√ Gili Ketapang Probolinggo: Traveling Bareng Siswa MAN Lumajang - alamatbima

Gili Ketapang Probolinggo: Traveling Bareng Siswa MAN Lumajang

Gili Ketapang Probolinggo: Traveling Bareng Siswa MAN Lumajang

Gili Ketapang Shoot On Camera
Foto: Dok Pribadi



Halo apa kabar semua? Pastinya baik-baik saja kan. Kembali lagi bersamaku melankolis muda hehe. Rasanya udah lama banget nih gak nulis. Pantes tangan rasanya kok gatel. Yups, kali ini aku akan sedikit bercerita tentang trip terakhir bersama para siswa Madrasah Aliyah Negeri Lumajang (MAN Lumajang). Kemana sih trip kali ini? Seru gak sih? Nah pada penasaran kan, yuk simak dan baca terus.

Berawal dari ajakan salah satu siswa yang sudah duduk selama hampir 3 tahun di MAN Lumajang untuk main. Aku menyanggupi meskipun tak tau mau kemana sebenarnya, harap maklum diajaknya mendadak, yang penting bilang “he.em, oke”. Akhirnya pagi buta berangkat dengan mata sedikit ngantuk. Yang penting mah senjata sudah dalam daypack. Kalau yang belum tau, senjata utamaku yakni dompet, hp, powerbank, dan kamera. Itu aja udah cukup kok.

Trip kali ini terbilang seru men. Gimana gak? Orang kita naik motor cuy, tepat hari Minggu 18 Februari 2018 kemarin. Oh iya jadi lupa tujuan tripnya kemana coba. Tujuan trip bersama siswa MAN Lumajang kali ini adalah Gili Ketapang yang letaknya di Kabupaten Probolinggo. Gili Ketapang sendiri adalah pulau kecil yang saat ini menjadi tujuan destinasi favorit masyarakat Jawa Timur. Jadi harus naik perahu untuk nyebrang gitu. Sorry nih sebelumnya, karena selama perjalanan berangkat tak sempat mengambil gambar. Maklum cuy, mata masih sepet, pedes, bawaannya pengen merem mulu gara-gara berangkat pagi buta banget.

Singkat aja dah, sampainya di pelabuhan untuk menyebrang ke pulau Gili Ketapang. Untuk harga menyebrang sih menurut warga lokal bervariasi. Tergantung dah maunya yang gimana. Ada yang komplit sama makannya, sama potretnya, aduh pokoknya macem-macem lah. Jasa Guide juga banyak kok. Mungkin next trip bisa ku jabaran secara jelas banget. Atau bisa buka jasa guide ke Gili Ketapang di IG atau sosmed yang lain hehehe. Yang pasti kemarin tuh aku dan para siswa MAN Lumajang cuma bayar untuk perahu pulang dan pergi. 1 orangnya 40 ribu kalau gak salah.

Situasi dalam perahu sebelum berangkat, muka-muka para siswa MAN Lumajang hanya terlihat 3 kondisi. Pertama keliatan dah kayak ada yang seikit ketakutan, ada yang berani (ini mungkin udah pernah naik perahu), dan ada yang bingung. Hehe sekali lagi sorry nih gak sempet ambil gambar lagi. Sedang menikmati suasana diatas perahu, dimana yang pada takut akhirnya jadi terbiasa dan riang seperti yang lain. Sama persis ketika aku trip ke pulau seribu “jadi flashback kan”.
Situasi Pulau Gili Ketapang
Foto: Dok Pribadi

Perjalanan menggunakan perahu terbilang tak lama sih. Kira-kira 30 menit udah sampai tuh dari pelabuhan Probolinggo ke Gili Ketapang. Mana perahunya pelan lagi gak kebut-kebutan kayak waktu ke pulau seribu “aduh flashback lagi”. Sesampainya di pulau kecil bernama Gili Ketapang ini, langsung cuy disambut dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Rame banget dah. Gak salah memang kalau Gili Ketapang menjadi salah satu objek wisata favorit, orang yang dateng memang beneran banyak hehe.
Para Siswa MAN Lumajang
Foto: Dok Pribadi

Setelah sampai, kirain kan langsung mau keliling gitu yak, ternyata dugaanku salah. Kita langsung isi perut dulu buat amunisi biar kuat selama trip pas di pulau Gili Ketapang. Setelah makan inilah baru tuh keliling pulau Gili Ketapang dimulai. Kamera udah on fire, amunisi sudah terisi, kurang apa lagi coba? Kan tinggal kelilingnya doang. Setelah menemukan spot untuk foto, langsung dah para siswa MAN Lumajang mengambil posisi terbaik hehe, biar fotonya keren kece badai cuy haha.
Salah Satu Spot Foto Di Gili Ketapang
Foto: Dok Pribadi

Memang aku akui, dengan pasir pantai yang berwarna putih bersih terlihat indah dan membawa ketenangan dalam jiwa saat memandangnya “asek haha”. Cuaca yang panas tanpa setitik mendung juga sangat mendukung tripku bersama para siswa MAN Lumajang kali ini. bener-bener gak nyesel. Spot fotonya yang begitu banyak, terbilang ada yang antimainstream. Bagus banget dah. Ada juga salah satu spot yang berasa berada di Maldives. Buat kalian yang pengen snorkeling, yang nyelam-nyelam gitu, bisa juga dio Gili Ketapang ini. Begh pokoknya lengkap bahagia dah selama kalau trip ke Gili Ketapang mah.
Nyantai Asik Di Gili Ketapang
Foto: Dok Pribadi

Sebelum pulang, aku menyempatkan diri untuk berkeliling tanpa temen-temen dari siswa MAN Lumajang. Nah kalau waktu sih, aku memang secara khusus pengen jalan tanpa melakukan hal lain kecuali memotret. Namun sayang, setelah berjalan terpisah agak lama, ada beberapa siswa yang kebetulan bertemu denganku. Kerennya mereka bawa tempat buat ayunan, ah entahlah apa itu namanya haha. Seriusan gak tau aku, yang penting buat ayuanan. Dan pada akhirnya, jadi spot foto deh, dan mereka juga ikutan hehe.
Lapangan Voli Pantai Pulau Gili Ketapang
Foto: Dok Pribadi

Setelah puas berkeliling, aku mencoba untuk bergabung kembali dengan para rombongan. Dan ternyata sedang ada yang main voli pantai. Cocok banget kan, fasilitasnya memadai banget untuk berlibur. Berada di sekitar lapangan voli pantai hingga mentari terasa tak begitu menyengat. Menandakan aku dan para siswa MAN Lumajang harus bergegas untuk pulang. Yah, meskipun terasa belum puas karena masih tak mendapatkan foto sunset, apa boleh buat. Memang sudah waktunya. Apalagi keesokan harinya aku harus berada di meja kantor, sedangkan para siswa harus berada di meja masing-masing untuk menimba ilmu. Maklum sudah kelas 3 jadi harus rajin banget belajar buat Ujian Nasional.

Asal Potret
Foto: Dok Pribadi


Trip bersama siswa MAN Lumajang kali ini begitu mengesankan. Dapat teman baru juga, maklum awalnya mah aku gak kenal sama mereka, diem-dieman mulu waktu berangkat. Beda sama waktu pulang dah, akrab banget. Buat kalian siswa IPS 3 MAN Lumajang, sukses dah buat ujiannya. Yang mau kerja semoga dapat kerja, yang mau kuliah semoga diterima di perguruan tinggi yang diinginkan, dan yang mau nikah jangan lupa undangannya hehe.

Tempat Sampah Di Salah Satu Sudut Spot Gili Ketapang
Foto: Dok Pribadi


Oh iya pesan buat pengelola Gili Ketapang. Mohon ditambah fasilitas tempat sampah, yah biar makin bersih gitu. Karena kemarin di beberapa spot aku masih menemukan tumpukan sampah dan memang tidak ada tempat sampah. Dan juga mohon ditambah lagi fasilitas lain yang makin mendukung untuk hiburan dan liburan di Gilli Ketapang, biar makin hits dan ramai pengunjung. Kemudian himbauan bagi pengunjung sih, yuk jaga alam kita. Itu aja sih tulisanku kali ini. Tak begitu terperinci sih, tapi semoga menghibur dan bermanfaat. 

Kalau mau lihat hasil potretan yang keren-keren bisa lihat di Instagram @bimawidjanata dah. Dijamin keren pokoknya. Kalau bisa follow aja hehe.

Bima Widjanata Suwaji


Kegokilan Siswi MAN Lumajang
Foto: Dok Pribadi


Kegokilan Siswa MAN Lumajang
Foto: Dok Pribadi




2 komentar

  1. Ada rincian biayanya ga gak kalo mau kesana? seru kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget kak
      Tapi kalau biaya estimasi kurang lebih per orang 200 ribu sih.

      Hapus