Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Rabu, 24 Januari 2018

Ranu Bedali: Destinasi Wisata Trending Kabupaten Lumajang

Pemandangan Indah Ranu Bedali
Foto : Dok Pribadi

Halo kembali bersamaku melankolis muda hehe. Udah lama nih kayaknya tak memunculkan tulisan. Sebagai pembuka untuk tahun 2018, aku akan memberikan informasi tentang wisata yang lagi trend banget di Kabupaten Lumajang. Tempat wisata apasih sebenarnya? Kok bisa jadi trend sih? Penasaran kan? Baca terus yuk.

Ada yang tau istilah Ranu? Ranu memiliki persamaan arti dengan danau atau kolam. Biasanya orang Jawa bagian timur lebih sering menyebutkan nama ranu daripada danau. Nah untuk tempat wisata yang lagi trend sendiri berhubungan nih dengan kata Ranu, yakni Ranu Bedali. Ranu Bedali, merupakan salah satu kawasan wisata yang berada di kawasan utara kabupaten Lumajang. Kurang lebih 18 KM lah dari pusat kota, Cuma 40 Menit kok naik mobil. Nah Ranu Bedali sendiri masih berada di Kecamatan Ranuyoso, sekitar Gunung Lemongan. Sebenarnya ada 3 Ranu sih yang berdekatan dengan Gunung Lemongan, salah satunya ya Ranu Bedali ini.

Saat pertama kali datang (dulunya sih belum terlalu dirawat gitu), sudah disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Yah hampir sama lah dengan melihat Danau yang lain, liat air haha. Tapi yang bikin terasa lebih wah yakni kita bisa melihat danau dari ketinggian. Berasa di Ranu Kumbolo lah, sebelas duabelas. Bedanya mah cuma di Ranu Bedali tak bisa melihat sunrise dan gak dingin di Ranu Kumbolo.

Sekarang, di Ranu Bedali sudah dilakukan pembangunan disana sini. Itu dia yang membuat obyek wisata ini menjadi trend, istilah jaman sekarang mah hits. Untuk akses menuju Ranu sih sudah sebagian yang dibangun. Jadi enak deh kalau mau jalan. Tapi ya gitu, harus usaha membakar dulu hehe. Apalagi kalau naiknya, terasa mah terasa itu betis saat jalan, nanjak bray. Kalau masalah view memang tidak diragukan lagi. Luar biasa bagus.


Ada beberapa spot untuk foto-foto. Di dekat parkiran disediakan foto boot, dan apabila lebih ke bawah lagi (kalau mau jalan) akan mendapatkan spot untuk foto lebih bagus lagi. Nah kebetulan aku gak mengambil foto nih yang didekat parkira. Tapi saat di bawah, aku mendaptkan spot yang menurutku menarik. Berasa kayak bukan di Lumajang deh kalau foto di spot yang kupilih. Dan kebetulan lagi (Duh perasaan banyak bange dah kebetulannya hehe)aku bertemu dengan kawan yang rumanya tak jauh dari Ranu Bedali. Jadi dia sudah yang kujadikan model untuk foto hehe.
Akses Pejalan Kaki Menuju Ranu
Foto : Dok Pribadi

Nih Temen Yang Jadi Model Hehe
Foto : Dok Pribadi

Banyak banget anak hits kekinian yang mengunjungi Ranu Bedali. Bukan hanya untuk berfoto ria, tapi juga untuk menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Oh iya, untuk kalian yang tak membawa bekal dan air minum. Jangan khawatir, di kawasan Ranu bedali banyak kok yang jualan. Tapi ingat, sebagai pengunjung jangan sampai meninggalkan jejak kecuali kenangan hehe (ini mah himbauan biar gak buang sampah sembarangan). Karena memang tak banyak tempat sampah yang disediakan oleh pengelola.

Wisata Ranu Bedali
Foto : Dok Pribadi

Yuk kunjungi Ranu Bedali. Lestarikan alam sekitar, khususnya kawasan alam Lumajang. Ikut membranding kawasan wisata di seluruh kawasan Kabupaten Lumajang. Itu saja dariku sang melankolis muda, Semoga bermanfaat.
Bima Widjanata Suwaji


1 komentar:

  1. bagus tempatnya jadi pengen ke Ranu Bedali....

    BalasHapus

About