√ Menebar Kenangan Ke Penjuru Kabupaten Jember: Fun, Holiday, and Learning On Jember! - alamatbima

Menebar Kenangan Ke Penjuru Kabupaten Jember: Fun, Holiday, and Learning On Jember!

Menebar Kenangan Ke Penjuru Kabupaten Jember: Fun, Holiday, and Learning On Jember!


Menebar Kenangan Ke Penjuru Kabupaten Jember

Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda yang suka banget jalan-jalan, entah jalan kemana dah, hehe. Ehh, kali ini jalan-jalanku sangat berfaedah, pake banget! Gimana enggak coba, sembari ku jalan-jalan, aku juga menebar kenangan. Dan kebetulan banget, jalan kali ini keliling bermain, liburan, dan belajar di Kabupaten Jember. Sesuai deh dengan judul, fun, holiday, dan learning On Jember. Penasaran kan aku kemana aja waktu di Jember. Baca terus yuk.

Puslit Kopi dan Kakao, Tempat Belajar Menyenangkan
Biji Kopi Yang Akan Diolah
Hari pertama di Kabupaten Jember, aku ke Puslit Kopi dan Kakao. Tempat ini masih seputaran kecamatan Rambipuji sih. Hitungannya deket lah dari kota. Yah meskipun perjalannanku terhambat oleh macet padatnya kendaraan yang ada di jalanan kota Jember. Di Puslit Kopi dan Kakao ini aku belajar tentang pengolahan biji kopi dan kokoa. Mulai dari awal biji menjadi sebuah produk olahan. Sempat ku cicipi kokoa kering yang ada, dan coba tebak apa rasanya, PAHIT! Haha salah menduga aku. Kirain kan manis. Tak hanya itu, di Puslit Kopi dan Kakao ini juga terdapat semacam minimarket. Oleh-oleh olahan berbagai macam makanan dan minum dari kopi dan kakao ada. Tinggal pilih dan pasti harus dibayar kalau mau dibawa pulang, haha. Oh iya hamper kelupaan, disini juga ada semacam kereta odong-odong gitu, bisa tuh buat keliling. Oke di tempat pertama yang ku kunjungi Fun, Holiday, and Learning On Jember terlaksana.

Tanjung Papuma Bikin Hati Adem
Tanjung Papuma Bikin Hati Adem
Setelah dari Puslit Kopi dan Kakao, lansung saja tuh menuju Pantai Tanjung Papuma. Disini aku bukan cari sunset yak, tapi lagi nebar kenangan hehe. Siapa tau kana da gitu yang mau ku titipin kenangan. Bermalam dengan nyaman, menikmati suasana pantai yang begitu tenang. Hingga sampailah di pagi hari dengan sunrise yang begitu menawan. Saat itulah ku titipkan kenangan di pasir pantai putih yang berhamburan riang menari dengan ombak. Rasanya ingin kembali mengulang waktu deh kalau inget pagi di Pantai Tanjung Papuma. Bikin kangen dah orang yang ada disana, eh suasananya, hehehe. Oke, salah satu dari Fun, Holiday, and Learning On Jember terlaksana, Alhamdulillah.

WATON 2019, Festival Gokil Juga Bikin Kenyang
WATON 2019 on Jember

Setelah puas menikmati indahnya pantai, aku beranjak ke salah salah satu acara tahunan yang dilaksanakan di Kabupaten Jember. Namanya WATON 2019. Acara ini merupakan festival budaya Watu Ulo Pegon. Jadi banyak pegon beriringan dan ini dilombakan. Pegon itu apaan sih? Nah sebenarnya pegon itu mirip kayak dokar, tapi ditarik oleh sapi. Nah di WATON ini banyak banget pegon yang ikutan. Dan pegonnya juga dihias sebagus mungkin, dan semenarik mungkin, ini sih biar menang kayaknya hehe. Dan kebetulan juga nih, Bupati Jember juga turut hadir dan berpartisipasi naik pegon. Aku mah cuma bisa motretin sama videoin doang, naik mah kagak hahaha.



Lomba Bakar Ikan Di WATON 2019
Buat kalian yang belum pernah tau acara WATON, langsung agendakan dah tahun depan. Seru banget acaranya. Soalnya gak hanya parade pegon doang. Ada sajian kesenian daerah juga. Tari tradisional gitu. Bisa nyobain permainan tradisional. Bazzar pun juga ada. Dan juga ada lomba bakar ikan. Lomba bakar ikan ini yang aku suka banget. Aku yang gak ikutan lomba pun bisa ikutan nyobain ikan bakarnya lho. Posisi belum makan siang, lomba bakar ikan sedang berlangsung. Auto kenyang dah, hahaha. Di acara ini juga ada semacam makan tumpeng bareng. So wisatawan bisa nimbrung makan bareng masyarakat. Memang karakter dari masyarakat yang antusias, ramah, dan bersahaja menjadikan wisatawan menjadi betah berlama-lama serta ikutan nimbrung bareng. Sekali lagi, salah satu dari Fun, Holiday, and Learning On Jember terlaksana, Alhamdulillah.

Jelajah Kebun Kopi Rayap & Puncak Rembangan 
Wisata Agro Kampoeng Kopi Rayap
Setelah puas ada di acara WATON 2019, aku melanjutkan perjalanan ke Kebun Kopi Rayap. Setelah dari pantai dengan hawa panas, langsung saja ke destinasi yang ber-hawa dingin. Kaget-kaget dah ini badan, hahaha. Awal pake kaos doang santuyy, di Kebun Kopi Rayap malah bingung pake jaket. Lokasi Kebun Kopi Rayap berada di dataran tinggi. Dengan rerimbunan pohon dan pastinya juga pohon kopi hehe. Kan lagi di kebun kopi. Di tempat ini terdapat terdapat semacam villa gitu. Nah villa ini juga disewakan, bisa muat sampe 30 orang sih katanya. Kamarnya aja ada 5 deh.

Gak jauh dari villa itu juga ada wisma, nah ini juga disewakan. Bisa nih buat kalian yang ingin menikmati suasana perkebunan. Soalnya gak jauh dari wisma dan villa tuh ada pabrik pengolahan biji kopi. Kurang lebih 5 menitan dah kalau jalan kaki. Cuma agak nanjak dikit sih, bikin engap dikit, hehehe. Nah pabrik ini tergolong gede lah. Sempet juga ngeliat proses bagaimana melakukan tes kualitas kopi. Yah berhubung aku gak suka sama kopi, tapi sukanya sama dia, eehhhhh hehe, jadi aku gak bisa icip-icip dah rasa kopinya gimana.

Setelah dari pabrik kopi, langsung saja meluncur ke puncak rembangan. Disini nih juga da penginapan. Rencanya memang bermalam di puncak rembangan ini. Viewnya kalau malem mirip seperti di paralayang bagus banget. Betah dah, meskipun dingin. Di puncak rembangan ini juga terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak. Eits, kalau pengen yang seger-seger, ada juga kok. Kolam renang juga tersedia dengan luasnya. Bisa renang kapan aja asalkan jangan malem-malem. Bisa jadi es soalnya haha. Dan pastinya sih instagramable. Cocok buat foto-foto kaula muda hits, hehe. Sekali lagi, Alhamdulillah selama di Kebun Kopi Rembangan dan Puncak Rembangan Fun, Holiday, and Learning On Jember terlaksana.

Belajar Dunia Tembakau di Museum Tembakau dan BIN Cigar
Belajar Ke Museum Tembakau
Hari terakhir di Jember, aku juga berkunjung ke Museum Tembakau dan BIN Cigar. Belajar tentang dunia tembakau. Kesempatan emas bisa tau tentang tembakau. Karena notabennya Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbaik. Pertama ku dating ke Museum Tembakau. Tempatnya gak seberapa jauh sih dari kota. Deket sama Universitas Negeri Jember (UNEJ). 5 menitan lah kalau dari UNEJ. Museum ini di kelola oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Memang tak seberapa luas, tapi informasi mengenai tembakau di Kabupaten Jember sangatlah lengkap. Oh iya kalau berkunjung museum tembakau ini gratis kok. Buat kalian yang pengen tau banyak tentang dunia tembakau, langsung aja dah ke museum yang satu ini.

Setelah dari museum tembakau, aku lanjut ke BIN Cigar. Nah kalau di tempat ini bisa tuh liatin proses pembuatan cerutu. Itu lho rokok yang gede banget hehe. Ternyata cerutu itu digulung-gulung. Aku baru pertama kali liatin proses pembuatan cerutu secara langsung. Pekerjanya perempuan lho. Begitu cekatannya tangan mereka membuat cerutu. Rasanya sih pengen ikutan buat tapi takut jadi produk gagal. Kan jadi rugi perusahaan gegara produk gagal yang ku buat, haha. Harga cerutu yang udah jadi juga variatif kok. Tergantung sama jenis produknya. Banyak juga lho, ada yang kecil juga, sedang, gede. Lengkap dah pokoknya di BIN Cigar ini. Yaps, di hari terakhir di Jember, Fun, Holiday, and Learning On Jember pastilah terlaksana, Alhamdulillah.

Mungkin itu aja sih ceritaku selama ada di Jember. Kenangan juga sudah ku taburkan selama perjalanan kali ini. Semoga di lain kesempatan bisa Fun, Holiday, and Learning di Jember lagi. Dan semoga juga bisa Fun, Holiday, and Learning di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Kalau ada pertanyaan monggo langsung tulis di kolom komentar. Terimakasih.~

10 komentar

  1. mau tanya dong kak, kok fotonya sendiri, bukannya udh berdua ya ? eh wkwkwkwkkwk, have Fun yaaa buat acara ini. Semoga diajak dispar lagi buat ngeliput JFC, enak tuh ditengah jalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya fotonya sendiri Mulu ya

      Tak mengapa yang penting have fun deh

      Hapus
  2. Jember ngangenin banget ya, Kak. Sama kayak senyumnya yang ga bisa bikin berpaling. Pantainya bersih dan kulinernya manteb. Pengin balik lagi buat borong oleh-oleh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus balik lagi dong hehehe

      Masih banyak yang belum ditelusuri lho

      Hapus
  3. Acara yg seru dan bikin susah move on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Move on dari acara aja susah ya kak huhu apalagi dari dia wkwk

      Hapus