Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Senin, 10 Juli 2017

OMRON: Memberikan Kontribusi Memimpin Modernisasi Industri Indonesia

Salah Satu Penampakan Pabrik Omron
Foto: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlHfQcppQbiI4LAkV-E2qNCmmrAI3eNn85tIKXuRDgXSOo_Hg2cLjQESQL


Halo kembali lagi bersama dengan sang melankolis muda. Kali ini aku akan banyak berbicara tentang industri yang ada di Indonesia. Pasti akan menarik untuk dibahas. Karena memang pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya untuk memajukan dunia industri di Indonesia. Baik itu industri yang masih industri kecil menengah sampai industri besar. Segi industri lah yang sangat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dengan menyerap banyak tenaga kerja.

Bicara tentang industri, aku sering mengunjungi sampai saat ini. Yah baik itu industri kecil dan besar. Nah kebetulan kan aku nantinya setelah lulus dari kuliah mendapatkan mandat untuk membimbing industri kecil menengah untuk pengembangan. Industri kecil menengah di Indonesia hanya beberapa saja yang sudah mengetahui dan mengenal alat bantu otomatis yang diperuntukkan bagi pekerja agar pekerjaan yang dilakukan menjadi terbantu. Kemudian yang lain ya hanya menggunakan alat tradisional untuk menunjang produksi.

Tanggal 13 Juni. Aku pertama kali mengenal OMRON Corporation. "Perusahaan apa sih ini?". Itulah pertanyaan pertamaku saat itu. Setelah beberapa saat baru ku mengerti jawaban atas pertanyaanku sendiri. OMRON Corporation merupakan sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin global dalam bidang otomatisasi industri, yang didasari oleh teknologi sensing and control. Saat ini Omron bukan hanya di Indonesia saja, tapi tak banyak juga di dunia. Terhitung hanya ada 3 saja di dunia termasuk di Indonesia. Yakni berada di Brazil dan Tokyo Jepang.

Omron Manufacturing Indonesia berdiri sejak 1992. Kemudian Omron Elektronic Component berdiri sejak tahun 2000. Untuk PT Omron Elektronic berdiri tahun 2002. Sedangkan PT Omron Healthcare Indonesia berdiri tahun 2012. Serta Omron Automation Center berdiri tahun 2016 lalu. Dilihat dari itu semua Omron Corporation selalu melakukan pengembangan di Indonesia.

Kalau anda semua belum tau produk dari Omron, aku pun demikian. Tapi dalam penuturan saat tanggal 13 Juni kemarin, bahwa masyarakat Indonesia tak banyak yang sadar bila banyak komponen yang telah dihasilkan oleh Omron di sekitar kita. Sekarang Omron sangat-sangat optimis bahwa industri akan membawa kita pada momentum perubahan yang mengarah ke pabrik pintar. Memang sih, harapan Omron dan pemerintah sama, yakni memajukan dunia industri Indonesia agar tidak kalah saing dengan industri negara lain terutama negara-negara di Asia Tenggara.

Omron sendiri memiliki dan mengoperasikan pabrik seluas 20.000 meter persegi di East Jakarta Industrial Park (EJIP) yang berada di Cikarang, Bekasi. Pabrik ini dilengkapi dengan lini produksi semi-otomatis dan otomatis yang memungkinkan perusahaan dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan secara lebih baik. Rencana dari Omron Manufacturing Indonesia (OMI) untuk kedepannya adalah meningkatkan kapasitas produksi hingga 325 juta komponen dan modul serta akan meningkatkan jumlah sumber daya manusia menjadi 3.500 karyawan sampai tahun 2020. Hal ini sungguh akan membantu pemerintah kan dalam mengurangi angka pengangguran.

Situasi Di Omron Corporation
Foto: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQUmw2hMJb1SaW2IbZR-5uvxld4ieai4tVczOmGCXFSs6D4hnzABA

Berbicara tentang perekrutan karyawan. Omron Manufacturing Indonesia juga sangat peduli terhadap para penyandang disabilitas. Diantara banyaknya karyawan yang dimiliki sekarang, Omron Manufacturing Indonesia memiliki 100 lebih karyawan penyandang disabilitas. Mereka memiliki kesempatan yang sama dengan karyawan yang lain dalam bekerja. Para penyandang disabilitas diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum direkrut sebagai karyawan, sehingga kemampuannya menjadi lebih baik dan sehingga menjadi karyawan. Bukan hanya itu, perusahaan juga mengadopsi program gerakan karyawan wanita sehat & produktif demi meningkatkan lingkungan kerja untuk pemberdayaan wanita. 

Karyawan pasti menginginkan sebuah fasilitas yang mumpuni. Beragam fasilitas olahraga dan rekreasi ringan tersedia dalam pabrik. Menurut Omron Manufacturing Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas karyawan dalam bekerja. Tidak mungkin karyawan tidak merasakan kejenuhan dalam bekerja. 

Menceritakan produk dari Omron, salah satunya adalah alat-alat kesehatan. Diantara alat kesehatan yang telah dikenal luas di masyarakat adalah alat pengukur tekanan darah digital, nebulizer, termometer, perangkat untuk fitness seperti timbangan berat badan digital, body compisition (pengukur komposisi tubuh) dan pedometer serta TENS (alat pemijat elektronik). Pasti sadar atau tidak kita pernah menggunakan alat yang telah di produksi oleh Omron Healthcare. Komitmen dari Omron Healthcare adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memproduksi dan menyediakan alat kesehatan. Baik itu alat kesehatan untuk memonitor jantung, terapi, dan pencegahan penyakit yang inovatif dan teruji secara klinis. Itu semua dilandasi karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting, dan sampai saat ini kesempatan untuk sehat di beberapa daerah di Indonesia belumlah merata.

Bidang industri memanglah sangat menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu Omron sangat ingin terus meningkatkan kualitas produk. Hal ini untuk mendukung modernisasi industri di Indonesia. Jika sudah mengadopsi sistem otomatisasi, industri yang ada akan mudah untuk melakukan pengembangan. Pasti yang terlihat adalah meningkatnya kualitas dan kuantitas. Siapa sih yang tidak ingin produksinya meningkatkan sehingga diikuti oleh meningkatnya pendapatan.

Omron Manufacturing Indonesia sangat ingin membantu meningkatkan kualitas industri yang ada di Indonesia. Patut berbangga hati Indonesia memiliki salah satu perusahaan penting dan hanya ada 3 perusahaan saja di dunia. Semoga dengan tumbuh berkembangnya Omron Manufacturing Indonesia sektor industri Indonesia semakin membaik dan dikenal di mata dunia. Karena jika sektor industri meningkatkan hingga menjadi komoditas ekspor, Indonesia juga akan mendapatkan apresiasi dari dunia.

Bima Widjanata Suwaji

4 komentar:

  1. widih itu pabrik Omron futuristik ya .. alkes dari omron tuh terkenal banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas terkenal banget
      Banyak yang cari

      Hapus
  2. tetap berinovasi hingga menjadi pemimpin di otomatisasi. dah mirip kaya difilm2 jaman dulu. yg bekerja di pabrik mesin bukan manusia

    BalasHapus
  3. Wah kangen ama nih PT, dulu kalau pulang kerja sering lewt nih Omron,,raata rata cewe semua lagi :)

    BalasHapus

About