiyen ini. 
Event Loemadjang Mbiyen
Ada Yang Doyan Nasi Jagung? Ada Nih Di Loemadjang Mbiyen

Event Loemadjang Mbiyen
Jajanan Kerak Telor, Siapa Yang Suka Hayo?
Mungkin itu aja sih cerita sedihku liat orang gandengan, ehhhh salah. Ceritaku saat hadir ke Event Loemadjang Mbiyen. Event keren yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Lumajang. Semoga aja tahun depan ada lagi dan makin rame. Aminnn. Kalau ada pertanyaan langsung aja di kolom komentar yak, bakalan dibales kok santuyy.
Terima kasih.~


12 komentar

  1. Hasil jepretan ku ok jga ya mz bima😀😀

    BalasHapus
  2. mirip-mirip event Malang Tempo Doeloe gitu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa persis kayak malang tempoe Doeloe
      Udah balik nih dari Thailand?

      Hapus
  3. Acara acara seperti ini selalu seru ya..
    Paling enak emang makan jajanan jaman dulu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jajannya emang selalu bikin kange sih kak, hehehe . . .

      Hapus
  4. Lumajang emang keren dan ngangeni 👍😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih ngangenin sih senyumannya dia sih bun hehehe

      Hapus