Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Selasa, 22 Agustus 2017

Media Sosial Apa Yang Cocok Buat Kamu?

Media Sosial
Foto : berita.tribratanewslangkat.com

Halo, kembali lagi bersama sang melankolis muda hehe. Seperti biasa, aku akan berbagi kembali. Kali ini hal yang terbilang cukup banyak dikenal yang akan aku bagikan dalam bentuk informasi. Karena kemarin aku dapat hadir dalam acara #BrilioCorner yang bekerjasama dengan komunitas ISB, dan salah satu pembahasannya adalah media sosial. Tak asing kan dengan yang namanya media sosial? Yuk simak terus.

Media sosial, adalah media online dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, maupun forum. Media sosial sendiri saat ini adalah teman bagi khalayak umum untuk saat ini. Banyak orang menganggap media sosial malah sebagai sahabat. Pagi-pagi baru bangun yang pertama dicari adalah handphone. Ketika sebelum mandi mainan handphone. Setelah mandi dan ganti baju main handphone lagi. Sembari berangkat ke tempat kerja ataupun sekolah, main handphone lagi. Istirahat, tentunya tak lepas dari handphone. Ketika pulang kerja atau sekolah pun, juga tak lepas dari yang namanya handphone. Pegang handphone sih bukan hanya sekedar dipegang, tapi untuk buka media sosial. 

Media sosial, dimana saat ini remaja, orang dewasa, orang tua, bahkan anak-anak pun sudah mengenal apa itu media sosial. Mengapa demikian? Itu disebabkan oleh beberapa asumsi, di media sosial kita bisa berkreasi seluas-luasnya. Mau nonton video bisa, mau telepon plus tatap muka bisa, dengerin musik atau radio bisa, nonton film bisa juga, mau curhat pun juga bisa. Hak ini juga merupakan salah satu penyebab mengapa media sosial begitu dimengerti oleh semua kalangan. Memang kita mendapatkan sebuah hal yang terbilang seru, asik, dan menghibur. Ini sih merupakan hal positif, namun siapa sangka bila hal negatif juga hadir menghantui dibalik itu semua. 

Yang aku bahas kali ini adalah media sosial sebagai tempat untuk berbagi dan mendapatkan informasi. Sebenarnya bisa gak sih dari media sosial kita mendapatkan sebuah informasi, hiburan, plus materi? Bisa, pakai banget. Nah tinggal bagaimana kita mengolah saja. Untuk itu aku akan berbagi informasi tentang, "Media Sosial Apa Yang Cocok Buat Kamu?". Seru banget membahas tentang media sosial. Tapi tak semua yang akan ku bahas, hanya media sosial yang banyak dipakai masyarakat aja. Simak terus yuk.

Facebook
Foto : Facebook @bima.ws.7

  • Facebook. Merupakan media sosial yang banyak dipakai oleh masyarakat. Facebook ini cocok banget buat kalian yang gak suka ribet. Karena dalam Facebook ada semuanya. Mau buat cerita bisa. Mau posting foto bisa juga. Ditambah dengan fitur baru bisa siaran langsung. Target pasar buat Facebook ini luas, karena semua kalangan pakai Facebook. Media sosial yang universal deh. Nah kalian bisa memanfaatkan keunggulan dari Facebook ini. Apakah kamu tipe yang cocok pakai Facebook?

  • Instagram
    Foto : Instagram @bimawidjanata

  • Instagram. Merupakan salah satu media sosial yang juga memiliki rangking tinggi kalau masalah pengguna. Begh apalagi anak muda zaman sekarang, tak lepas nih dari yang namanya Instagram. Cocok buat kalian yang suka fotografi dan video. Yah meskipun video hanya sebatas 1 menit dan instastory aja. Namun Instagram juga memiliki fitur siaran langsung. Nah kalau ingin memiliki branding yang baik, Instagram lah tempatnya. Kalau aku sih bener-bener sering buka instagram. Apakah kamu tipe yang cocok pakai Instagram?

  • Twitter
    Foto : Twitter @bimawidjanata2

  • Twitter. Kalau media sosial yang satu ini merupakan media sosial yang digemari oleh para kaula muda. Pengguna Twitter sendiri berada dikisaran umur 15-34 tahun. Nah jenis konten di Twitter ini konsisten, update banget. Cocok buat kalian yang suka mengirim link atau jenis konten yang tak panjang namun pada. Apakah kamu tipe yang cocok pakai Twitter?

  • Kalian harus benar-benar memastikan dan memilih media sosial yang pas. Karena bila tidak, maka imbasnya di kemudian hari pasti akan menimbulkan efek karena ketidakcocokan. Karena bila media sosial yang dipilih cocok, maka kita akan mudah banget mengembangkan diri, mendapatkan materi dari media sosial yang dipakai. Memang ada kategori orang cocok dan bisa menggunakan semua media sosial. Namun alangkah baiknya kita harus memfokuskan pada satu media sosial untuk melakukan branding.

    "Bagaimana setelah menggunakan media sosial?"
    Untuk Menganalisis Klik Sesuai Petunjuk Anak Panah
    Foto : Instagram @bimawidjanata
    Nah pertanyaannya ini sering banget muncul. Memang kadang kita tak mendapatkan Engagement tinggi ketika melakukan postingan. Jangan khawatir, kita hanya harus melakukan analisis. Di Facebook, Instagram, dan Twitter semuanya ada. Yang pertama kali dilihat adalah seberapa besar waktu postingan berpengaruh terhadap Engagement. Dapat dilihat, jam berapa saja para follower aktif, ini sih cuma di Instagram dan Facebook. Untuk Instagram, harus mode bisnis dulu yak. Kalau Twitter harus lebih sering mencoba. Soalnya aku sih lebih sering pakai Instagram dan Facebook, hehe jadi kurang lebihnya sedikit lebih paham lah. Dan satu lagi, bila ingin mendapatkan sebuah hasil dari penggunaan media sosial, kita juga harus konsisten. Jangan labil. Serta jangan selalu memakai bahasa yang baku, lihatlah situasi dan kondisi.

    Oke mungkin itu aja sih dari aku. Yah memang penggunaan media sosial saat ini bukanlah hal yang langka, umum banget malahan. Namun kita juga harus melihat peluang dari hal itu. Bila ada pertanyaan, silahkan langsung saja tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

    Bima Widjanata Suwaji

    13 komentar:

    1. Wah aku pakai twitter, instagram dan facebook. hehhehee

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe berarti kakak jago nih dalam menggunakan media sosial

        Hapus
    2. Setuju Bim Konsisten kuncinya & kenali jenis media sosialnya ya...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe kalau kita kurang konsisten maka kita juga tak akan pernah tau peluang untuk diri sendiri kak

        Hapus
    3. aku lebih suka twitter
      simple, gak banyak orang dekat tahu, dan bisa nyepam banyak, hehe
      tapi yg paling penting menurutku twitter itu paling update dibanding yang lain

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya bener mas update banget kalau di Twitter. Saya juga lebih sering pakai Twitter kok.

        Hapus
    4. Aku pakai semua akun sosmed yang disebutkan di atas :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Haha saya juga pakai semua sih kak, tapi lebih intensif ke Twitter

        Hapus
    5. aq pakainya cukup facebook aja.

      BalasHapus

    About