Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Kamis, 20 Oktober 2016

Cerita Lama Dan Hal Baru Di Transportasi Indonesia

Cerita Lama Dan Hal Baru Di Transportasi Indonesia
Foto : Dok Pribadi
Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir sedang gencar melakukan aksi untuk mewujudkan sistem transportasi menunjang kebutuhan masyarakat. Hal ini bukanlah tindakan tanpa alasan, namun hal ini ingin diwujudkan agar sistem transportasi di Indonesia yang masih belum teratur. Dari beberapa aspek memang sudah dilakukan perubahan, terutama perubahan pelayanan terhadap masyarakat. Misalnya saja penambahan armada angkutan umum agar masyarakat semakin sadar bahwa penggunaan kendaraan umum adalah tindakan tepat. Bukan hanya untuk mengurai kemacetan seperti di Jakarta, namun juga untuk mengurangi emisi karbon yang ada.


Sebuah tradisi lama yang ada di Indonesia merupakan adalah sebuah percikan kesalahan yang bisa berimbas besar yaitu pungutan liar. Siapa yang menduga kalau pungutan liar di Indonesia masih merajalela, namun memang begitu keadaannya. Mungkin di dekat-dekat ibu kota memang tidak terlalu tampak, namun siapa tahu kalau di daerah Kalimantan sana ada. Dalam acara presscon yang dilaksanakan tanggal 16 Oktober 2016 di Stasiun Gambir, Menteri Perhubungan mengutarakan sebuah langkah untuk memberantas yang namanya pungutan liar. Meskipun terlihat kecil, pungutan liar merupakan korupsi, sekali tindakan korupsi dilakukan tetaplah ada tindakan hukum bagi pelakunya meskipun kecil.

Hal yang ingin dilakukan untuk membenahi sistem dan memberantas pungutan liar yaitu dengan melakukan perbaikan sistem online untuk pelayanan kepada masyarakat. Dengan melakukan perbaikan sistem online, masyarakat bisa terbuka untuk mengakses dan bila ingin mengetahui ketetapan-ketetapan yang ada. Bisa dibuat contoh, PT KAI yang saat juga menerapkan sistem online dalam pelayanan kepada masyarakat yang ingin memesan dan membeli tiket perjalanan kereta. Sebelum diberlakukannya sistem online, calo yang menjual tiket kereta bertebaran dimana-mana. Namun saat ini masyarakat semakin mengapresiasi tindakan yang dilakukan PT KAI ini, karena masyarakat merasa perjalanan mereka lebih aman dan pasti. Menteri Perhubungan juga ingin melakukan pengurangan sistem penguasa dalam organisasi. Hal ini sangat dapat mendorong timbulnya pungutan liar. Dengan kata lain bila adanya sistem penguasa dalam suatu organisasi, maka seorang penguasa akan memiliki pemikiran “Ah, saya kan penguasa disini, jadi gak masalah”, hal ini yang akan dikurangi oleh Menteri Perhubungan.

Slide
Foto : Dok Pribadi
Dalam acara tanggal 16 Oktober 2016, Menteri Perhubungan juga mencoba armada bus Transjakarta yang saat itu berada di stasiun gambir. Pada mulanya saya yang hadir dalam acara itu kurang memperhatikan armada bus Transjakarta yang ada. Namun setelah dilihat baik-baik, ada yang special dari armada bus Transjakarta yang ada di gambir. Saat itu, posisi bus Transjakarta memang sedang diam, busnya sangat pendek bagai mobil sport luar negeri. Awalnya saya berfikir, “Apa ini bus nanti bisa beroperasi secara optimal? Kan ini pendek banget. Tapi keren sih kayak mobil sport jadinya” . Namun ketika akan berjalan, ternyata bus Transjakarta tersebut semakin tinggi, ternyata menggunakan sistem air suspension. Sistem ini digunakan untuk menambah kualitas pelayanan. Saat ini memang masih belum banyak kendaraan umum yang memiliki pelayanan khusus untuk penyandang cacat. Nah untuk bus Transjakarta yang ada di gambir ini akan semakin pendek ketika ingin menaikkan dan menurunkan penumpang, kemudian akan tinggi kembali saat akan berjalan.


Semoga apa yang akan direncanakan dan dilakukan oleh Menteri Perhubungan akan terlaksana dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. Dukungan masyarakat memang sangat diperlukan untuk menyokong dan melaksanakan di lapangan atau kehidupan sehari-hari. Tanpa ada dorongan, dukungan, dan pelaksanaan dari masyarakat maka rencana akan hanya sebatas rencana saja. Dan semoga kemajuan transportasi Indonesia akan semakin bagus dan semakin bermanfaat bagi masyarakat banyak. (Bima Widjanata Suwaji)

Selfie With New Bus Transjakarta
Foto : Dok Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar

About