Iklan Rokok Bukan Untuk Anak-anak: Save Our Child From Cigarettes - alamatbima

Iklan Rokok Bukan Untuk Anak-anak: Save Our Child From Cigarettes

Iklan Rokok Bukan Untuk Anak-anak: Save Our Child From Cigarettes

Alamatbima.com,- Rokok, merupakan produk yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tak salah bilang Indonesia memiliki masyarakat yang berstatus sebagai perokok aktif. Semua bukan tanpa sebab. Itu dikarenakan iklan rokok memang sering berlalu lalang dan terlihat oleh masyarakat. Baik indoor maupun outdoor, offline maupun online. Tapi, tak seharusnya bila iklan rokok tersebut dilihat oleh anak-anak maupun remaja Indonesia.

iklan rokok bukan untuk anak-anak
Save Our Children From Cigarettes
Dok. Pribadi
Perjalanan iklan rokok mulai tahun orde baru hingga saat ini banyak mengalami perubahan secara signifikan. Itu semua tak lepas dari adanya peraturan yang ada. Dahulu, iklan rokok yang masih diperbolehkan untuk menampilkan produk, saat ini menjadi tidak diperbolehkan. Seiring dengan kemajuan teknologi juga ide kreatifitasnya semakin berkembang. Namun, hal itulah yang menyebabkan semakin banyaknya status perokok aktif Indonesia.

Berbicara tentang iklan rokok saat ini. Dimana banyak menggunakan kata-kata inspiratif sebagai tampilannya. Seakan-akan bukan seperti iklan rokok. Namun unsur brandnya masih digunakan. Itu yang digunakan sebagai pemikat. Apalagi kalau iklannya ditonton oleh anak-anak atau remaja. Meskipun dalam di tayangan televisi saat ini iklan rokok hanya dapat terlihat di atas jam 21.30. Namun, di internet dan sosial media sangatlah bebas.

iklan rokok bukan untuk anak-anak
Manipulasi Iklan Rokok
Dok. Lentera 
Saat ini, perokok aktif anak-anak dan remaja sudah mulai tergolong tinggi. Padahal hal tersebut sangat mempengaruhi kinerja otak. Khususnya otak bagian depan. So, apakah hal itu bisa disebut dengan kabar baik? Tentunya tidak. Karena bila kinerja otak mulai menurun sejak dini, maka akan berpengaruh terhadap kinerja otak pada saat tua nanti. 

Bukan hanya rokok dari tembakau aja sih yang sekarang sudah dikenali anak-anak dan remaja. Salah satu yang lagi tren beberapa tahun terakhir adalah rokok elektrik. Dimana pengguna diiming-imingi kata-kata "Ini bisa mengurangi konsumsi rokok tembakau, bahkan bisa berhenti". Hei, apakah kalian tahu? Sebenarnya produsen rokok dunia juga memproduksi rokok elektrik ini. Itu semua hanya alibi. Huft.

iklan rokok bukan untuk anak-anak
Tren Rokok Elektrik
Dok. Lentera Anak
Memang, dengan rokok elektrik ini bakalan lebih terlihat keren. Seperti khalayak Borjuis. Tapi apakah hal itu benar-benar bisa mengurangi konsumsi rokok? Dari namanya juga masih ada nama "Rokok". Atau itu semua hanyalah pembenaran semata? Tapi, iklan rokok elektrik ini lebih banyak ditemui di dunia online. Apalagi banyak dari publik figur menggunakan produk yang satu ini. Entah Artis ataupun YouTubers, sama banyaknya lho. Bahkan nih, produk rokok elektrik kadang menjadi hadiah dalam event atau kuis. Kan sama aja kayak ngilklan kan?

Dengan semua itu, apa yang harus kita lakukan terlebih lagi sebagai sosok orang tua? Ketika anak-anak zaman sekarang tak lepas dengan yang namanya gadget. Sedangkan iklan rokok sudah merajalela di dunia online. Oke, inilah yang harus kita lakukan:

1. Kenali Minat dan Bakat
Semua anak memiliki minat dan bakat terpendam sendiri-sendiri dan berbeda-beda. Maka tugas sebagai orang tua wajib tau dengan hal tersebut. Agar bisa tersalurkan dengan baik dikemudian hari.  

2. Berikan Arahan dan Bimbingan
Sosok orang tua memanglah sangat berperan penting bagi kehidupan anak dan remaja. Memberikan arahan dan bimbingan akan segala jenis rokok sangatlah diperlukan. Termasuk juga dampak-dampak yang diterima bagi seorang perokok. 

3. Dukung Minat Dan Bakat Seorang Anak
Bila sudah mengetahui minat dan bakat anak. Tugas selanjutnya yakni mendukung bakat anak. Serta berikan fasilitas-fasilitas pendukung akan bakat tersebut. Misalnya, minat anak dalam olahraga. Berarti berikan sepatu baru olahraga dan private akan yang diminati. Hal itu bisa menambah semangat untuk mereka. Karena setelah remaja nanti minat dan bakat ini bakalan memberikan dampak positif terhadap habit atau kebiasaannya.

4. Batasi Penggunaan Gadget
Bila  minat dan bakat anak tak ada hubungannya dengan gadget. Maka batasi penggunaannya pada anak-anak. Karena iklan rokok banyak ditayangkan di dunia internet maupun sosial media. Sehingga menghindari anak tidak sampai melihat apalagi terkontaminasi akan rokok tembakau maupun rokok elektrik.

5. Berikan Pengawasan Lebih Intens
Nah, pengawasan disini adalah hal yang penting. Jangan sampai anak yang sudah akan beranjak remaja menjadi salah dalam pergaulan. Sehingga mengenal apa itu rokok maupun hal-hal negatif lainnya. Dalam penggunaan gadget pun juga perlu adanya pendampingan secara intens. Meskipun kita memberikan pengawasan di dunia nyata tapi dalam dunia maya tidak, sama aja bohong kan?

iklan rokok bukan untuk anak-anak
Mari Jaga Masa Depan Penerus Kita
Dok. astar.id
Mungkin itu saja penjelasan singkat akan bahayanya iklan rokok untuk anak-anak. Jangan sampai pengaruh akan iklan rokok sering terlihat bagi anak-anak. Lebih baik lagi bila tidak dilihat sama sekali bagi anak. Mari jaga generasi penerus kita. Karena di pundak merekalah masa depan bangsa akan digantungkan.
Terima kasih.~

klan Rokok Bukan Untuk Anak-anak: Save Our Child From Cigarettes


4 komentar

  1. Sudah pasti bahaya banget rokok buat anak-anak. Merusak fisik dan mentalnya kelak. Industri ini mesti ada yang hentikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai anak-anak menjadi seorang perokok aktif huhu

      Hapus
  2. Dan selalu yang menjadi target adalah anak dan remaja yang rentan dan masih mencari jati diri sehingga mudah diombang ambingkan oleh iklan yang menarik sejatinya menipu

    BalasHapus
  3. dan kalau ada iklan kayak gini di jam jam prime time tv yang sering ditonton adik aku, agak rawan juga.bisa jadi di pemikirannya muncul pengen nyobain

    BalasHapus