Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Senin, 15 Oktober 2018

Produk Unggulan Lumajang Hadir Di Acara Jatim Fair 2018


Produk Unggulan Lumajang Hadir Nih di Jatim Fair 2018

Halo semuanya, kembali bersamaku melankolis muda, hehe. Kali ini aku akan bahas jalan-jalan lagi nih. Duh pokoknya gak ada bosennya deh kalau bahas jalan-jalan. Namanya juga hobi kan, mau gimana lagi? Eh, pada udah tau belum kalau ada acara Jatim Fair? Kemarin aku dateng ke acara ini lho. Ngapain sih aku dateng ke Jatim Fair 2018? Penasaran kan, baca terus deh biar gak penasaran lagi.

Sebelumnya aku akan bahas sedikit tentang Jatim Fair. Jatim Fair merupakan acara tahunan dimana pada acara ini hadir seluruh kabupaten di Jawa Timur untuk mempromosikan produk-produk terbaiknya. Nah salah satu kabupaten yang hadir nih yakni kabupaten Lumajang. Wehh kabupaten andalanku nihh hehe. Namanya juga putra daerah Lumajang, pastinya dukung Lumajang lah.



Stand Kabupaten Lumajang
Keren kan?

Di acara Jatim Fair 2018 ini, kabupaten Lumajang menghadirkan produk-produk unggulan yang ada. Memang kebanyakan produk olahan makanan sih. Tapi bukan berarti gak ada produk lain lho ya. Banyak kok yang lain. Nanti aku bahas satu-satu deh. Jangan khawatir. Sekarang bahas olahan makanan dulu.

Produk olahan makanan yang dihadirkan oleh stand kabupaten Lumajang banyak banget. Ada keripik pisang, singkong, dan talas, ada abon ikan, cadang mas. Waktu kemarin aku dateng itu sih yang paling nampak banget. Karena hampir memenuhi stand. Salah satu yang menyita perhatianku saat itu adalah  *Abon Ikan Salem Tekkuneh*. Liat sendiri deh foto produknya.


Produk Abon Ikan Salem Tekkuneh

*Abon Ikan Salem Tekkuneh* ini diproduksi oleh UD Pantes kabupaten Lumajang. Untuk komposisinya sih sama dengan yang lain menurutku. Tapi kemasan yang unik memiliki daya tarik menurutku.











Kopi Bens Lumajang

Sudah kubahas sebelumnya kalau stand Lumajang bukan hanya menghadirkan produk olahan makanan saja kan. Ini nih salah satu produk unggulan lainnya, *Kopi Bens*. Memang saat ini Lumajang lagi gencar nih dengan produk kopinya. Banyak banget produk kopi yang lagi naik daun dan menggema namanya. Salah satunya ya *Kopi Bens* ini. Kemasannya juga bagus dan unik. 



Produk Kriya Kayu SMKN 

Nah sekarang waktunya bahas selain makanan dan minuman, hehehe. Lumajang gak hanya terkenal dengan olahan makanan dan minumannya saja. Produk kerajinan juga lho. Nah di stand Lumajang juga ada beberapa kerajinan nih. Kerajinannya juga bagus, dan ternyata produk kerajinan ini dibuat oleh para siswa siswi SMK lho. Nah terbukti kan kalau Lumajang dalam membangun ekosistem industri enggak kaleng-kaleng, hehe. Liatin deh foto-fotonya di akhir tulisan. Aku tampilin semua kok. 


Batik Tulis Lumajang Keren-keren kan?

Ada lagi satu produk yang hadir di Jatim Fair nih, batik. Kalau bahas batik mah sudah biasa kan. Memang Indonesia kaya akan batiknya. Sampai-sampai hampir di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Ya termasuk di Lumajang juga. Batiknya bagus-bagus lho. Oh iya, seluruh aparatur pemerintahan di kabupaten Lumajang memakai batik asli buatan IKM Lumajang. Gimana, keren gak tuh?



Salah Satu Penjaga Stand
Kabupaten Lumajang

Bukan hanya menghadirkan produk unggulan saja. Di stand kabupaten Lumajang penataannya juga menarik dan pelayanan kepada pengunjungnya juga bagus. Waktu aku dateng kemarin tuh lagi rame. Pengunjung pada tertarik. Ehhhh salah satu bentuk pelayanan yang diberikan nih ya, ada testernya nih buat produk olahan makanan. Kalau kerajinan mah enggak. Masak iya kerajinannya dimakan juga, gak mungkin kan, hehehe. 



Kepala Bidang Perdagangan dan Industri
dateng langsung memberikan pelayanan

Oh iya, buat yang jaga stand juga pada cekatan tuh. Jadi kalau ada pengunjung pengen apa, tanya-tanya produk, langsung tuh mereka garcep. Salah satu yang dateng langsung memberikan pelayanan kepada pengunjung adalah Kepala Bidang Perdagangan dan Industri dari Dinas Perdagangan kabupaten Lumajang. Totalitas banget buat memberikan yang terbaik. 

Mungkin itu saja sih yang bisa aku ceritain tentang pengalamanku Dateng ke Jatim Fair 2018, khususnya ke stand kabupaten Lumajang. Kalau ada pertanyaan seputar dunia Industri di kabupaten Lumajang, langsung aja komentar deh. Bakalan dibales kok. Yuk terus dukung industri daerah agar terus berkembang di era bebas seperti sekarang. Produk lokal bagus-bagus kok, gak kalah dengan produk luar. Terimakasih.

Produk Kerajinannya Keren Kan?

Produk Kerajinan Lain Nih

Stand Kabupaten Lumajang Rame Terus Pokoknya


9 komentar:

  1. wah keren ya, sebagai ajang promosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, alhAlhamdulil. Jadi ada event memang khusus menghadirkan produk UKM untuk dikenalkan kepada masyarakat. Hehehe

      Hapus
  2. Bagus-bagus produknya. Batiknya memang motifnya cerah gitu ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe saya cowok kak :D
      Batiknya motif cerah lebih dominan lho di kabupaten Lumajang. Termasuk yang dipakai instansi pemerintah kabupaten. Hihi

      Hapus
  3. Saya suka dateng ke acara seperti ini, kalau jaraknya ga terlalu jauh, hehe...
    Rasanya menyenangkan melihat-lihat potensi daerah yang bermacam-macam, bisa tahu banyak hal meski hanya dalam satu even.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para pelaku UKM antusias banget kalau diajak untuk promosi di event seperti ini mas.
      Jadi mereka bisa terpacu juga ketika melihat produk dari luar daerah yang mungkin dari segi kemasan dan rasa lebih baik. So, mereka jadi makin semangat memperbaiki kualitas deh.

      Hapus
  4. kemasan kopi bens sangat menggoda mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekinian kan kemasannya?
      Masih banyak kok yang serupa kak hehehe. Rata-rata kemasan kopi keren-keren.

      Hapus
  5. Mantap nih produk lumajang

    BalasHapus

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja