Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Jumat, 28 Oktober 2016

Masalah Kemanusiaan Dan Peran Blogger (The Power Of Content)

The Power Of Content di Binus FX Sudirman
Foto : Bima Widjanata
Indonesia yang notabennya adalah negara yang memiliki penduduk yang sangat padat dan pastinya tidak pernah terlepas dari segala kekurangan yang ada. Begitu banyak permasalahan yang timbul di setiap harinya, bahkan setiap hari silih berganti datang. Ada yang berlarut dan ada pula yang cepat dilupakan oleh masyarakat. Namun permasalahan yang saat ini banyak diperbincangkan adalah seputar anak dan perempuan.

Pada hari kamis tanggal 27 Oktober 2016, saya menghadiri pertemuan blogger. Meskipun saya masih terbilang masih muda dan baru, saya mencoba untuk berbaur dengan para blogger yang sudah memiliki banyak pengalaman. Tentunya bertujuan untuk membangun relasi, menambah saudara dan keluarga dan pastinya berbagi pengalaman yang telah mereka dapatkan. Tempat pertemuan ini di Binus FX Sudirman tepatnya berada di lantai 6. Pertama memang agak canggung karena mungkin saya belum banyak mengenal satu-satu dari mereka semua. Namun saya mencoba membangun komunikasi untuk mengurangi rasa canggung yang saya alami. Setelah beberapa lama baru kemudian saya sudah agak membiasakan diri. Oh iya, acara ini diadakan oleh SerempakID yaitu acara The Power Of Content.

Dalam acara The Power Of Content, bukan hanya membahas masalah content dan seputar blog saja. Namun banyak lagi pembahasan lain yang disampaikan oleh narasumber. Dalam acara ini hadir narasumber-narasumber yang memiliki segudang pengalaman, diantara:
1. Martha Simanjuntak. SE. MM (selaku Ketua Pokja Serempak dan Founder IWITA)
2. Ina A. Muwarni (selaku Deputi Marketing Binus Busines School)
3. Maman Suherman (Penulis Buku Best Seller)
4. Irwin Day (Praktisi IT)
5. Ani Bertha (Aktivis sosial media dan Sekja Serempak)

Saat acara dimulai, tidak lupa moderator selaku pemandu, para narasumber, dan para blogger yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik buat saya karena saya baru pertama kali hadir dalam acara yang dihadiri oleh blogger dimulainya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang biasa hanya dilakukan pada saat dimulainya acara formal saja.

Pada saat penyampaian materi oleh narasumber, tepatnya oleh Maman Suherman yang biasa dipanggil kang Maman, disampaikan bahwa krisis moral yang terjadi di zaman sekarang memang sudah parah. Bagaimana tidak? Banyak kasus kriminal mengenai perempuan dan anak. Mulai dari praktik perdagangan manusia, kasus pemerkosaan, penculikan anak, dan pembunuhan anak dan perempuan, serta masih banyak lagi kasus yang melibatkan anak dan perempuan. Hal ini merupakan suatu gambaran bahwa rusaknya moral memang telah terjadi saat ini. Perempuan dan anak memanglah harus dapat perhatian lebih khusus, perempuan sebagai manusia yang akan menciptakan generasi penerus (anak) dan anak sebagai penerus bagi masa depan suatu bangsa. Apabila mereka telah ternoda atau bisa dibilang sudah mengalami gangguan, bagaimana kelanjutan bangsa ini atau bahkan dunia ini. Permasalahan yang dialami oleh seorang anak ataupun perempuan bukan hanya masalah tentang anak dan perempuan saja, namun sudah terbilang masalah tentang kemanusiaan. Saat ini banyak orang yang tidak memperdulikan masalah itu. Buktinya begitu cepatnya masalah tentang perempuan dan anak terlupakan.

Dalam acara The Power Of Content juga terdapat selingan hiburan. Hal ini membuat para blogger yang hadir tidak merasa jenuh akan materi. Bahkan dalam satu penampilan (hiburan musik), para blogger juga turut serta bernyanyi dan menari.

Hiburan dalam The Power Of Content https://www.instagram.com/p/BMDUwHwAu7E/?taken-by=bimawidjanata 

Ina A. Muwarni Narasumber Pentingnya Branding
Foto : Bima Widjanata
Narasumber yang memberikan penjelasan yaitu Ina A. Muwarni. Beliau menjelaskan begitu pentingnya branding buat seorang blogger. Apalah gajah mati yang meninggalkan gading, seekor harimau mati meninggalkan belang, namun seorang blogger yang telah meninggal harus meninggalkan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang, begitulah penjelasan oleh ibu Ina. Branding adalah soal identitas seorang blogger dengan blogger yang lainnya, entah itu sebagai Food Blogger, Blogger Traveler, atau bisa pula yang lainnya. Meskipun memiliki konteks yang sama pastinya setiap blogger harus memiliki perbedaan dengan blogger yang lainnya. Seorang blogger harus membangun brand yang sesuai dengan passionnya, hal ini agar mempermudah dalam melakukan penulisan artikel yang hendak ditulisnya. Setelah menentukan brand, seorang blogger harus menentukan siapa pembaca artikel yang dibuatnya. Konten pada blog sebenarnya dapat menentukan identitas seorang penulisnya, seperti warna dalam blog, foto yang dipasang, serta gaya penulisannya.

Ani Bertha on The Power Of Content
Foto : Bima Widjanata
Setelah ibu Ani menjelaskan bagaimana penting sebuah branding bagi seorang blogger. Narasumber selanjutnya yaitu Ani Bertha menjelaskan bagaimana seorang blogger bekerja. Menurut Ani Bertha yang biasa dipanggil teh Ani, seorang blogger harus cepat dan tanggap. The Ani yang memiliki peran ganda penulis (blogger) dan ibu bagi anak-anak pastinya memiliki kesibukan yang sangat berganda. Belajar dari pengalaman yang telah dialami oleh seorang teh Ani, blogger harus mempunyai komitmen yang tinggi, terus membuka diri, dan selalu membangun relasi. Blogger juga harus memiliki sifat seperti wartawan yang selalu memburu informasi. Dalam membuat artikel harus disertai informasi yang memadai, jadi bukan hanya berita ngawur yang disajikan. Satu hal lagi, elakukan verifikasi bila informasi di dapatkan dari sumber-sumber tertentu.  Membangun relasi bagi seorang blogger juga merupakan hal yang sangat penting. Teh Ani memaparkan pengalamannya sebagai seorang blogger yang awalnya belum mengetahui apa-apa hingga menjadi seperti saat ini yang sudah pernah menjadi narasumber di berbagai acara.

Pemberian Penjelasan oleh Erwin Day
Foto : Bima Widjanata
Oleh narasumber terakhir yaitu Erwin Day atau yang biasa disapa pak Erwin, beliau mengungkapkan bahwa blogger harus menemukan ide yang menarik. Namun ide yang menarik haruslah orisinal, bukan dari pemikiran orang lain yang sudah ada dan kita mencoba untuk mencontohnya. Blogger harus membuat konten yang bermanfaat, menarik, dan kalau bisa unik.


Seorang blogger merupakan penyebar informasi yang cepat. Blogger yang cepat dan tanggap memanglah harus diperlukan, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain. Karena sudah dijelaskan sebagai seorang blogger, haruslah meninggalkan artikel atau bacaan yang bermanfaat untuk masyarakat yang luas, bukan hanya artikel unik. Berikan informasi yang sedetail mungkin dan se-akurat mungkin untuk para pembaca. Karena disitulah tugas seorang blogger yang sebenarnya. Dengan begitu kita dapat berbagai kepada sesama, karena apabila kita kurang mampu membagikan rezeki, maka bagikanlah tulisan yang bermanfaat. Dan semoga kita mendapatkan imbalan pahala dari tulisan kita karena sudah memberikan kemudahan informasi bagi masyarakat. (Bima Widjanata Suwaji)
Para Narasumber Dalam Acara The Power Of Content
Foto : Bima Widjanata

21 komentar:

  1. Hai Bima salam kenal, setuju dengan inti paragraf terakhir kalau kita belum mampu sedekah harta, sedekah dg tulisan yg bermanfaat... keren Bim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga mbak saya bima
      kita sebagai manusia harus saling berbagai
      hehe

      Hapus
    2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. wah udah nulis aja mas, keren.. aku masih ngedraft nih ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak
      banyak PR-nya soalnya
      jadi ya harus nulis cepet

      Hapus
  3. Mantap banget.

    Walaupun saudara ngakunya newbie tapi bagi saya saudara bukan sekedar newbie lagi.

    Sharingnya ini betul betul bermanfaat deh ga rugi bcanya

    Salam Bahagia

    BalasHapus
  4. Hallo mas saya Bima
    Saya masih baru belajar 😇
    Terima kasih sudah menyempatkan membaca dan berkomentar
    Sekali lagi terima kasih banyak

    BalasHapus
  5. Blogger memang luar biasa, utk itu isilah konten yang bermanfaat ☺

    BalasHapus
  6. Setuju-setuju, semoga kita bisa menjadi blogger penyebar manfaat. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminn ya robballalamin
      terimakasih sudah mengunjungi dan berkomentar mbal
      oh iya salam kenal saya bima

      Hapus
  7. Wah mas bim aku tertarik dengan pribahasanya g as jah mati meninggalkan gadingnya, kalo blogger mati meninggalkan tulisannya yg bermanfaat. Semoga para blogger terus menciptakan kontent yg positif supaya bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kita harus menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain mas

      Hapus
  8. Saya sebenarnya bingung juga. Branding saya belum nemu sampai saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat terus untuk menemukan branding kita
      terus menulis dan menyebarkan informasi bermanfaat bagi masyarakat
      salam kenal saya bima

      Hapus
  9. Assalamualaikum wr.wb


    Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.


    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}

    BalasHapus
  10. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  11. Apakah Anda memerlukan kredit mendesak?

    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam waktu 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami ada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada PBB.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mengatur bisnis Anda, membeli rumah, membeli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    Email Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram Resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: bantuan rossa stanley
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus

  12. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  13. GOODNEWS INDONESIA
    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya adalah hidup selamanya jadi saat saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menghubungi saya di 08137449585 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    BalasHapus
  14. Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp : +447480724786
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  15. Dewan direksi WhatsApp .. +447456405237
    Email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Twitter; aasimhaloanfirm

    Nama saya Zalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di indonesia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditor tepercaya ini bernama perusahaan AASIMAHA ADILA.di twitter. Perusahaan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan senilai IDR 970 juta dalam waktu kurang dari 1 jam tanpa tekanan. Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan. Saya telah meningkatkan bisnis saya di 2019 ini.
    hubungi saya: (zalinadiato@gmail.com) informasi lebih lanju

    Dewan direksi WhatsApp .. +447456405237
    Email: ........(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    website:.........https://www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site/
    e-mel: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    instagram:....... Ikut kami di instagram @ Aasimahaadila.loanfirm
    twiter;..........aasimhaloanfirm
    aasimahaadilaahmedloanfirm.wordpress.com

    BalasHapus

Seorang Blogger Traveler Abal-abal

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja