Jalan-jalan Berburu Kuliner Malam Di Yogyakarta - alamatbima

Jalan-jalan Berburu Kuliner Malam Di Yogyakarta

Jalan-jalan Berburu Kuliner Malam Di Yogyakarta

kuliner malam di yogyakarta
Kulineran Malam Di Yogyakarta

Halo kembali lagi bersamaku melankolis muda, hehehe. Yops beberapa minggu yang lalu aku jalan-jalan lagi nih keluar kota menyusuri daerah suka-suka. Yah, maklum lah ya. Namanya juga lagi boring dirumah terus ya akhirnya cabut deh dari rumah. Kota yang menjadi sasaran adalah Yogyakarta. Wehh, kota penuh kenangan ya kan? Gak tau deh kenangan ambyar atau manis, yang penting kenangan. Oke lanjut. Pastinya kalau aku jalan-jalan gak bakalan ngelewatin waktu untuk berburu kuliner. Dan emang pas bener. Kemarin aku menyempatkan jalan-jalan berburu kuliner malam di Yogyakarta. Gimana keseruannya? Baca terus yuk.

Yogyakarta, merupakan salah satu daerah yang berada di pulau Jawa. Memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan daerah lainnya. Di setiap sudut kota dapat menghasilkan cerita. Nuansa dan suasananya yang begitu mudah menghadirkan rindu. Ya itulah Yogyakarta, yang kadang sering disebut Jogja (diperpendek aja sih ini). Bukan hanya wisatanya yang begitu dikenal, namun juga kuliner menggugah selera juga demikian. Bahkan, kuliner malam di Yogyakarta ini banyak yang unik.

kuliner malam di yogyakarta
Keliling Yogya Naik Motor
Aku mendapatkan kesempatan untuk kembali jalan-jalan ke Yogyakrta (ngabisin duit ini mah). Kebetulan ada temen bareng tuh. Sepintas nyari kuliner malam di Yogyakarta seru sih. Itu yang ada di pikiranku. Ternyata di-iyakan saja tuh sama temen bareng ini. Oke, berangkatlah kita berkeliling. Pertama, masih belum tau tuh tujuan kita kemana. Yang penting keliling dulu naik motor keliling kota Yogyakarta. Emang cocok banget sih kalau malem-malem keliling Yogya. Semoga kapan-kapan kelilingnya bareng doi dah, hahaha.

Keliling aja terus sampai tiba di alun-alun selatan yogya. Muter-muter gak jelas gitu berburu kuliner malam di Yogyakarta. Padahal mah cacing di perut udah pada demo tuh (tapi belum sampai anarkis sih). Nah koplaknya temenku ini lupa nama tempat makannya. Kan sue’ yak. Pake acara lupa segala. Pada akhirnya aku ngalah aja. Jalan lah lagi terus menyusuri jalanan Yogya malam hari. Sampai-sampai udah tiba aja tuh di alun-alun utara Yogyakarta. Waduh, makin gak jelas nih lama-lama.

Berhenti sejenak di alun-alun utara Yogyakarta ini. Sebat dulu lah. Biar dapet inspirasi, hehe. Sembari temenku nginget-nginget nama tempat kuliner malam di Yogyajarta kali ini. Pikun bet dah temen satu ini. Gak tau orang lagi laper mungkin. Karena agak lama, aku tarik aja pelatuk gas motorku. Menuju arah Tamansari. Belok kanan, belok kiri, tak kunjung sampai. Dan setelah sampai ternyata, sepi gak ada apa-apa. Huft, apes bener dah. Tapi nih, ketika di taman sari temenku akhir inget tuh nama tempat makannya. Dan kalian tau dimana? Tempatnya di antara alun-alun kidul dan utara men. Begh, balik lagi cuy.

Kembali menelusuri jalanan malam kota Yogya. Asik sih, sambil menghafal jalan. Biar kapan-kapan kalau bareng doi gak nyasar hehehe. Dan sampailah di TKP. Ternyata kuliner malam di Yogyakarta kali ini di Angkiringan Kang Harjo Wijilan. Begh, kalau tempat kuliner malam yang satu ini emang terkenal banget di Yogyakarta. Aku pun udah pernah tuh dulu ke angkirangan yang satu ini.

kuliner malam di yogyakarta
Angkringan Kang Harjo Wijilan
 Pertama kita biacara soal rasa. Di Angkirngan Kang Harjo Wijilan ini emang rasanya juara. Kenapa bisa? Karena kalau kamu kesini, kamu bakalan disuguhkan oleh berbagai macam olahan makanan yang bisa dipilih. Mau makanan dengan cita rasa manis? Cita rasa gurih? Cita rasa pedas? Ada semua cuy, lengkap dah pokoknya. Minumannya juga banyak yang bisa dipilih. Tapi yang menjadi andalan sih the poci. Begh rasanya nendang cuy. Memilih angkringan ini sebagai tempat kuliner malam di Yogyakarta emang gak salah.

Yang kedua, aku akan membahas tentang tempat dari Angkringan Kang Harjo WIjilan ini. Alamatnya sih berada di Jl. Wijilan, Penembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Nah buat kamu yang dari Alun-alun kidul akan menuju alun-alun utara, palingan kamu bakalan lewat depan angkringan yang satu ini kok. Mudah banget ditemuin. Kemudian untuk parkir kendaraan. Ada yang jagain kok tenang. Bayar cuma Rp 2000 aja. Dan untuk tempat makannya nih. Angkringan ini memiliki 2 lantai. So, bisa pilih sesuka hati. Mau lesehan? Berarti kudu di lantai 2. Dan kalau mau duduk santai saja bisa di lantai 1. Dengan konsep bangunan sederhana dan tradisional, kamu bakalan dibuat betah deh ada di Angkringan Kang Harjo Wijilan ini.

kuliner malam di yogyakarta
Paket Lengkap Kenyang Yang Aku Pilih
Oh iya, aku belum bahas makanan yang aku cobain. Di kesempatan berburu kuliner malam di Yogyakarta kali ini, aku nyobain beberapa menu. Nah uniknya tuh di Angkringan Kang Harjo Wijilan ini kamu bisa ambil sendiri (prasmanan, cocok buat kamu laper nih). Aku sih ngambil lauk urap-urap, gorengan, tahu tempe bacem, dan sate ayam. Kemudian pesen minumnya es teh. Haha lengkap banget kan, porsi kuli pula. Ya kan emang udah laper tuh. Cacing di perut ngajakin anarkis sudah. Setelah memilih menu lauk dikasihkan lah ke kasir. Tau gak dua orang dengan sama-sama porsi kuli habis berapa? 50K masih dikasih kembalian cuy. Apalagi temenku ngambil ekstra sambel dan pesen minumnya 2 pula. Murah kan?

Setelah dibayar. Aku dan temenku memilih lantai 2 sebagai tempat menghabiskan makanan yang sudah dipilih. Begh, sambil selonjoran santai gitu kan enak ya. Ternyata diatas rame juga lho. Kirain cuma lantai bawah aja yang rame. Yang bikin gak betah hanya satu hal saja sih di Angkringan Kang Harjo Wijilan ini. Mata disuguhkan pemandangan orang berpasangan lagi makan bareng. Huhu, kan miris yak (kaum jomblo mah ngenes mulu bawaannya). Tapi sok tegar ae lah ya. Tingkat kelaparanku lebih kuat daripada rasa miris ambyarku. Masak iya berburu kuliner malam di Yogyakarta ujung-ujungnya ambyar kan? Apalagi masakan yang aku pilih rasanya enak banget. Begh, auto fokus makan dah jadinya.

kuliner malam di yogyakarta
Yogyakarta Memang Selalu Istimewa
Mungkin itu aja sih cerita singkatku berburu kuliner malam di Yogyakarta. Kalau ada tempat lain yang kulinernya enak di Yogya atau kota lain langsung bilang ae di kolom komentar yak. Siapa tau bisa aku kunjungin suatu hari nanti. Atau kalau pengen tanya-tanya, bisa kok langsung di kolom komentar juga. Tenang, bakalan aku bales kok.
Terima kasih.~

Bima Widjanata Suwaji
Jalan-jalan Berburu Kuliner Malam Di Yogyakarta


6 komentar

  1. Jd kangen Yogya. Dulu pas masih jamannya mahasiswa, sring kulineran malam2. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti lebih tau nih kuliner malam di Yogyakarta masnya ini hehe. Mahasiswa kan sering blusukan buat kulineran.

      Hapus
  2. Kalo Jogja ingetnya oseng mercon yu Narti yg pedesnya bikin aku diare besok pagi wkwkwkwkkww. Tapi enaaak :D. Kaoan2 ksana lagi, pgn nyobain kuliner area gunung kidul mas, ada lobster yg katanya enaak dan murah. Penasaran Ama itu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh daerah gunung kidul belum pernah nih kak. Wajib dicoba kayaknya di next trip Yogyakarta.

      Hapus
  3. Aku sedih baca ini.. terakhir ke jogja waktu SMP. Udah lupa rasanya Jogja

    BalasHapus