Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Jumat, 19 Oktober 2018

Kampung Meubel Pasinan Karangbendo: Belajar Dan Praktek Wawasan Baru Dalam Dunia Meubel

Belajar Dan Praktek Wawasan Baru Dalam Dunia Meubel

Halo semuanya kembali bersamaku melankolis muda, hehe. Kali ini aku akan bahas jalan-jalan lagi nih. Duhh, bahas jalan-jalan mulu dah perasaan. Jangan pernah bosen deh bacanya, karena bakalan ada lebih banyak lagi pembahasan jalan-jalan ke tempat seru lainnya. Eh, kali aku jalan-jalan masih di seputar Kabupaten Lumajang lho. Kemana sih? Dan ngapain aja sih di jalan-jalanku kali ini? Penasaran kan? Baca terus yuk.

Kali ini aku jalan-jalan ke salah satu desa industri yang ada di Kabupaten Lumajang. Namanya adalah *Kampung Meubel  Pasinan Karangbendo*. Desa ini letaknya gak jauh lho dari pusat kota, hanya 4 KM kok, tepatnya berada di Kecamatan Tekung. Mau naik motor atau mobil akses jalannya sama, dan jalannya bagus.

Nah ngapain sih aku di Kampung Meubel Pasinan ini? Nih aku bahas. Kemarin, aku dateng ke kampung pasinan ini tanpa sebuah alasan. Aku dateng ke kampung ini karena kampung meubel ini kedatangan tamun yang istimewa. Kenapa aku bilang gitu? Ya karena meman tamu yang datang merupakan seorang yang berkompeten dalam bidang meubel dari UPTI Kayu Jawa Timur. Sambutan meriah dengan wajah gembira sangat terasa. So, aku mendampingin para pengusaha meubel di kampung pasinan ini untuk belajar ilmu baru dalam pembuatan produk meubel.



Belajar Itu Butuh Proses, So Nikmatilah

Para pengusaha yang ikutan dalam kegiatan belajar bareng ini antusias banget lho, serius. Ada 30 orang deh kalau gak salah. Dan mereka buka hanya dari kalangan orang tua aja, banyak yang muda juga. Jadi gak tua gak muda pada semangat belajar. Seneng liatnya. Kemarin itu mereka dikasih pengetahuan tentang finishing pada produk meubel. Pokoknya gimana caranya biar produk meubel ini jadi makin ciamik, diajarkan di kegiatan ini. Eittsss, bukan hanya belajar teori nih. Mereka juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung.



Media Buat Belajar Nih

Peserta kegiatan belajar finishing meubel ini, diberi 3 media sebagai bahan untuk coba-coba dan belajar. Kalau gak salah kemarin ada triplek dan kayu yang keliatan deh. Nah itu ntar udah sebagai media mencurahkan segala yang telah diberikan oleh instruktur dari UPTI Kayu, asekkk. Penasaran kan hasilnya kayak gimana nanti. Baca terus deh, ada foto-foto keren hasil para peserta nanti.



Mereka Gak Sungkan Buat Belajar Langsung

Para peserta yang notabennya udah mahir nih pakai alat-alat meubel gak sungkan-sungkan tuh pakai semua alat-alat yang ada. Cekatan banget deh. Oh iya kegiatan kali 2 hari, sampe lupa mau bilang. Jadi peserta kali gak tanggung-tanggung belajarnya. Saat proses pertama, mereka diberikan wawasan tentang pewarnaan dasar dulu nih. Nah kalau hanya pewarnaan dasar mah mereka udah jago tuh. Langsung garcep mereka.



Sebelum Diwarna Dihaluskan Dulu Lho

Kemudian juga mereka diajarkan pewarnaan yang lanjutan, dan tekstur. Nah yan tekstur ini para peserta yang semangat-semangatnya. Soalnya buat mereka, ini baru pertama kali mendapatkan wawasan dan bisa praktek langsung lagi. Nah hal yang begini nih yang bikin seneng sekaligus semangat bagi Penyuluh Lapangan sepertiku. Kalau pesertanya pada antusias dan semangat, hati itu seneng, diri itu bangga, dan terpacu juga untuk terus melakukan pembinaan.



Hasilnya Bagus Kan? Pada Kreatif Sih

Hasil yang udah dihasilkan para peserta bagus-bagus. Warnanya unik. Teksturnya bagus banget. Bahkan ada yang kayak marmer, hehehe. Menurutku sih gitu. Nah menurut salah satu peserta nih, namanya bapak Satuhari. Beliau juga aktif dalam dunia meubel meskipun gak secara langsung. Menurut beliau, kegiatan yang seperti ini merupakan kagiatan positif. Membantu banget buat para pengusaha meubel karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar ilmu baru dan sekaligus bisa mempraktekkannya. Jadi mungkin lewat kegiatan ini produk dari Kampung Meubel Pasinan dapat terus berkembang dan dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Aku juga sempet ketemu dengan pemuda karang taruna dari Kampung Meubel Pasinan nih. Katanya di Kampung Meubel Pasinan ini ada lho semacam festival gitu. Tapi festivalnya tentang meubel. Kan keren. Baru denger nih yang kayak gini aku. Dan kegiatan ini sudah dilaksanakan 2 kali lho. Duh jadi pengen tau kek gimana festivalnya. Semoga tahun depan ada lagi nih. Biar bisa aku ulik nih gimana itu acaranya. Dan pastinya biar temen-temen pembaca juga tau gimana sih festival meubel di Kampung Meubel Pasinan ini.



Antusiasme Para Peserta Kegiatan

Mungkin itu aja sih pembahasan kali ini. Seru kan jalan-jalanku. Jalan-jalan itu gak mulu ke mall atau alam bebas euy. Kita juga bisa jalan-jalan sambil belajar ke desa-desa wisata dan desa-desa industri. Ya kayak aku gini deh. Jadi dapat plus tuh. Bisa refreshing, dapet ilmu dan wawasan baru, serta dapet temen baru lagi, kan seru. Dukung terus yuk industri kecil yang ada di daerah. Produk lokal itu bagus-bagus. Kalau ada pertanyaan soal Kampung Meubel Pasinan, langsung komentar deh, bakalan dibales kok. Terimakasih.

4 komentar:

  1. makasih pak artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  2. wahh seru ya jadi belajar langsung disana..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas seru banget, yang belajar pada antusias pula kan hehe, jadi makin semangat deh

      Hapus

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja