7 Hal Yang Bisa Bikin Kangen Malang: Backpacker Keliling Malang - alamatbima

7 Hal Yang Bisa Bikin Kangen Malang: Backpacker Keliling Malang

7 Hal Yang Bisa Bikin Kangen Malang: Backpacker Keliling Malang


Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda, hehehe. Siapa yang gak kenal dengan Malang? Dikit banget sih kemungkinannya kalau kamu gak tau dan gak kenal Malang? Tahun lalu sering banget tuh  aku jalan-jalan dan bersantuy ria di kota orang ini. Dan kali ini aku bakalan ceritain tentang pengalamanku kenapa sering banget ke Malang. Ada yang bener-bener bikin kangen. Ada yang gak bisa dilupain. Dan banyak lagi dah. Pokoknya seru, seneng, lucu, haru dengan kota yang memiliki banyak julukan ini. Oke berikut 7 Hal Ini Bakalan Bikin Kangen Malang. Yuk baca, siapa tau pengalaman kita sama.

   1.   Pemandangan Sunset Balai Kota Malang
kangen malang
Pemandangan Sunset Di Balai Kota
Malang, merupakan salah satu kota yang memiliki banyak julukan atau nama lain. Nah bila berkunjung ke kota yang satu ini, kamu bakalan disuguhin nuansa dan suasana vintage. Salah satu spot vintage yang gak pernah sepi yakni Taman Balai Kota Malang. Saat waktu dan cuaca pas, sunset di tempat yang satu ini bagus banget. Suwer! Pengalaman nih. Saat aku jalan kaki dari stasiun kota Malang menuju alun-alun (gak seberapa jauh sih, tapi lumayan bikin capek), pasti akan melewati Taman Balai Kota. Kebetulan, kala itu sore hari dan langit tak ditemani kelabu. Sunsetnya cuy. Meskipun bukan tak seindah di pantai dan tak semenarik di gunung. Pemandangan Sunset Di Balai Kota Malang bakalan bikin Kangen Malang.

   2.   Nuansa Dan Suasana Vintage Yang Begitu Kental
kangen malang
Spot Vintage Kampoeng Heritage Malang
Udah sedikit aku ceritain kalau Malang emang miliki banyak banget spot vintage. Bahkan nih, ada salah satu destinasi yang menawarkan wisata heritage. Buat kamu yang hobi jepret-jepret, gak salah kalau memilih Malang sebagai tempat buat hunting mu. Aku aja nih, pertama kalinya keliling nyari spot vintage gak bawa kamera nyesel banget coba. Nah yang kedua kalinya aku gak mau nyesel lagi. Tak bawa peralatan lengkapku, hehe. Dan meskipun koleksi foto-foto vintage-ku udah banyak masih aja tuh Kangen Malang buat hunting spot vintage lagi. 

   3.   Cerita Kampung Warna-warni
kangen malang
Cerita Kampung Warna-warni
Kampung warna-warni Malang. Dulu sih, tempat ini hanya kampung padat penduduk saja. Namun, sekarang akhirnya disulap menjadi destinasi wisata menarik dan recommended banget untuk dikunjungi buat kalian yang pengen ke Malang. Apalagi hanya bayar 3K saja untuk masuk destinasi yang satu ini. Itu pun udah dapet stiker lho (mayan buat tempelan di pintu kamar atau helm kan, hehehe) Dulu si sempet tuh jalan bareng temen-temen gitu. Dan salah satunya ada orang yang aku suka, hehehe. Upsss, kali ini gak bakalan bahas baper-baper. Jadi skip aja.
Nah sekarang tuh malah nambah lagi destinasi di sekitaran Kampung Warna-warni ini lho. Ada Kampung 3D dan Kampung Biru Arema. Buat kampung 3D sih tinggal nyebrang aja tuh dari Kampung warna-warni. Bayarnya juga 5K deh kalau gak salah (mohon maap nih lupaan bet aku ini) plus bakalan dapet gantungan. Duh jadi pengen kesana lagi dah. Emang ya selalu aja ada yang bikin Kangen Malang.

   4. Dimanjakan Jajanan Tradisional
kangen malang
Jajanan Di Pasar Tradisional Malang
Membahas tentang jajanan tradisional, pastinya Malang punya cerita tersendiri. Setiap jalan-jalan ke pasar-pasar tradisional, kamu bakalan dimanjain dengan jajanan tradisional yang ada. Aku pernah nih jalan-jalan pagi tuh, gak sengaja nemuin Cenil, Lupis, dan Gatot. Kalau urusan harga, haduh mau beli banyak juga bisa dijabanin dah. Mau beli 5 rebu, 4 rebu, atau 3 rebu bisa banget, hehehe. Yang jualan juga seru kok buat diajak ngobrol. Kalau bisa ngobrol bahas jawa sih, karena hanya bisa bahasa jawa doang yang jualan. Maklum sih, udah agak berumur gitu. Coba sih, kalau lagi jalan-jalan ke Malang. Dateng ke pasar tradisional terus cari jajanan, mengenang masa kecil dulu.

  5.   Penginapan Murah Di Malang
kangen malang
Penginapan Murah Di Malang
Kalau udah cerita jalan-jalan, penginapan juga masuk dong buat dibahas. Buat kamu yang pengen ke Malang, jangan khawatir saat ingin menginap. Penginapan murah lho di Malang. Entah yang udah terkenal banget atau yang masih belum sama-sama  murah. Nah salah satunya yang pernah aku datengin nih yakni Rumah Jalan Jaksa Agung. Bukan hanya murah sih, tapi penginapan ini juga menawarkan tour travel sekaligus. Kemudian yang uniknya lagi, penginapan ini Instagramable lho. Bagus banget dah buat hunting. Nginap sekaligus hunting. Keren kan?

    6.   Padat Jadwal Festival
kangen malang
Malang Flower Festival 2019
Malang juga termasuk daerah yang sering banget ngadain festival. Bahkan nih aku pernah dateng ke 2 festival sekaligus dalam satu bulan. Keren menurutku sih (karena di daerahku jarang banget ada festival, hehehe). Nah aku ceritain festival yang pernah aku datengin, yakni Malang Flower Carnival 2019. Dalam festival ini peserta berpakaian ala-ala bunga gitu dan jalan menghibur  para masyarakat. Kayak fashion show dah. Bahkan pesertanya juga pun bukan hanya dari Malang aja tuh saat itu, dari luar daerah juga banyak banget.

    7.   Street Food Merajalela
kangen malang
Street Food Di Malang
Apapun pembahasan tentang jalan-jalan pastinya akan berujung dengan kuliner. Buat kalian yang pengen kulineran santuy, mungkin Malang menjadi tempat yang cocok buat hunt kuliner. Dan yang bikin Kangen Malang itu street foodnya dah. Mulai dari yang harganya murah banget samapai yang agak mahalan dikit ada lho. Pengalamanku seringnya makan di foodcourt. Rasanya lain aja sih makan di foodcourt bareng temen-temen nongkrong. Santai sambil menikmati suasana Malang. Pilihan makanan yang banyak menjadi salah satu alasan juga sih kenapa sering hunt kuliner di foodcourt daerah Malang.

Itulah beberapa hal yang Kangen Malang menurutku. Yang sering bikin aku bolak-balik Malang bukan karena cinta kan? Hehehe. Yops mungkin itu aja sih ceritaku kali ini. Buat kalian yang sering ke Malang ceritain aja di kolom komentar. Atau kalau mau tanya-tanya bisa kok langsung di kolom komentar juga. Tenang, bakalan aku balas kok, santuyy.
Terima kasih.~


56 komentar

  1. foto covernya kayaknya pas aku duduk berdua itu deh. Andaikan aku difoto waktu itu. uhuy, betapa bahagianya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lah
      Dikira gangguin orang ntar akunya wkwkwk
      #sedihjadipaparazi

      Hapus
  2. Mantap penasaran sama kue jajananannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jajanannya sih bikin nagih. Murah enak lagi, bikin kangen malang deh.

      Hapus
  3. Aku paling kangen makanannya yg enak, warganya yg ramah dan suasananya yg adem dan sejuk. Selalu ada alasan untuk liburan lagi di malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang selalu ada aja yang bikin kangen dari Malang. Kalau makanannya sih emang Joss hehe. Kuliner everywhere.

      Hapus
  4. tapi ada satu yang bikin nggak kangen, macetnya :((
    23 tahun hidup di Malang, makin tahun makin macet. tapi kalau soal hawa & iklim emang nggak ada yg bisa ngalahin Malang sih, bikin hobi rebahan terus :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul banget nih mas, huft. Berasa banget kalau Malang jadi macet banget. Apalagi jam sibuk deh. Udah kek di Jakarta aja, hehe.

      Hapus
  5. Jadi pengin balik ke Malang, Bim. Ajak anak-anak ke Dinosaurus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ajakin lagi atuh. Sekarang makin banyak destinasi baru lho. Siapa tau ada yang belum dikunjungi tuh.

      Hapus
  6. Makanan d Malang yang nylempit2 enak dan murah? OOOHHH Saya punya pengalaman gara2 7 tahun saya stay d Malang. Ahahaha. Pecel belakang Sardo Swalayan itu beneran huenak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh sekarang malah semakin banyak bermunculan lho makanan-makanan yang menggugah selera hehe

      Hapus
    2. 2017 aku terakhir ke Malang, dan ya.. buanyaaaaakkk banget skr makanan2 dijajakan dimana2. ahahhaa.

      *elus2dompet

      Hapus
    3. Sekarang makin banyak lho
      Nabung-nabung buat ke Malang lagi hehehe

      Hapus
  7. Asik banget kayaknya ya di Malang. Bersyukurlah ya yang jadi warga Malang. Penasaran ih pengen banget ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah karena aku bukan warga Malang nih, pengennya jadi warga Malang akhirnya hehehe

      Hapus
  8. Kampoeng heritage sama kamlung warna warni ada di malang (baru tahu saya) ... jadi kangen kembali ke malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisinya deketan lagi, buruan agendakan deh, hehehe

      Hapus
  9. Belum pernah ke Malang, hu hu hu. baca ini serasa dikompoei agar jalan-jalan santuy sambil swafoto maupun berburu foto cakep.
    Senang baca tulisan yang memaparkan sisu lain wakah Malang. Bikin iri penghuni kota lain yang kotanya tidak sekeren malang. Malang hebat banget, tuh. Garut masih kalah jauh dan harus berbenah karena bukan kota yang canggih amat rasanya padahal sumber daya alamnya luar biasa cuma kurang dikelola seperti Malang yang gencar sebagai kota parasisata ikonik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sebenarnya iri juga sama malang karena tata letak perkotaannya bagus huhuhu. Aku juga bukan orang Malang.

      Sebenernya masih banyak yang harus di explore nih dari Malang, tapi masih belum bisa jalan-jalan lagi hehe.

      Hapus
  10. Saya blm pernah ke malang, pengen bgt kesana. Dalam bucket list saya..kudu ke malang. Semoga thn dpn, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnn
      Jangan lupa beli jajanan di pasar tradisional hehe. Dan siapin kamera buat hunting 😁

      Hapus
  11. Malang memang ngangenin kan? Apalagi kulinernya.Makanya saya betah banget tinggal di Malang. Hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh halo kak
      Ternyata orang Malang toh hehe
      Bisa dong kita meet up di Malang hihi

      Hapus
  12. Hampir tiap tahun kami ke Malang. Suami asli Malang, walaupun udh pindah ke Bandung. Ke Malang buat reuni SD...wkwkwk. Jajanan pasarnya emang endez. Langganan ke Pasar Oro² Dowo. Bersih pula. Lebih bersih drpd pasar di Bandung. Huf...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasarnya emang bersih-bersih kak, jadi makin demen ke pasar dah pokoknya hehe

      Hapus
  13. hampir sebulan sekali ke malang tapi belum pernah backpackernan, kayaknya seru nih, backpackeran sendiriran pula nhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kakak ini di mana rumahnya ya bisa sebulan sekali hehehe

      Hapus
  14. Pernah sih ke Malang pas gathering kantor. Sayangnya, kami berkunjung ke wisata yang sudah umum waktu itu seperti kebun petik apel, ke jatimpark, ke batu night apa gitu. Jadi sama sekali nggak ada kesan yang bikin pengen balik lagi.

    Kota yang sampai saat ini pengen balik lagi itu ya Jogjakarta. Magic bangetlah itu kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kakak butuh blusukan di Malang deh hehehe biar dapet feel-nya jalan-jalan di Malang gitu

      Hapus
  15. Jajanan tradisional Malang yang paling terkenal apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau yang paling terkenal kurang paham tuh mas. Tapi kalau bledus, cenil, lupis, dan gatot masih jadi andalan hehehe

      Hapus
  16. Setuju soal hotel2nya banyak yang murah dan bagus. Aku juga penasaran sama festival2nya nih. Sama kulineran di Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak sesuai sama budget backpacker banget buat hotelnya hehehe. Nah kalau festival-festival yang di Malang lagi gencar-gencarnya nih.

      Hapus
  17. Belum pernah ke Malang, tapi baca ini jadi penasaran mau melihat secara langsung, apalagi jajan kulinernya pingin nyicipin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo hayo jadwalnya jalan-jalan ke kota yang satu ini hehehe. Siapa tau ada hal lain yang bisa bikin kangen sama Malang.

      Hapus
  18. Wah,, jadi pingin ke Malang lagi,, udah lama gak ke sana pasti ada yg baru lg nih,, apalagi jajanan pinggir jalannya, wuihh uenak² yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jajanan pinggir jalannya makin banyak lho kak huhu. Bawaannya khilaf Mulu kalau jalan-jalan ke Malang.

      Hapus
  19. Saya baru 2x ke Malang dan kesan pertama saat datang ke sana adalah, "Gue kudu balik lagi." Terakhir kemarin pas suami mau rotasi, malah iseng ngomong ke suami, "Minta dipindahin ke Malang aja, mas." Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho malah pengen pindah ke Malang ya hehehe. Aku juga pengen jadi warga Malang #eaaaaa

      Hapus
  20. Ku hanya tahu Malang dari internet, karena ku belum pernah ke sana. Semoga aja suatu hari nanti kesampaian ke Malang. Itu sunset di balai kota Indah banget deh. Pengen ke kampung warna juga dan nikmatin street food sama festivalnya ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnn
      Semoga cepat terjadwalkan dan berangkat jalan-jalan ke Malang ya kak. Hehehe

      Hapus
  21. Kirain hanya Jember aja yang padat jadwal festival, tapi ternyata Malang juga. Kapan2 mau juga kesini, mampir ke Kampung Pelangi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang juga padet dongg hehe

      Eh kampung pelangi itu yang dimana ya kak?

      Hapus
  22. Setuju banget soal penginapan dan kuliner yang murah muriah. Aku kemarin cuma 50 ribu semalam. Makan ayam geprek seporsi cuma 8000. Dan aku sudah ke kampung warna wanri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan 8000 udah dapet ayam geprek hehehe. Gimana gak makmur kan ya? Orang di Malang murah-murah.

      Hapus
  23. Pernah Ke Malang waktu SMP dan sekarang sudah lupa seperti apa ya malang. sekilas sekilas terbayang lagi sih gambaran kota malang setelah membaca postingan mas Bima. kayaknya ke malang lagi saat ada jadwal festival oke nih, abis itu ke Batu, terus ke Bromo yes :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh kalau sekalian jalan-jalan ke Batu sama Bromo tuh paket lengkap banget kak hehehe.

      Kalau mau ke Bromo mampir ke rumahku donggg 😁

      Hapus
  24. Wah kebeneran aku mau ke malang tahun depan referensi nya berguna banget kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah teragendakan ya kak. Happy Holiday di Malang hihi 😁

      Hapus
  25. Saya belum bisa kangen-kangenan dengan Malang karena belum pernah ketemu. Tapi bagus juga ya bisa lihat sunset di tengah kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak buat nomer 1 karena emang sunset di taman balai kota yang paling bikin kangen menurutku hehehe

      Hapus
  26. Wah, itu masih kotamadya belum yg kabupaten lho. Ada 33 kecamatan yg di kabupaten. Dan tiap kecamatan menawarkan sesuatu yang bikin kita lupa pulang 😄. Monggo mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini warga Malang hehehe. Mau dong jadi warga Malang jugaaaa

      Hapus
  27. Malang. aku pernah liburan ke Jatim Park 1. dan itu udah bikin capek sekujur badan. habis dari sana udah bikin ga pengin kemana2 lagi. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu padahal masih banyak destinasi wisata yang lain dan bakalan ngasih sesuatu yang bikin kangen lho

      Hapus