√ Wisata Religi Jember Hits, Masjid Roudhotul Muchlisin dan Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Masih Jadi Favorit - alamatbima

Wisata Religi Jember Hits, Masjid Roudhotul Muchlisin dan Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Masih Jadi Favorit

Wisata Religi Jember Hits, Masjid Roudhotul Muchlisin dan Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Masih Jadi Favorit

Wisata Religi Jember
Foto: Instagram @dedynurarifin dan @syafiqalamudi

Halo kembali bersamaku melankolis muda, hehe. Di artikel kali ini masih membahas seputar destinasi wisata. Dan juga destinasi wisata kali ini juga masih di Kabupaten Jember. Gak ada bosennya deh kalau bahas masalah itu. Soalnya di Jember banyak banget destinasi wisatanya. Jember makin rame nih dengan banyaknya destinasi-destinasi baru yang sedang bermunculan. Pengen tau kan destinasi apa yang mau di bahas kali ini? Baca terus yuk.

Jember dengan segudang destinasi wisata untuk dikunjungi memang selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Selain terkenal dengan pantainya yang memiliki view luar biasa. Selain dengan destinasi pegunungan yang sudah banyak terdengar khalayak ramai. Selain Jember dikenal dengan kawasan kuliner yang beranekaragam. Kabupaten Jember  juga dikenal dengan sebutan wisata religi. Mari kupas satu-satu.
View Teluk Love
Foto: Instagram @lilacwuland

Memang Jember dikenal dengan kawasan pantai dengan view cakep. Kawasan pantai selatan memanjang di daerah selatan Kabupaten Jember. Mulai dari Tanjung Papuma, Teluk Love, Payangan, dan masih banyak lainnya. Ini yang mengundang daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Jember. Jember makin rame dengan adanya pantai nan indah di kawasan Kabupaten Jember.
Wisata Rembangan
Foto: Instagram @alfidasuwaji08

Untuk kawasan pegunungannya, juga gak kalah nih dengan destinasi wisata pantainya. Kalau kawasan pegunungan tak lepas dari air terjunnya. Kawasan Utara Jember dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Salah satu yang banyak terdengar dan mengundang banyak wisatawan adalah wisata puncak Rembangan, dan air terjun Rancak. Wisata ini memang sudah dikenal wisatawan luas.

Kalau wisata kuliner mah Jember bisa jadi juaranya di kawasan Jawa Timur bagian Timur. Buanyak banget tempat untuk wisata kuliner. Tinggal pilih deh sesuai budget yang dimiliki dan pengennya apa. Mau makanan yang bikin kenyang ada. Mau Minuman yang lagi Hits juga ada. Bahkan kuliner malam pun ada. Lengkap bangetttt.

Namun untuk destinasi religi, di Kabupaten Jember banyak yang gak tau. Padahal sejak dahulu Jember sudah dikenal dengan wisata religinya. Namun semakin lama semakin terkikis. Salah satu ikon religi yang dimiliki oleh Jember adalah Masjid Roudhotul Muchlisin dan Masjid Muhammad Cheng Hoo. 2 ikonik wisata religi ini ternyata masih memiliki daya tarik. Pada setiap harinya selalu ramai dengan pengunjung. Mari bahas 2 Destinasi wisata religi yang selalu bikin Jember makin rame ini.
Masjid Roudhotul Muchlisin Jember
Foto: Instagram @dedysukamto

Masjid Roudhotul Muchlisin berada di kecamatan Kaliwates. Deket banget dari pusat kota. Baru diresmikan tahun lalu lho. Dan sudah menjadi ikonik wisata religi di Jember. Keren kan? Apa yang bikin menarik perhatian pengunjung? Pastinya bentuk bangunan yang lain daripada yang lain. Futuristik euy, desainnya mirip kayak masjid-masjid yang ada di Timur tengah. Apalagi pilarnya tuh, dihiasi ornamen keren, jadi kayak istana gitu deh. Warnanya pun dominan warna kuning emas dan jingga, makin kayak istana deh. Tempatnya yang berada di pinggir jalan raya pun juga mendukung. Jadi setiap lewat bawaannya pengen mampir terus. 

Bila saat tiba waktunya sholat, masjid yang Roudhotul Muchlisin tak pernah sepi. Mobil maupun motor pun memenuhi lahan parkir yang ada. Padahal lahan parkirnya luas, itu pun full. Bahkan pernah ketika sholat Jum'at, mobil-mobil sampai parkir di pinggir jalan. Saking ramainya tuh. Pihak Masjid pun juga bekerja sama dengan Satlantas untuk hal parkir kalau sudah sampai parkir di pinggir jalan.

Untuk pengunjungnya, bukan hanya dari wisatawan lokal lho. Sering terlihat wisatawan mancanegara juga mengunjungi masjid ini. Kadang pihak Masjid memberikan bimbingan tuh sama bule yang berkunjung berkaitan dengan busana yang dikenakan. Keren gak tuh. Masih di resmikan tahun 2017 dan sudah menarik wisatawan mancanegara. Memang sih gak sedikit tuh yang datang ke Masjid Roudhotul Muchlisin hanya untuk hunting. Karena memang bentuk dan ornamennya bagus banget. 

Untuk ikonik wisata religi yang kedua yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini identik banget dengan arsitektur bertema klenteng. Oh iya tempat Masjid Muhammad Cheng Hoo ini berada di Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates. Gak jauh kok dari Masjid Roudhotul Muchlisin. 
Keren Banget Kan Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember
Foto: Instagram @ansoetomo

Kenapa bisa ikonik sih? Nah itu karena kalau dari jalan raya yang terlihat hanya pagodanya saja. Jadi dikiranya itu kelenteng. Kalau wisatawan yang belum pernah tau pasti menganggap Masjid Muhammad Cheng Hoo adalah klenteng. Tapi kalau melihat dari dekat akan tampak ukiran dan lukisan kaligrafi. Unik banget kan. Bangunan masjid Cheng Hoo bukan hanya ada di Jember lho. Di Surabaya, Palembang, dan Pandaan Pasuruan juga ada. Nah kalau pengen ngerasain suasana lagi ada di Cina, gak perlu jauh-jauh tuh ke Semarang, apalagi ke Cina, hehe. Cukup ke Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember aja. 
Cakep Buat Hunting Kan?
Foto: Instagram @febeeayulestari

Selain digunakan untuk kegiatan ibadah, Masjid Muhammad Cheng Hoo juga bagus banget tuh buat hunting. Gak jarang lho wisatawan datang jauh-jauh cuma untuk mengambil foto. Kalau gak percaya coba cari deh di #masjidchenghojember atau langsung ketik lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember, pasti yang nampak foto-foto para punggawa Instagram Hits dengan foto yang ciamik. Gak nyesel deh hunting di Masjid Muhammad Cheng Hoo ini. 

Mungkin itu aja sih yang artikel  tentang destinasi wisata Jember, khususnya wisata religi. Buat para wisatawan, kuy lah bikin Jember makin rame. Kalau lagi berkunjung ke Jember gak mampir ke Masjid Roudhotul Muchlisin dan Masjid Muhammad Cheng Hoo gak lengkap tuh rasanya. Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselengarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2. 
Poster Lomba Blog Destinasi Wisata Jember #2
Foto: www.bloggerjembersueger.com

2 komentar

  1. Pernah ke Masjid Raudhatul Muchlisin, kerenn banget emang ornamen2nya. Masjid Muhammad Cheng Hoo ini lokasinya yg dibelakang transmart itu bukan?

    BalasHapus