Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Rabu, 24 Februari 2016

Akhir Tahun 2015



            Pengalaman gua nih di tahun 2015 kali ini sangatlah memiliki arti sendiri, mungkin juga bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Karena banyak hal yang terjadi di negeri ini. Bisa dibayangakan betapa banyaknya kejadian-kejadian yang sampai terdengar ke antero negeri, bahkan masyarakat dunia. Seperti kejadian Gunung Sinabung yang tiada henti-hentinya mengeluarkan materi vulkanik. Kebakaran hutan di Indonesia yang sangat menggema, sehingga beberapa negara tetangga yang menawarkan bantuan untuk melakukan penanganan kebakaran lahan gambut yang asapnya hingga mencapai Malaysia. Erupsi Gunung Raung ang menggagu penerbangan Internasional. Dan yang terbaru yaitu aktifitas Gunung Bromo yang hingga saat ini masih aktif dan mengeluarkan abu-abu ke beberapa kabupaten yang ada di sekitar Gunung Bromo.

            Lepas dari itu semua, banyak juga kejadian unik yang membuat tahun 2015 berbeda dengan tahun yang lain. Contohnya saja arus mudik lebaran dan arus balik lebaran. Betapa mecengangkannya ketika dalam pemikiran bahwa saat lebaran tiba kemacetan ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur sangatlah padat, antrian di pelabuhan sangatlah panjang hingga mencapai 10 km lebih, dan kepadatan di bandara menunggu keberangkatan pesawat yang tak kunjung tiba. Tapi itu semua tidak terjadi pada tahun 2015 ini. Kendaraan yang melaju saat lebaran menurut pemantauan berkuran. Itu juga tak lepas dari hadirnya jalan tol baru yaitu tol Cipali. Namun hadirnya tol Cipali tidak hanya menimbulkan dampak positif saja. Mulai dari awal pembukaan tol hingga saat ini tol Cipali dikenal berkontribusi dalam hal kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi pada arus mudik dan balik tahun 2015 ini juga menimbulkan polemik di bidang kerata api. Bagaimana tidak, dengan sistem pembelian online yang pembelian tiket haruslah H-90 hari sanngat cepat habis hanya dalam hitungan jam saja. Antrian yang terjadi di loket pembeliaan tiket secara manual juga dipadati para pembeli. Namun pemerintah sigap dalam menangani arus mudik dan balik, serta peran serta perusahaan-perusahaan, instansi-instansi yang banyak memberikan pelayanan mudik gratis atau mudik murah ke kampung halaman.

            Hal baru yang muncul di tahun 2015 juga tak kalah menarik untuk dikulik. Yang baru-baru ini muncul ke permukaan yaitu mengenai PT. Freeport Indonesia ”papa minta saham” . Hal ini sangatlah menggegerkan masyarakat Indonesia. Perusahaan tambang emas yang begitu besar ini tampaknya menjadi ladang uang bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa mempedulika orang lain. Kasus ini dibarengi juga dengan munculnya kasus-kasus prostitusi artis online yang sempat juga menjadi trending topik di Indonesia.

            Pada tahun 2015 ini pula terjadi pemilihan umum secara serentak kembali, yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015. Hampir sama dengan sebelum-sebelumnya yakni banyak para kalngan dari artis yang mencalonkan dirinya menjadi calon kepala daerah. Hal ini didukung dnegan adanya persamaan hak demokrasi yang ada di Indonesia.bisa dibilang pemilihan secara serentak kemarin sukses, karena pada tahun ini banyak menggunakan teknologi terbaru dalam pelaksanaan pemilu serentak.

            Lepas dari pemerintahan, Indonesia tak lepas dari yang namanya perayaan hari-hari besar. Misalnya pada saat ini yakni libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hampir berbarengan dengan Libur Natal, sehingga menimbulkan libur panjang yang sangat jarang terjadi. Kapadatan saat ini sangatlah fantastis, arah Bogor maupun arah Bandung sama-sama menimbulkan kemacetan parah. Puncak bogor menjadi tujuan utama bagi para masyarakat yang ingin mengisi liburannya. Serta Bandung merupakan tempat favorit bagi para warga Jakarta apabila ingin berlibur. Padahal sudah dapat ditebak apabila libur jalan-jalan menuju tempat wisata sangatlah padat dengan kendaraan. Mungkin, ikut serta dalam kemacetan juga salah satu cara mengisi liburan hehe.

            Mendekati hari pergantian tahun baru merupakan hal yang merepotkan pula bagi aparat kepolisian. Bukan hanya tindak kejahatan saja yang meningkat, pengamanan natal yang belum usai serta pengamanan hari pergantian tahun baru juga merupakan hal yang sangat penting bagi aparat kepolisian. Biasanya di Jakarta perayaan tahun baru tidak jauh dari jalan-jalan protokol dan tempat wisata terdekat yang ada di Jakarta dan sekitarnya, misalnya Monumen Nasional (Monas), kawasan Museum Fatahillah (Kota Tua), Ancol, TMII, dan pastinya mudaran HI atau di sekitar Grand Indonesia. Kawasan ini adalah tempat yang sangat dipadati oleh para masyarakat yang ingin melewati akhir tahun dan menyambut tahun baru. Semoga tahun baru yang akan mendatang akan membawa keberkahan bagi Indonesia ini dan para masyarakat Indonesia. Serta Indonesia dijauhakan dari hal-hal yang negatif.

0 komentar:

Posting Komentar

About