Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Senin, 19 Juni 2017

Astaga Aku Kehilangan Handphone

Handphoneku Benar-benar hilang
Foto : https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTLuPMIqlU2D6Vm_kWKtNQ8U3ruFvZfeGwwUURGlsrEby9fS9uPcjrXc2sM
Hello, kembali bersama seorang melankolis muda dari pelosok daerah jawa bagian timur. Kali ini ada aku akan berbagi pengalaman saat mudik lebaran yang baru kemarin lusa sudah ku jalani. Ngomong tentang mudik, pasti sudah terbayang tentang macet, motor banyak, mobil yang berderetan, kecelakaan, dan banyak lagi yang pasti terbayang di pikiran masyarakat luas. Tapi ada satu hal yang kadang mencuat namun tak banyak diperhatikan, yakni kehilangan.

Kehilangan. Kehilangan disini memiliki banyak pandangan. Bagi kaum jomblo mungkin kehilangan kekasih akan menimbulkan dampak psikis besar dalam kehidupannya hehe. Tapi mungkin di sisi lain kehilangan barang berharga seperti handphone, motor, mobil, dan barang-barang berharga lain akan menimbulkan dampak langsung. Nah itu juga yang baru kemarin aku alami. 

Mudik di pikiranku adalah sesuatu yang menyenangkan pada awalnya. Yah karena pada momen ini bisa ketemu dengan keluarga secara utuh. Tapi itu pemikiran itu berubah secara drastis saat mudik tahun ini. Mudik tahun ini terasa kelam. Terasa tak menyenangkan. Kenapa ku berpikir demikian? Mudik tahun ini aku kehilangan handphone saat perjalanan dari Jakarta menuju Lumajang. 

Cerita bermula saat aku sampai di Surabaya dengan alat transportasi kereta api. Aku melanjutkan perjalananperjalanan dengan angkot kecil. Sesampainya di bungurasih baru aku merasakan ada yang ganjal. Ku cari handphone dan ternyata sudah hilang. Ini adalah pengalaman terburuk yang ku jalani. Seakan tak percaya handphoneku telah tiada. Mungkin bagi banyak orang ini hal biasa. Tapi bagiku tidak, tidak sama sekali. Sangat buruk. Dan sangat tak bisa dipercaya. 

Perasaan yang sama sepertiku pasti dirasakan oleh orang yang mengalami kejadian yang serupa denganku. Mereka menganggap tak terjadi apa-apa, tapi kemudian terjadi bencana. Dari hal seperti inilah aku belajar. Jangan sampai lengah sedetik pun. Orang yang memiliki pemikiran jahat itu tak bisa dilihat oleh mata. Tapi terasa bila sudah terjadi.

Untuk temen-temen yang sebentar lagi mau mudik. Dariku ada beberapa tips agar barang bawaan anda semua aman. Dan jangan sampai terjadi hal yang sama sepertiku. Berikut beberapa tipsnya:

1. Jangan Simpan Barang Di Tempat Yang Sulit Dijangkau Diri Sendiri
Hal ini untuk berjaga-jaga agar barang anda tidak diambil orang lain. Anda akan leluasa dalam melakukan pengecekan barang bawaan, ini sih terutama untuk hp dan dompet. Vital banget deh ini.

2. Lakukan Pengecekan Secara Berkala.
Nah ini dia yang lupa ku terapkan kemarin. Jangan sampai seperti ini juga yak. Harus sering-sering deh di cek hp dan dompetnya. Ini yang membuat kita menjadi lebih waspada.

3. Jangan Mudah Akrab Dengan Orang Mencurigakan
Yang ini mah pasti dan sudah jelas. Pokoknya kalau ada orang yang kelihatannya kurang bener jangan langsung percaya dan akrab. Ini adalah hal yang bisa menjadi dua mata pisau. Bisa saja dia memang berniat baik kepada kita, tapi bisa juga sebaliknya. 

4. Tetap Waspada
Bila sudah melakukan 3 hal yang diatas. Maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah waspada. Jangan sampai lengah. Apapun yang terjadi jangan sampai lengah. Belajar dari pengalaman kemarin memang aku kurang waspada. Dan itu dia yang menimbulkan malapetaka bagiku.

5. Selalu Meminta Perlindungan Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Semua kejadian tak akan terjadi tanpa kehendak yang Tuhan. Itu adalah ungkapan yang sangat benar. Mintalah perlindungan agar kita selalu diberikan keselamatan dari segi apapun. 

Terlepas dari 5 hal yang diatas. Ada satu kesatuan kata yang memang benar-benar harus ditanamkan dalam diri kita masing-masing. Sabar, ikhlas, dan tawakal. Bila ada yang mengalami kejadian yang sama denganku, maka ikhlaskan lah. Ada hal yang lebih baik dikemudian hari untuk kita. Meskipun kita mengalami kejadian yang pahit untuk saat ini atau kamarin dan esok hari, ikhlaskan lah. Anggap saja kita berbagi rezeki dengan cara seperti itu. Tuhan tak akan memberikan suatu masalah kepada umatnya tanpa ada suatu alasan dan sebab. 

Nah itulah pengalaman kelamku saat mudik tahun ini. Semoga dapat dijadikan pembelajaran bagi pembaca. Jangan sampai mengalami hal yang sama sepertiku. Jaga terus barang bawaan. Jaga terus kesehatan. Keluarga dirumah menanti dengan senyuman. Selalu berdoa dan mintalah yang terbaik. 

Melankolis Muda
Bima Widjanata Suwaji

14 komentar:

  1. That's why aku hampir selalu pakai tas selempang kecil ke mana-mana. Itu buat naruh benda-benda berharga. Biar gampang ngeceknya. Ikhlas aja ya semoga cepat dapat gantinya. Aamiin. Selamat berkumpul dengan keluarga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener pakai tas yang sekiranya mudah untuk dijangkau, biar barang bawaan aman
      yups terima kasih banyak kak

      Hapus
  2. Mangkanya aku gak pernah suka transit di Surabaya, mau terminal ato stasiun. Di sana itu lebih jahat dari Jakarta Bim.
    .di terminal apalagi. Jangan percaya sama orang. Aku dan bbrpa kali ditipu di terminal.. Plus kecopetan laptop dua sekaligus dan uang dalam amplop.

    Kalo ke jakarta biasanya aku lbh suka lewat malang kalo naik kereta. Jauh lbh aman malang drpd surabaya...


    Yaaa.. Pengalaman pertamaku kemalingan laptop dan hape itu di jakarta juga nyesek banget kok... Sampe galau berminggu2.

    Pun sama pas kemalingan hape untuk kedua kalinya.. Masih sama nyeseknya... Soalnya penting bgt itu...

    #nambahInfoAja

    InsyaAllah gantinya lebih bagus.. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhu kita memiliki kisah yang sama ya kak
      nyesek tau
      siap terima kasih infonya

      Hapus
  3. betul apalagi kl mudik itu banyak orang berdesakan , itu yg dimanfaatkan pencuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak
      mereka memanfaatkan situasi dan kondisi memang
      harus selalu waspada

      Hapus
  4. Waahhh pantes jarang update di FB

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya om
      itu penyebab jarang update

      Hapus
  5. aku ya pernah juga kehilangan hp tapi itu karena ketelodaranku sendiri sih hehehe. kalo pake kendaraan umum memang mesti hati-hati. Klo bawa tas mending di dekap aja biar aman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak bener
      Harus waspada memang kalau pakai kendaraan umum

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Males ngomung gays soalnya Hp hilang kayaknya gak pernah tapi merasa hilang di saku malah sering dan aku keseringan ngecek jadinya aku kwatir terus nih...

    BalasHapus

About