Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Rabu, 08 Juni 2016

Berbagi Cerita Plant Tour With Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Plat Tour With Toyota Motor Manufacturing Indonesia

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
(TMMIN) plant 1 Karawang, Jawa Barat
Toyota, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Toyota sendiri adalah perusahaan dibidang otomotif besar di Indonesia. PT Toyota di Indonesia sendiri berdiri tahun 1971. Pada mulanya Toyota Indonesia hanya bergerak dibidang importir saja, namun lambat laun Toyota Indonesia berkembang pesat menjadi perusahaan yang mendistribusikan mobil, dan sekarang bukan hanya mendistribusikan mobil tapi sudah mampu untuk memproduksi mobil sendiri. Saat ini, Toyota direstrukturisasi menjadi dua perusahaan yaitu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan PT. Toyota Astra Motor yang bergerak di sektor pembuatan suku cadang, agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota.

Materi Plant Tour
oleh Bianca
Pada tanggal 25 Mei 2016, acara yang rutin dilakukan oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dilakukan, yaitu kegiatan plant tour. Pada acara ini saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke perusahaan Toyota yang ada di Indonesia. Head office PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia sendiri berada di Sunter, Jakarta. Sedangkan perushaan lainnya berada di Karawang Jawa Barat. Perusahaan di Sunter Jakarta maupun karawang juga memiliki kesamaan, juga terdapat pabrik produksi. 

Proses Perakitan
Kredit: TMMIN
Kesan pertama saat berkunjung ke PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia plant satu yang di khususkan untuk memproduksi mobil Toyota Fortuner dan Kijang Innova adalah luar biasa. Di plant satu ini nampak seperti bukan perusahaan otomotif apabila dilihat dari sisi luar. Fasilitas perusahaan begitu mendukung untuk karyawan. Terdapat sarana olah raga, masjid yang begitu besar untuk sarana ibadah, serta payung jalan untuk karyawan agar tidak kepanasan saat berjalan. Fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja juga sangat dijunjung tinggi, tentu saja ini bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan saat bekerja. Di plant satu juga terdapat hutan perusahaan, banyaknya sumur resapan yang tentunya menambah kesan luar biasa untuk PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Manajemen lingkungan yang diterapkan sangat baik, penataan pabrik serta pengolahan limbah produksi maupun non produksi juga sangat bagus, untuk limbah hasil prosuksi dikelola sesuai anjuran pemerintah. Penggunaan listrik untuk lampu penerangan juga memanfaatkan energi alam yaitu matahari. Layout pabrik juga sangat baik, dimana pabrik dibangun tinggi dan terdapat fentilasi yang sangat besar. Dengan seperti ini pabrik tidak membutuhkan AC untuk para karyawan. Kemudian, atap di atap pabrik juga terdapat penutup yang transparan, sehingga apabila ketika proses tidak membutuhkan lampu tambahan dan karena terbantu oleh sinar matahari. PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia seharusnya menjadi contoh perusahaan lain di Indonesia, karena sistem manajemen lingkungan yang bagus juga akan mendorong produktfitas perusahaan. 

Proses Perakitan
Kredit: TMMIN
Sebenarnya, bukan hanya sistem manajemen lingkungannya yang sangat bagus, namun sistem manajemen pekerjanya juga sangat bagus. Dapat dilihat dari mobil produksi dari Toyota yang beredar di masyarakat luas ± 94% sudah diproduksi di Indonesia, kecuali Toyota Alphard dan Toyota Land Cruiser yang masih diproduksi di negara Jepang. Penerapan disiplinitas perusahaan juga sangat tinggi, tentunya untuk menunjang produksi. Meskipun alat dalam produksi mobil sudah sangat modern, itu juga membutuhkan pengawasan dari operator, dan operatornya sendiri merupakan karyawan. Produksi sendiri hanya membutuhkan waktu 98 detik saja, jadi bisa dibayangkan apabila para karyawan tidak disiplin pastinya akan sangat menggangu produksi. Sistem produksi di perusahaan sendiri bukan to stock, melainkan to order, maka sebernarnya PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia memproduksi mobil sesuai dengan pesanan dari konsumen. 

Kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga dengan adanya Toyota mampu memproduksi senidiri serta yang mobil hasil produksi di Indonesia juga di ekspor ke luar negeri seperti Arab Saudi. Sorotan masyarakat yang selalu menganggap Indonesia hanya sebagai negara exportir juga semakin berkurang dengan hadirnya PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Marilah kita dukung dan menggunakan produk dari Toyota yang sejatinya adalah produk dalam negeri sendiri agar sayap dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia semakin berkembang lebar, dan dengan demikian juga akan mengharumkan nama Indonesia. Let’s Go Beyond!!! (BimaWidjanataSuwaji)


7 komentar:

  1. meski toyota di indoensia bisa produksi dan di ekspor, tapi rakyatnya masih belum bisa beli mobil semua, buat makan saja susah hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang sekarang masih menjadi masalah besar kak hehe
      tingkat ekonomi yang tidak merata di Indonesia semakin menjadi-jadi

      Hapus
    2. bisa berlangganan wifi tiap bulan buat ngeblog juga udah seneng, apalagi bisa dapet stir mobilnya. semangat ngeblog para bloggers

      Hapus
    3. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. toyota merjai pasar otomotif di indonesia sejak dulu sampai sekarang

    BalasHapus
  3. Ternyata produksinya di sunter ya.. baru tau padahal tinggail deket-deket situ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Sunter sudah produksi sparepart dan komponen
      untuk proses perakitannya di Karawang

      Hapus

About