BLOG INI BERISI TENTANG CURAHAN HATI SANG MELANKOLIS MUDA YANG SUKANYA CERITA PENGALAMAN KETIKA JALAN-JALAN, NGULIK-NGULIK MAKANAN DAN TEMPAT NONGKRONG, KADANG BAHAS YANG LAIN. INTINYA BLOG INI GADO-GADO BANGET. MARI BERBAGI PENGALAMAN KETIKA KEMANAPUN, DIMANAPUN, DAN DALAM KEADAAN APAPUN. SELAMAT MEMBACA.~

Kamis, 26 September 2019

Oleh-oleh Khas Lumajang Yang Wajib Dicoba: Jalan-jalan Ke Rumah Produksi Alta Olahan Strudel Lumajang

Oleh-oleh Khas Lumajang
Jalan-jalan Kerumah Produksi Oleh-oleh Khas Lumajang "Rumah Alta"
Halo kembali bersamaku melankolis muda, hehe. Duh, akhirnya jalan-jalan lagi dah. Gak pernah ngerasa bosen emang kalau udah berurusan dengan yang namanya jalan-jalan. Eitsss, jangan salah. Kali ini jalan-jalanku sangat terasa berbeda. Bukan ke alam-alam, bukan juga ke tempat penuh historis (rumah mantan wkwk). Tapi kali ini aku berburu Oleh-oleh Khas Lumajang yang wajib dicoba para wisatawan bila berkunjung ke Lumajang. Penasaran kan aku berburu oleh-oleh khas yang kayak gimana? Baca terus yuk.
Lumajang, merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur. Memiliki kontur wilayah yang luar biasa istimewa dan juga memiliki segudang destinasi wisata. Tapi kalian udah pada tau gak sih kalau Lumajang ini kaya banget dengan yang namanya buah pisang? Pasti sih ada yang tau dan ada yang belum nih. Memang tuh di sekitar rumah-rumah masyarakat Lumajang ini lumrah banget ditemui pohon pisang. So, pasti buahnya banyak juga kan hehe.
Nah aku mendengar kalau ada oleh-oleh yang menarik dan terasa sangat asing di telinga nih. Dan katanya Oleh-oleh Khas Lumajang ini salah satu bahan dasarnya pisang. Yah namanya aku suka banget dengan buah pisang. Akhirnya tergugah seleraku. Bergejolak dah pengen cepet-cepet nyobain. Penasaran! Dan pada akhirnya aku dapet nomornya, langsung aja aku hubungi. Lagi produksi apa engga, lagi stay apa engga, dan macem-macem dah. Intinya aku ngubungin tuh buat dateng langsung ke rumah produksinya. Gak puas kalau cuma beli tapi gak tanya-tanya ownernya. Maklum, kebiasaan banyak tanya, hehehe.
Oleh-oleh Khas Lumajang
Yuk Berburu Studel Khas Lumajang
Oke singkat cerita. Hari itu aku otw ke rumah produksi. Tempatnya ada di Perumahan Bumirejo, Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang (nanti aku kontak dan alamat lengkapnya di akhir deh). Ketika masuk perumahan, petunjuk arahnya ada kok, santuyy. Setelah sampai, ternyata Oleh-oleh Khas Lumajang ini adalah Strudel. Strudel? Bukannya identik dengan Malang? Eitsss, salah cuy. Yang kali ini beda. Ini adalah khas Lumajang. Pisang sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya. Awalnya, aku sendiri juga kaget. Tapi memang begitulah adanya.
Rumah Alta, itulah nama Rumah Produksinya. Sturdel yang berbahan pisang menjadi andalan nih. Menarik kan? Ada oleh-oleh khas yang antimainstrem, hehe. Ku sempatkan untuk ngobrol dengan Ibu Sri Utami. Beliau merupakan owner dari Rumah Atla yang memproduksi berbagai macam olahan makanan ini. Yah namanya juga si melankolis kan, hehe. Pastinya rugi banget kalau gak tanya-tanya. Kebetulan banget, pas aku dateng ternyata lagi produksi tuh. Pengen banget aku liat prosesnya sih. Tapi kan namanya lagi produksi, pasti pekerjanya lagi riweuh (sibuk) tuh. So, takut ganggu aja aku hehe. Mending kalau bisa bantuin kan? Lah aku bisanya mencicipi doang, hehe.
Oleh-oleh Khas Lumajang
Ranu Cake Produksi Rumah Alta
Di Rumah Alta ini, seperti yang sudah kubilang tak hanya memproduksi studel doang. Ada beberapa olahan makanan yang lainya. Ada Ranu Cake Barian Rasa, Strudel Varian Rasa, Strudel Premium Edition, Pia, Bolen, dan Rambak Pisang. Semua olahan makanan yang ada rata-rata berbahan pisang lho. Yah meskipun ada beberapa yang bukan.

Oleh-oleh Khas Lumajang
Kemasannya Keren Kan? Tetep Kece Dibawa Kemana-mana
Saat itu aku nyobain Strudel Pisangnya tuh. Begh, rasanya manis coklat lumer dan pisang berpadu jadi satu. Maknyusss lah pokoknya. Suwerr. Ini hanya satu varian aja nih yang aku cobain. Gimana dengan varian yang lain yaa? Duh jadi Mupeng dah. Mungkin next time bisa nyobain. Bukan hanya dari segi rasa. Tampilan kemasan yang ada pun begitu bagus. Keren gitu, elegan. So, buat kalian gak bakalan malu dah kalau mau bawa-bawa kesana kemari. Biasanya kaum adam nih. Yang malu kalau disuruh bawa oleh-oleh karena kemasan yang kurang menarik. Kalau bawa Oleh-oleh Khas Lumajang dari rumah produksi Alta dijamin dah tetep kece. Kalau untuk harga, strudelnya hanya dibandrol 27K – 32K, Ranu Cake 32K – 35K, Strudel Premium Edition 35K, Pia 30K, Bolen 20K, dan Rambak Pisang 15K – 35K. Begh, mantul gak tuh. Murah kan?
Oleh-oleh Khas Lumajang
Keluarga Bapak Hendri Dari Madiun Lagi Berburu Oleh-oleh Khas Lumajang
Ada satu lagi pengalaman luar biasa yang aku dapetin saat berkunjung ke rumah produksi Alta. Ternyata nih, aku berbarengan dengan salah satu pembeli yang berasal dari Madiun. Wuh, jauh kan. Namanya Bapak Hendri. Beliau ke Lumajang karena ada kegiatan bersama keluarganya. Dan saat itu pengen cari oleh-oleh sih katanya. Dan beliau ini langsung menuju ke rumah produksi Alta untuk berburu Strudel dan Ranu Cake. Menurut penuturan Bapak Hendri sih, suka banget berburu oleh-oleh. Sekeluarga emang kebiasaannya begitu. Belum puas kalau belum bawa oleh-oleh. Nah karena beliau ada di Lumajang, jadi beliau pengen tuh bawa Oleh-oleh Khas Lumajang untuk keluarga dan temen-temen di Madiun. Gokil abis. Masyarakat luar Kabupaten pun sudah banyak yang tau.
Oleh-oleh Khas Lumajang
Serius Kalian Gak Pengen Strudel Khas Lumajang?
Itulah ceritaku saat aku dateng ke rumah produksi Alta yang memproduksi beberapa jenis olahan makanan. Gak lengkap nih rasanya main-main traveling ke Lumajang kalau gak bawa Oleh-oleh Khas Lumajang-nya juga. Rekomendasi banget nih buat kalian yang lagi berkunjung ke Lumajang. Berburu strudel, hehe. Jadi gak cuma di Malang doang kan? Lumajang juga punya. Kalau ada pertanyaan langsung di kolom komentar yak, bakalan dibales kok, santuyy. Atau bisa tuh ngubungin langsung di nomor yang aku kasih dibawah. Terima kasih.~

Strudel e Lumajang
Phone: 081252699876
Outlet: Perumahan Bumi Rejo Permai Blok T. 3, Sumberejo, Kec. Sukodono, Lumajang
Instagram: @strudel_e_lumajang


0 komentar:

Posting Komentar