√ Jalan-jalan Ke Peninggalan Zaman Belanda: Keliling Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang - alamatbima

Jalan-jalan Ke Peninggalan Zaman Belanda: Keliling Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang

Jalan-jalan Ke Peninggalan Zaman Belanda: Keliling Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang

Jalan-jalan Ke PG Jatiroto
Halo kembali bersamaku melankolis muda, hehe. Kemarin aku jalan-jalan lagi nih. Buset dah, pokoknya tiada hidup tanpa jalan-jalan deh. Gak ada bosennya. Nah jalan-jalan kali ini aku mengunjungi salah satu peninggalan zaman Belanda yang ada di kawasan Kabupaten Lumajang. Udah pada tau belum kalau di Lumajang ada salah satu peninggalan Belanda yang masih tetap dirawat dan tetep eksis sampai saat ini? Belum kan? Baca terus deh biar tau.

Pabrik Gula Jatiroto atau yang biasa disebut PG Jatiroto oleh masyarakat sekitar merupakan salah satu peninggalan Belanda yang terbilang cukup besar. Berdiri sejak 1905 dan didirikan oleh perusahaan swasta milik Belanda. Terbilang cukup tua kan, hehehe. Seaabad lebih dan sampai saat ini bangunannya masih terjaga. Oh iya saat ini PG Jatiroto sudah dalam naungan PT. Perkebunan Nusantara XI, *aku baca kemarin di tugu selamat datangnya*.

PG Jatiroto sendiri berada di Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto. Jaraknya sih kurang lebih 23 KM lah dari pusat kota. Nah kebetulan banget kemarin aku diajakin nih untuk ke salah satu pabrik gula yang notabennya masih peninggalan Belanda ini. Seumur-umur emang belum pernah masuk sekalipun aku. Makanya aku antusias banget nih. Yah namanya juga momennya pas. Ketika butuh jalan-jalan, ada yang ngajakin jalan. Ya kuy aja lah kan , hehe.




Waterpark PG Jatiroto
Saat pertama masuk, yah pastilah ada satpam yang menjaga. Kebetulan bukan aku yang lapor, jadi ya gak dapet ID visitor deh. Padahal pengen banget tuh foto sambil pake ID visitor. Tapi tak apa, lanjut aja. Jadi aku gak dateng sendirian, aku barengan sama tim. Setelah mobil di parkir, barulah menuju sasaran. Dan setelah aku turun dari mobl, aku kaget nih. Ternyata ada Water Park di kawasan PG Jatiroto. Aku baru tau kalau yang satu ini. Gak sempet masuk sih tapi aku foto bagian depannya aja. Pengen sih masuk, tapi kan ada urusan lain. Mungkin bisa lah lain kali aku bisa dateng dan sedikit cerita, hehe.

Nah ngapain sih aku ke PG Jatiroto? Ini nih yang akan jadi pembahasan. Sampe-sampe aku gak masuk ke PG Jatiroto, hehe. Sebenarnya aku ke PG Jatiroto ini untuk melihat bagaimana sistem limbahnya. Tapi sayangnya, aku gak pas nih. Ternyata musim giling tebu berada di bulan April sampai Oktober. Dan sekarang udah November, huhu. Jadi gak ada penggilingan yang dilakukan. Yah tak apa lah. Yang penting kelili-keliling deh.




Kantor Utama Nih
Kemarin tuh aku masuk ke sekretariat ISO. Melihat situasi dan keadaan bagaimana para karyawan yang sedangg bekerja. Ternyata nih yah, meskipun tidak dalam musim giling, para karyawan tetap sibuk. Layaknya pegawai kantor lain deh. Untuk ruangannya sih bagus banget. Yang sempat lah ngambil foto, hehehe. Dikit-dikit ngambil foto kalau aku ini. *Kaum millenial, jadi ya harap maklum*.



Setelah lama menunggu, akhirnya orang yang ditunggu dateng. Dia adalah karyawan yang bertugas sebagai pengolahan limbah dari hasil giling tebu di PG Jatiroto. Jadi aku dan tim sebenarnya mau menemuinya untuk melihat proses pengolahan limbah. Ngobrol-ngobrol cantik dulu sama dia, hehe. Setelah ngobrolnya puas, aku dan tim langsung menuju tempat pengolahan limbah.




Tempat Pengoahan Limbah Cair PG Jatiroto
Ternyata nih, tempat pengolahannya jauh banget coy dari kantor pusatnya. Kudu naik mobil dulu. Secara dong, luasnya aja 12 hektare. Kalau jalan kaki mah bisa ngos-ngosan dulu sebelum sampe tempat. Kurang lebih 5 menitan kalau naik mobil, akhirnya sampai juga di tempat pengolahan limbah. Sebenarnya kalau dipikir, bagus juga tepatnya kalau dibuat hunting. Kayak ada seperti jembatannya gitu, instagrammable deh. Tapi kalau mau hunting susah juga sih perizinannya, hehe. Aku aja cuma ngambil foto beberapa aja kok. Yang penting ada buat konten.


Bagus Kan?
Lama aku berkeliling di tempat pengolahan limbah ini. Bahkan aku sempat masuk ke salah satu tempat untuk menimbun limbah olahan. Gede banget coy. Kurang lebih dalamnya 5 meter dan luasnya 10 meter. Aku aja sempet merinding kok pas masuk, hehe takut coy. Nanti ada video di akhir tulisan kalau penasaran dengan kondisi tempatnya. Katanya sih, kalau udah di penghujung musim giling, ada event mancing gitu di tempat pengolahan limbah ini. So, buat kalian yang hobinya mancing bisa tuh dateng kesini. Gratis pula katanya mas yang ngaterin, hehe.

Oh iya, sebelum masuk kawasan pengolahan limbah, ada tempat yang bagus memang buat hunting lagi. Pernah liat juga para anak hits ngambil foto di tempat itu. Tapi aku juga gak sempet buat berhenti ngambil foto tempatnya. Nanti bisa liat deh di Instagram, dengan tagar #PGJatiroto. Anak-anak hits dan banyak photographer ngambil foto di tempat itu.




Kata-katanya Gokil Gaes, hehehe
Ada satu lagi yang unik di PG Jatiroto. Banyak rambu keselamatan kerja yang kata-katanya gokil. Hal ini bisa memacu dan lebih diingat oleh para karyawan yang sedang bekerja. Mungkin itu sih yang diharapkan oleh pihak PG Jatiroto. Kalau udah diinget dan memacu, karyawan kan bisa lebih produktif dan lebih hati-hati lagi dalam bekerja. Kan bisa semakin banyak pula hasil yang didapatkan. Bener gak? Aku sih agak inget kalau masalah ini. Dulu pernah dapet mata kuliah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Mungkin itu aja sih yang bisa aku ceritain tentang pengalamanku saat ke PG Jatiroto. Sekali lagi ini ada the first alias pertama kalinya aku ke tempat ini. Semoga peninggalan zaman Belanda ini akan terus eksis sampai anak cucu nanti. Perawatannya lebih di tingkatkan. Kalau udah gitu kan bisa berkontribusi untuk daerah. Dari segi wisata dan industrinya. Kalau ada pertanyaan seputar PG Jatiroto atau kontenku kali ini, bisaa langsung komentar aja yak. Pasti dibales kok. Terimakasih. 


Video Di Tempat Penampungan Nih

Please write your comments