Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Senin, 25 Desember 2017

Sumpah Aku Pernah Ke Subang: Panen Raya Bersama Di Perkebunan Agroindustri Wakaf Produktif Dompet Dhuafa

Panen Raya Bersama Dompet Dhuafa
Foto : Dok Pribadi


Halo kembali bersamaku melankolis muda hehe. Kembali berbagi informasi soal traveling nih. Eits, tapi traveling kali beda, beda banget. Kenapa aku sebut traveling kali ini beda, itu karena selain traveling aku juga memiliki kesempatan untuk menimba ilmu seputar agroindustri yang ada di Subang. Nah untuk informasi lengkapnya, baca terus yak. 

Jadi begini ceritanya, Dompet Dhuafa sendiri merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF. Nah Program dari Dompet Dhuafa sendiri ada di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan pengembangan sosial. Pada acara kemarin yang traveling bersama Dompet Dhuafa itu merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi. Yang dimana Dompet Dhuafa memberdayakan masyarakat di bidang perkebunan Agroindustri di Subang tepatnya di desa Cirangkong Kecamatan Cijambe.

Traveling ku berawal dari Jakarta menuju ke desa Cirangkong. Lumayan lah beberapa jam. Singkat saja, sesampainya di desa Cirangkong, langsung disambut dengan udara khas pedesaan yang dingin. Warna hijau terlihat sejauh mata memandang dan rumah yang teratur. Pokoknya nyaman banget deh rasanya ada di desa Cirangkong.

Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa sendiri merupakan hasil dari lahan wakaf yang telah terkumpul. Perkebunan Agroindustri ini ditanami buah naga, nanas, pepaya, dan jambu kristal. Lahannya sendiri memiliki luas yang terbilang luar biasa, yakni 8 ha. Nah untuk pengelolaannya dilakukan oleh kelompok petani Dompet Dhuafa. Eits bukan cuma tempat bercocok tanam lho di Perkebunan Agroindustri ini, melainkan ada juga peternakan domba.

Nah wawasannya terletak dimana? Ditempat ini juga aku belajar bagaimana cara menanam pohon buah naga serta nanas. Ini sih pembelajaran yang bagus banget buatku. Aku share nih gimana caranya menanam pohon buah naga dan nanas, biar tau juga kan. Siapa tau bisa dipraktekkan.

Kebun Buah Naga
Foto : Dok Pribadi

Hal penting dalam menanam buah naga sendiri, dari yang aku dapatkan dan lihat di lahan Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa yakni harus berjarak 3x3 meter. Untuk penyakit yang paling ditakutkan sih kanker batang. Bukan hanya bisa merusak 1 batang saja, tapi bisa menular ke batang yang lain. Bahaya bukan? Tapi kalau terkena penyakit ini bisa diatasi dengan pestisida alami kok. Dan ditangani secara cepat.

Kemudian untuk cara menanam buah nanas. Penanamannya dilakukan dengan cara 5 kali panen ganti bibit. Jadi kalau sudah 5 kali panen harus bin wajib diganti. Itu sih kata Mas Agung Kharisma selaku pendamping kelompok tani di Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa. Tujuannya adalah agar buah yang dihasilkan bagus. Oh iya kalau di lahan Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa, penanaman buah naga dan nanas dilakukan dengan cara tumpang sari.

Hasil dari Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa terbilang bagus bahkan luar biasa. Buah naganya berada di grade A atau berkualitas tinggi serta memiliki rasa yang manis. Penjualannya dalam bentuk masih buah segar pula. Dan untuk buah nanasnya adalah buah nanas madu yang dijual dalam bentuk buah segar dan bentuk olahan. Untuk bentuk olahan dari buah nanas hasil lahan Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa berupa konsentrat dan serat nanas. Ini sih untuk kebutuhan produksi selai nanas biasanya.

Mencoba Panen Buah Naga Sendiri
Foto : Dok Pribadi

Dengan adanya lahan wakaf Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa ekonomi masyarakat desa Cirangkong menjadi terangkat. Perbedaannya dilakukan agar masyarakat menjadi semakin produktif. Rencana tujuan yang diinginkan sih memang ingin menuju ke kawasan agrowisata. Agar ekonomi masyarakat semakin terangkat lagi. Oh iya hampir terlupa, di lahan ini juga telah dibangun semacam penginapan gitu untuk menunjang terwujudnya agrowisata.

Homestay Di Perkebunan Agroindustri Dompet Dhuafa
Foto : Dok Pribadi

Mungkin itu aja sih pengalaman travelingku bersama Dompet Dhuafa. Berfaedah banget dah pokoknya. Sudah jalan-jalan ke tempat yang baru pertama kali ku kunjungi, ditambah dengan belajar cara menanam buah. Semoga bermanfaat deh.

0 komentar:

Posting Komentar

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja