Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Minggu, 28 Mei 2017

7 Cara Untuk Mengoptimalkan Konten Blog Dan Vlog: Blogger Gathering Bersama CNI Dan Komunitas ISB

Optimalkan Konten Mu Sekarang Juga
Foto : Dok Pribadi


Siapa sih yang kerjanya cuma posting konten di blog tanpa ada upaya untuk memaksimalkan pembaca. Siapa sih yang kerjanya cuma upload video di YouTube tanpa ada upaya untuk meningkatkan subscribers? Hehe mungkin salah satunya sih aku. Karena sebelumnya aku belum terlalu paham dengan hal itu. Cuma sebatas tau saja. Mau melaksanakannya itu gak ngerti.

Blogger Gathering Bersama CNI Dan Komunitas ISB
Foto : Dok Pribadi

Kebetulan di hati ke dua bulan puasa kali ini. Tepatnya tanggal 28 Mei 2017. Aku mendapatkan kesempatan untuk datang dalam acara Blogger Gathering Bersama CNI dan komunitas ISB. Dalam acara kali aku sangat bersyukur nih, bisa ikutan dalam acara yang menurutku acaranya keren. Berbagai ilmu dan sekaligus pastinya buka bersama. Eits tapi jangan salah, bukan masalah bukber yang akan ku bahas, tapi ilmu yang sudah ku dapatkan di acara Blogger Gathering Bersama CNI Dan Komunitas ISB lah yang akan ku bahas.

Kembali ke topik seperti yang sudah ku bahas di paragraf pertama. Bagaimana sih cara memaksimalkan konten kita agar pembaca akan tertarik dan akan terus mengunjungi serta membaca. Ini merupakan hal penting bagi Blogger. Dan untuk para vlogger mengoptimalkan videonya agar terus mendapatkan view yang banyak dan mendapatkan subscribers. Oke akan ku bahas bagaimana caranya. Berikut 7 cara untuk mengoptimalkan konten blog dan vlog agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Mengenali Diri Sendiri
Kita harus tau tuh, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Jangan sampai kita salah memahami. Bisa juga kan yang kita anggap itu kelemahan diri ternyata adalah kekuatan. 

Perbedaan Search Content Dan Sosial Content
Foto : Dok Pribadi
2. Harus Mengerti Konten Yang Dibuat 
Konten itu ada 2 macam. Yang pertama adalah search content dan yang ke-dua adalah social content. Perbedaan besar antara kedua konten ini adalah tujuan. Kalau search content, biasanya adalah konten yang dimana itu lebih untuk konten blog dan video YouTube. Dan social content lebih untuk konten yang ada di sosial media. 
Kita harus bener-bener paham akan hal ini. Apabila tidak maka akan salah dalam menentukan cara untuk mendapatkan view atau pembaca.

3. Gunakan Keywords Pada Konten
Apa sih keywords itu? Keywords merupakan kata kunci yang dipakai untuk memunculkan postingan konten kita di pencarian, baik pencarian Google, YouTube, maupun media sosial. Ini perlu banget biar postingan kita tuh setidaknya ada di jajaran depan. Dan kesempatan untuk mendapatkan view maupun pembaca akan tinggi.

4. Buatlah Judul Semenarik dan Seunik Mungkin
Judul menarik dan unik akan menimbulkan pertanyaan bagi pembaca maupun views. Karena itu cobalah untuk membuat judul yang unik dan menarik.

5. Belajar Untuk Menganalisis Konten
Dari konten yang sudah ada. Cobalah untuk menganalisis. Kira-kira konten apasih yang banyak pengunjungnya dan konten apa yang memiliki sedikit pembaca. Dengan melakukan analisis, kita akan tau akan hal itu. Jangan sekali-kali kembali membuat konten yang memiliki sedikit pengunjung, tapi cobalah untuk membuat konten yang memiliki banyak pengunjung.

6. Buatlah Konten Yang Memiliki Value
Apa sih konten yang memiliki value? Konten yang memiliki value adalah konten yang berisi tentang hal yang informatif, menghibur, dan positif. Konten yang informatif akan membuat pembaca dan views menjadi mendapatkan ilmu. Sedangkan konten yang menghibur pastinya untuk menghibur. Kemudian yang paling penting adalah konten berisi hal yang positif. Pilihlah sesuai dengan passion diri masing-masing.

7. Konsisten
Agar pengunjung, pembaca, dan subscribers terus berdatangan. Selalu konsisten akan postingan konten. Jangan lompat-lompat. Misalnya kadang sampai 2 bulan tak diisi. Posting lah minimal satu bulan 2 kali. Agar trafik pengunjung dan subscribers stabil, bahkan bisa saja terjadi naik.


Nah itulah ilmu yang kudapatkan ketika hadir di blogger gathering bersama CNI dan komunitas ISB. Ilmu tentang cara untuk mengoptimalkan konten blog dan vlog. Mungkin sih ilmunya tak seberapa mendetail. Tapi sudah ku coba untuk berbagi ilmu yang sudah ku dapatkan. Harapannya sih biar tak cuma aku yang mengerti tentang mengoptimalkan konten. Dan tidak asal posting aja hehe. Bila ada kekurangan maupun tambahan silahkan kirim ke kolom komentar ya. Maklum lah namanya juga sama-sama belajar kan hehe.

 By Bima Widjanata Suwaji


15 komentar:

  1. Ini nih yang masih kurang dilakukan ma Mak, mengoptimalkan kontent. Sering banget cuma sebatas nulis saja untuk menunaikan kewajiban wkwkwk tanpa memikirkan bagaimana membuat tulisan supaya banyak yang baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang harus belajar Mak untuk ngoptimalin konten hehe

      Hapus
  2. Inspiratif tulisannya, ilmu saya jadi bertambah. Terima kasih mas Bima....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sama-sama 😇
      Senang bisa berbagi

      Hapus
  3. Sepertinya saya masih mencari jatidiri dalam ngblog. Belum bisa menentukan ke arah mana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya aku juga masih mencari sih om hehe
      Mari kita cari bersama-sama deh

      Hapus
  4. Poin terakhir nih kdg yang sulit, KONSISTEN, kadang bingung mau post apa, huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha harus konsisten memang, jangan post terus fakum 3 bulan,
      Jangan pertama post jalan, kedua Teknologi hehe

      Hapus
  5. Hastaga, sebulan 2 kali. Gak kuat biiimmm.
    Huhuhu.

    Kalau tulisan blog seminggu 2 x sih sanggup. Hahahah

    BalasHapus
  6. Yang masih belum paham sih bagaimana menggunakan keyword yang tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan Keyword itu mas sebenarnya banyak tutorialnya. Tapi intinya begini, ketika mas sedang menulis konten, jadikan satu kata yang ada di judul, dan ada di beberapa tulisan. Terutama kalau bisa di awal paragraf.
      Itu tujuannya Agar konten mas bisa lebih mudah ditemukan oleh pencari Google

      Hapus
  7. Semangat lagiiii belajar terus ya :)

    BalasHapus

About