Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Selasa, 09 Oktober 2018

Industri Genteng Lumajang Goes To Kebumen: Belajar Seputar Genteng Di Tempat Penghasil Genteng Terbaik

IKM Genteng Lumajang Goes To Kebumen

Halo semuanya kembli bersamaku melankolis muda, hehehe. Kembali akan bahas jalan-jalan lagi nih. Biasa kan emang hobinya muter-muter. Tapi kali ini aku gak sendirian nih, malah banyakan. Dan jalan-jalan kali ini juga sambil menimba ilmu. Kemana sih jalan-jalan kali ini? Sama siapa aja sih kok bisa banyakan jalan-jalan kali ini? Penasaran kan? Baca terus deh biar gak penasaran lagi.

Sudah aku singgung sedikit kalau jalan-jalan kali ini aku gak sendirian. Yaps, kali ini aku mendapatkan tugas untuk mendampingi para pelaku industri genteng yang ada di kabupaten Lumajang untuk menimba ilmu ke Kebumen. Kebumen memang sudah dikenal dengan sebutan penghasil genteng terbaik. Nah karena hal itu, para pelaku industri genteng di kabupaten Lumajang juga pengen nih berkembang dan dapat menghasilkan genteng dengan kualitas yang bagus seperti pelaku industri yang ada di Kebumen.



Suasana Di Pedesaan Penghasil Genteng Kebumen, Asri banget

Langsung aja deh ketika udah sampai di Kebumen. Kalau dibahas selama perjalan mah bisa aja 40 halaman, hehehe. Bertempat di kediaman salah satu pemilik usaha genteng, tepatnya sih di daerah Soka kalau gak salah deh. Pelaku industri genteng langsung disambut oleh pihak pemerintahan kabupaten Kebumen, khususnya bidang industri. Suasana tempatnya sih asri banget, berasa pedesaan, khas deh pokoknya.



Sharing Session Nih

Selama di Soka ini, pelaku IKM mengunjungi 3 tempat sekaligus. Belajarnya gak tanggung-tanggung deh. Bagus banget nih buat menambah wawasan. Di temmpat pertama sih hanya banyak sharing dengan pembuat genteng. Pembahasannya sih gak jauh dari awal membuat genteng gimana, bahan bakunya dapet dari mana. Yah pembahasan klasik deh saat itu. Meskipun begitu mah pelaku industri genteng Lumajang antusias banget.
 
Nah untuk di tempat kedua nih. Pelaku industri dari Lumajang benar-benar mendapatkan pengalaman penting. Dimana saat itu bisa liatin langsung bagaimana proses pembuatan genteng mulai dari pencetakan sampai pembakarannya. Di tempat kedua ini mereka lebih antusias lagi ini. Aku aja juga antusias kok, hehe. Yah namanya juga aku belum pernah tau gimana cara pembuatan genteng, karena yang aku tau kalau buat batu bata dan batako doang.


Perempuan Strong Yang Juga Turut Menyumbang Genteng Terbaik

Di tempat kedua ini, aku melihat pekerja yang membentuk genteng ternyata perempuan coy, *wadadaw*. Strong banget mereka. Awalnya ku kira hanya laki-laki yang berkecimpung dalam pembuatan genteng Soka, Kebumen. Ternyata genteng kualitas terbaik di Kebumen juga dikerjakan oleh tangan-tangan kaum hawa. Hal ini mengundang daya tari tersendiri bagiku. Pokoknya keren dan kagum buat perempuan strong seperti mereka.



Proses Glatsir Genteng

Lanjut lagi ke tempat ke 3. Nah disini juga gak kalah menarik nih dari sebelumnya. Pengalaman baru juga didapatkan oleh pelaku industri genteng dan buat aku sendiri. Tempat ke 3 ini masih di seputar daerah Soka sih. Di tempat ini aku dan pelaku industri bisa liatin langsung pembuatan genteng dan proses glatsir. Apasih proses glatsir? Proses glatsir sendiri yakni proses pembuatan genteng agar lebih awet dan warnanya lebih ciamik.

Di tempat ini aku baru tau kalau genteng biasa bisa diproses lebih lanjut menjadi lebih keren dan tahan lama. *sekali lagi harap maklum, aku masih awam banget di dunia industri genteng, hehe*. Eh di tempat ini aku juga dapet foto keren lho. Liatin deh nanti di akhir artikel. Sengaja aku taruh paling belakang biar penasaran.


IKM Genteng Lumajang Goes To Kebumen

Kebupaten Lumajang terus melakukan pengembangan di dunia industri. Bukan hanya makanan dan minuman saja yang terus didukung lho. Buktinya para pelaku industri genteng diajak belajar jauh sampai ke kabupaten Kebumen. Hal ini juga dibarengi dengan rasa ingin terus belajar para pelaku industri genteng. Tentunya kabupaten Lumajang akan terus melakukan hal serupa dengan metode dan tujuan serta sasaran yang berbeda-beda.

Mungkin itu aja sih pembahasan jalan-jalanku bareng pelaku industri genteng di kabupaten Lumajang ke Kebumen. Kalau ada yang ingin ditanyakan langsung komentar aja yak. Bakalan dibales kok. Ayo dukung terus industri kecil yang ingin terus berkembang. Cintailah produk Indonesia dalam bentuk dan segi apapun. Meskipun hanya dengan membeli produk dan tak membantu dalam segi lain, itu saja sudah cukup bagi pelaku industi kecil. Karena dengan membeli, mereka akan merasa kalau produk mereka dihargai dan dibutuhkan. Terimakasih.

Foto Keren Menurutku, Hehehe

5 komentar:

  1. Mantap para wanita tangguh penghasil genteng. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanita tangguh memang mas, aku kaget coba waktu pertama Dateng hehe

      Hapus
  2. Gileee ada karyawan perempuan pula.
    Industri yang memang membutuhkan tenaga kerja laki-laki ini gak nyangka perempuan juga bisa melakukannya. Keren.. terus bertahan ya memproduksi genteng yang berkualitas. Gak kebayang deh rumah saya kalo gak ada gentengnya gmn hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya ibuk itu udah lama lho dia kerja sebagai penghasil genteng. Tangannya aja udah cekatan lhoo

      Hapus
  3. Berkunjung langsung ke UMKM memang selalu menjadi pengalaman menarik.

    Kalau inget genteng, pasti selalu inget Soka, hehe...

    BalasHapus

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja