√ Jenjang Karir Bagi OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) Dalam Dunia Kerja - alamatbima

Jenjang Karir Bagi OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) Dalam Dunia Kerja

Jenjang Karir Bagi OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) Dalam Dunia Kerja


Alamatbima,- Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda. Kali ini aku akan sedikit berbagi informasi tentang Jenjang Karir Bagi OYPMK Dalam Dunia Kerja. Hal ini merupakan sesuatu yang penting bagi kita semua. Mengapa? Nah baca terus biar paham deh.


jenjang karir bagi oypmk
Jenjang Karir Bagi OYPMK

OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) sampai saat ini masih menghadapi stigma negatif di masyarakat luas. Hal ini mengakibatkan mereka terhambat untuk meningkatkan taraf hidup. Banyak banget faktor yang mempengaruhi stigma negatif ini. Salah satunya adalah faktor ketidakmampuan secara fisik dan mental maupun kemampuan.

 

Pada kesempatan kemarin, Hari Rabu 27 Juli 2022 aku bisa mengikuti penuh Live Youtube, diadakan oleh Ruang Publik yang bertemakan “Peran Pemerintah Dalam Upaya Peningkatan Taraf Hidup OYPMK”. Dengan menghadirkan Agus Suprapto DRG. M.Kes selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan Dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK RI. Kemudian juga menghadirkan Mahdis Mustafa selaku OYPMK Berdaya/SPV Cleaning Service Di PT. Azaretha Hana Megatrading.

 

jenjang karir bagi oypmk
Peran Pemerintah Dalam Peningkatan Taraf Hidup OYPMK

Dalam kesempatan kemarin, Mahdis Mustafa sebagai OYPMK Berdaya yang berdomisili di Makassar telah membuktikan bahwa Orang Yang Pernah Mengalami Kusta pun bisa meningkatkan jenjang karir dan taraf hidup. Menurut penuturan Mahdis Mustofa, semua tidak ada yang singkat dan praktis. Semua perjuangan pasti akan membuahkan hasil. Buktinya, saat ini beliau sudah menjadi supervisor.

 

Mengawali karir menjadi cleaning service di salah satu Rumah Sakit Mahdis Mustofa dalam masa pengobatan Kusta. Kemudian setelah sembuh beliau mendapatkan kepercayaan dari perusahaan outsource cleaning service untuk bekerja. Hingga saat ini dipercaya untuk memimpin tim menjadi supervisor dengan kompetensi yang beliau miliki di PT. Azaretha Hana Megatrading.

 

Menurut Mahdis kebanyakan OYPMK banyak mengalami kendala jenjang pendidikan karena proses pengobatan kusta yang terbilang cukup memakan waktu dapat menghambat proses belajar. Dari sini peran kita semua sangat penting. Dimana mengakhiri stigma negatif yang ada di mata masyarakat luas. Jadi bukan hanya pemerintah saja yang memiliki peran. Tapi kita sebagai masyarakat pun memang harus ikut andil.

 

Pemerintah dalam memegang peran penanganan penyandang disabilitas dan OYPMK tidak hanya memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan skill saja. Namun juga memberikan peluang kerja. Meskipun tidak memberikan secara langsung, setidaknya pemerintah menangani regulasi yang ada untuk membantu meningkatkan Jenjang Karir Bagi OYPMK.

 

Dengan adanya kebersamaan dalam menghadapi stigma yang ada di masyarakat luas terhadap penyandang disabilitas dan OYPMK diharapkan akan dapat merubah semuanya. Setidaknya mulai dari yang paling bawah, dari keluarga, lingkungan sekitar, perusahaan atau pihak swasta selaku pemberi pekerjaan. Karena dengan dengan adanya kebersamaan merubah stigma in akan berpengaruh dalam menentukan kualitas hidup para OYPMK.

 

Mungkin itu saja informasi yang bisa aku berikan tentang Jenjang Karir Bagi OYPMK. Untuk teman-teman OYPMK, terus semangat dan jangan pernah menyerah. Kalian semua punya kesempatan yang sama. Kalau ada pertanyaan langsung di kolom komentar ya. Tenang, pasti jawab kok.

 

Terima kasih.

Please write your comments