Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Sabtu, 29 Juli 2017

Cara Memilih Kaca Film Untuk Mobil: V-KOOL Adalah Pilihan Terbaik, Ayo Buktikan!

V-KOOL Adalah Pilihan Terbaik Untuk Kaca Film Mobil
Foto : Dok Pribadi


Halo, kembali bersama sang melankolis muda hehe. Kali ini aku akan berbagi informasi tentang cara memilih kaca film untuk mobil. Pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kaca mobil. Memang sudah banyak yang memakai, tapi belum mengetahui secara detail dan baik bagaimana cara memilih kaca film untuk mobil. Untuk mengetahui lebih lengkap baca terus yuk.

Sejatinya kaca film merupakan lapisan tipis yang ditempelkan di kaca mobil yang berguna untuk melindungi pengemudi dari sengatan sinar matahari. Alasan pasang kaca film sih beranekaragam untuk saat ini. Tapi pada inti sebenarnya adalah untuk alasan kenyamanan, menolak panas matahari masuk ke kabin kendaraan agar lebih sejuk berada dalam kendaraan. Perlu diketahui juga bahwa selain untuk kenyamanan, dipasangnya kaca film juga berfungsi sebagai privasi, ini agar tidak mudah terlihat dari luar. Kemudian juga untuk menghindari sinar UV masuk, dan juga agar terlindungi dari bahaya pecahan kaca saat kecelakaan.

V-KOOL Indonesia, Produsen Kaca Film Berstandar Internasional
Foto : Dok Pribadi

Salah satu perusahaan yang telah lama bergerak di bidang kaca film adalah V-KOOL. V-KOOL sendiri adalah super premium brand internasional yang mempunyai cabang lebih di 28 negara dan 600 outlet di seluruh dunia. Nah di Indonesia sendiri juga merupakan tempat V-KOOL memasarkan produknya. Jadi jangan khawatir bila ingin membeli kaca film berkualitas tinggi dan berstandar internasional. V-KOOL Indonesia terus melakukan pendistribusian dan telah dipercaya oleh para konsumen Indonesia. Bukan hanya itu saat ini V-KOOL Indonesia juga tengah bekerjasama dengan beberapa showroom mobil dalam penggunaan kaca film sebelum mobil dipasarkan.

Pada satu kesempatan aku dapat menghadiri acara dari V-KOOL Indonesia yang bekerjasama dengan Mobil123.com. Oh iya Mobil123.com adalah suatu portal otomotif no 1 di Indonesia. Bisa juga lho kita beli mobil bekas atau baru tanpa repot-repot kesana-kemari. Langsung kunjungi aja pilih-pilih deh sesuai keinginan.

Merupakan hal yang sangat luar biasa bagiku bisa hadir. Saat itu aku bisa melihat secara langsung bagaimana kualitas dari kaca film V-KOOL. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata mengenai kualitas dari kaca film V-KOOL. Tapi yang pasti saya juga turut merasakan bagaimana kaca film V-KOOL bekerja menolak panas.

Bukan hanya melihat dan merasakan kualitas dari kaca film V-KOOL. Aku juga mendapat ilmu baru tentang cara memilih kaca film yang benar untuk mobil. Nah maka dari itu aku akan berbagi, berikut merupakan cara memilih kaca film untuk mobil:

Kualitas Produk Kaca Film
Berbicara tentang kualitas, pasti semua orang menginginkan kualitas yang paling bagus. Nah perlu diketahui sebenarnya ada 2 jenis kaca film. Yang pertama jenis absorptance yaitu yang menyerap panas dan yang kedua reflectance yang menolak panas. Bila ingin memilih, aku lebih menyarankan agar memilih yang menolak panas. Ini untuk apa? Untuk terus menjaga dalam mobil tetap sejuk dan tidak panas. Nah kaca film V-KOOL sendiri adalah tipe menolak panas. Jadi jangan khawatir.

Layanan Purna Jual Kaca Film
Layanan Purna jual ini berhubungan dengan garansi dan jaringan dealer. Bila garansi yang diberikan pasti dan jaringan dealernya jelas maka itulah produk yang harusnya dipilih. Nah untuk kaca film V-KOOL sendiri memiliki garansi 5 tahun (diluar kendali non teknis) dan jaringan dealer juga menyebar di Indonesia

Teknisi Yang Terampil dan Berpengalaman
Harus dipastikan brand kaca film yang akan dipilih harus mempunyai teknisi profesional yang ahli dalam memasang kaca film. Jangan sampai meskipun kita sudah memilih kaca film berkualitas tapi teknisi yang memasang belum berpengalaman sehingga pemasangannya tidak bagus.

Cek Spesifikasi Di Website Resmi
Bila ingin menggunakan kaca film, maka terus lakukan pengecekan spesifikasi kaca film dari situs resmi brand yang akan dipilih. Selalu lihat apakah kaca film tersebut masuk kategori menolak atau menyerap sinar. Kaca film yang baik mampu menolak sinatlr infra red dan sinar ultraviolet lebih dari 90%. Nah untuk pemilihan kaca depan harus yang bisa menolak panas paling tinggi dan sekaligus daya penerusan cahaya tampak (VLT) paling tinggi.

Pastikan Produsen Kaca Film Adalah Produsen Internasional
Kita harus memilih produk dari produsen ternama. Dan jika begitu produsen berkelas internasional adalah pilihan yang sangat tepat. Hal ini karena produsen berkelas internasional memenuhi 4 kriteria diatas. 

Nah dari beberapa cara diatas kita bisa melihat kalau V-KOOL Indonesia sendiri telah memenuhi. Dengan kualitas produk yang pasti, memiliki website untuk melihat spesifikasi, garansinya jelas, jaringan dealernya tersebar di kota-kota Indonesia. Mengapa saya menganjurkan untuk memilih kaca film V-KOOL? Dalam acara bersama V-KOOL Indonesia aku juga bisa melihat secara langsung percobaan yang dilakukan. Membandingkan secara jelas bagaimana kualitas produk dari kaca film V-KOOL. Percobaan yang dilakukan diantaranya adalah pemberian sinar halogen 500 Watt secara langsung. Dan hasil percobaannya bisa dilihat sendiri dalam gambar dibawah. Dan untuk percobaan dalam mobil memang merk lain lebih panas rasanya. 

Kondisi Percobaan Dalam Mobil
Foto : Dok Pribadi

Itulah sedikit informasi tentang kaca film. Nah bagi kalian yang punya mobil dan belum pakai kaca film V-KOOL langsung pakai saja tanpa ragu. Dan bagi kalian yang sudah punya mobil tapi menggunakan produk lain, saya menyarankan sih ganti kaca film dari V-KOOL saja. Bila ada pertanyaan langsung tanya di kolom komentar saja. 

Kaca film V-KOOL berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Hasil Percobaan Pemberian Sinar Halogen
Foto : Dok Pribadi

Pemaparan Hasil Percobaan Pemberian Sinar Halogen
Foto : Dok Pribadi

Read More

Rabu, 19 Juli 2017

Delight Cafe Bistro: Tempat Ngopi Hits Di Kabupaten Lumajang

Tempat Ngopi Hits Di Lumajang
Foto: Dok Pribadi


Halo, kembali bersama sang melankolis muda yang sukanya jalan-jalan hehe. Kali ini ada pengalaman menarik nih saat mengunjungi salah satu cafe yang ada di kabupaten Lumajang. Katanya anak-anak Remaja di Lumajang sih cafe ini sekarang lagi hits. Penasaran dengan tempatnya? Baca terus yuk.

Situasi Dan Kondisi Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Nama cafe yang kali ini aku kunjungi adalah Delight Cafe Bistro. Dari namanya aja udah kelihatan keren kan. Yaps, bener banget. Tempat ini memang bener keren. Konsep dari cafe ini sebenarnya bukan hanya cocok untuk kaula muda saja, tapi juga untuk keluarga. Jangan dianggap karena namanya kekinian tapi hanya cocok buat anak muda aja hehe.

Alamat Delight Cafe Bistro sendiri berada di jalan Gadingsari Lumajang. Kalau gak tau jalan Gadingsari cukup berpatokan ke SMAN 2 Lumajang, tempatnya deket sama SMA ini. Delight Cafe Bistro mudah kok ditemukan. Di Google Map juga udah ada. Untuknya sendiri setahuku sih sampai jam 10 malam. Jadi jangan khawatir tak sempat kesini dengan alasan udah tutup karena tutupnya sendiri terbilang malam kalau di Lumajang.

Salah Beberapa Pilihan Menu Di Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Nah sekarang membahas menu makanan dan minumannya. Siapa bilang cafe hanya menyediakan makanan kecil dan kopi doang. Di Delight Cafe Bistro juga menyediakan menu lengkap lho. Ada makanan kecil, makanan berat, berbagai macam kopi, minuman dingin, serta desert atau makanan penutup. Makanya ku bilang Delight Cafe Bistro bukan cuma cocok untuk kaula muda, buat keluarga juga cocok banget. Kalau harga mah jangan ditanya. Menurut pribadi sih pas banget di kantong. Baik pelajar, mahasiswa, dan karyawan mah pas hehe.

Cappucino Dan Roti Bakar Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Bicara tentang menu. Aku sangat menyukai hot Cappucino dan roti bakarnya. Begh rasanya enak banget. Gak kalah dengan cafe yang ada di Jakarta. Sebelas dua belas deh dengan rasa cafe yang pernah ku coba di Jakarta. Karena aku membicarakan tentang cappucino dan roti bakar Delight Cafe Bistro. Aku sendiri penikmat kopi. Kemana-mana cari kopi. Jadi sedikit mengerti lah dengan kopi. Di Delight Cafe Bistro mungkin menjadi salah satu kopi enak yang pernah aku rasakan. Pencampuran antara espresso, steamed milk, dan milk foamnya pas banget. Dan juga ini yang penting, disediakan gula sendiri. Jadi kita bisa menakar gula sendiri sesuai dengan keinginan.

Dinding Keren Untuk Hunting Di Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Bagi para remaja, yang ingin berfoto-foto ria mah cocok di Delight Cafe Bistro. Disini mah tersedia juga tempat untuk hunting. Beberapa gambar dan tulisan keren menghiasi dinding Delight Cafe Bistro. Bukan hanya itu, untuk keluarga yang membawa si buah hati. Disini juga disediakan tempat bermain kecil seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Jadi gak khawatir lagi kan si buah hati gak betah kalau ke Delight Cafe Bistro.

Itulah sedikit pengalaman di Delight Cafe Bistro. Buat kamu pecinta dan penikmat kopi, Delight Cafe Bistro mungkin jadi salah satu tempat yang pas. Bila ada pertanyaan langsung saja tulis di kolom komentar. Dan bila kurang puas dengan jawabanku nanti langsung ke Delight Cafe Bistro aja hehe. Oh iya untuk lihat-lihat ada kok akun Instagram dari Delight Cafe Bistro. Coba cek DELIGHT Cafe x Bistro.

Delight Cafe Bistro: Tempat Ngopi Hits Di Kabupaten Lumajang

Sang melankolis muda
Bima Widjanata Suwaji


Dinding Keren Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Taman Bermain Kecil Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Jepretan Di Delight Cafe Bistro
Foto: Dok Pribadi

Jepretan Di Delight Cafe Bistro
Foto: Delight Cafe Bistro

Read More

Kawah Ijen Dan Kawah Wurung: Wisata Hits Bondowoso Jawa Timur

Wisata Hits Bondowoso: Kawah Ijen Dan Kawah Wurung Bondowoso
Foto: Dok Pribadi


Hallo semua, kembali bersama sang melankolis muda hehe. Kembali aku akan berbagi sedikit pengalaman. Nah saat ini aku akan berbagi pengalaman saat mengunjungi salah satu destinasi unggulan kabupaten Bondowoso, yakni Kawah Ijen dan Kawah Wurung. Pasti belum tau kan kawah Ijen Dan Kawah Wurung itu bagaimana. Nah kalau ingin baca terus yuk.

Kawah Ijen dan Kawah Wurung merupakan destinasi wisata unggulan yang saat ini tengah hits. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menikmati keindahan alam yang terasaji di Kawah Ijen dan Kawah Wurung. Karena saya pernah mengunjungi Keahlian Ijen tapi masih belum pernah menjejakkan kaki di Kawah Wurung, aku memutuskan untuk pergi. Pada awalnya sih aku hanya berniat untuk mengunjungi Kawah Wurung aja. 


Sebelum berangkat, aku sih kasih pengumuman sama temen-temen hehe. Barangkali aja ada yang mau ikutan. Kan jadi gak sendirian di perjalanan. Dan ternyata dugaanku benar, ada temen yang mau ikut. Dalam hati ngucapin Alhamdulillah banget bisa ada temen selama perjalanan. Kendaraan yang dipilih adalah motor. Selain irit, karena memang hanya itu saja yang saat itu ada hehe. Dari posisi Lumajang saya berangkat jam 3 pagi. Ini untuk mengejar sinar matahari yang pas untuk mengambil gambar saat di Kawah Wurung. 

Selama perjalanan hanya rasa dingin yang dirasakan. Tapi tak sedingin di rumah saat sebelum berangkat. Karena posisi rumah memang berada di pegunungan Semeru. Kemudian tak lupa saat di perjalanan selalu ku buka GPS. Memang posisi Kawah Wurung berada sebelum Kawah Ijen dan satu jalan. Tapi karena sudah beberapa tahun yang lalu aku mengunjungi Kawah Ijen, aku jadi lupa-lupa ingat jalannya. Saat itu aku menggunakan kartu XL. Ternyata jaringannya mendukung banget buat buka GPS, gak lelet. Namanya juga takut nyasar hehe.


Sesampainya di Kota Bondowoso, aku memutuskan istirahat dulu. Namanya juga manusia kan pasti butuh istirahat biar gak kecapekan. Ku buka saja sosial media yang ku punya dan streaming sebentar. Begh kenceng banget. Memang sih terbukti sinyal XL bagus dan jangkauannya luas. Setelah tempat istirahat aku sih udah hafal jalan menuju ke Kawah Ijen. Jadi langsung tancap gas saja hehe. Tinggal ikuti petunjuk jalan yang ada. 

Suguhan Pemandangan Selama Perjalanan
Foto: Dok Pribadi

Selama dari kota Bondowoso, sungguhan pemandangan sudah diberikan. Lingkungan asri dan khas Bondowoso begitu terasa. Apalagi saat jalan sudah mulai menanjak, pemandangan khas hutan jadi makin terasa. Hawa pun semakin dingin. Saat itu sih sudah pakai jaket, tapi dinginnya masih menusuk. Tapi jangan khawatir, jalannya bagus kok. Sesaat sebelum sampai salah satu teman memberikan pernyataan keinginan untuk mengunjungi Kawah Ijen juga. Langsung saja aku turuti. Padahal awalnya aku hanya ingin mengunjungi Kawah Wurung aja, tapi seketika bertambah ke Kawah Ijen juga. Karena memang tak terlalu jauh dari Kawah Wurung, akhirnya sampai juga di Kawah Ijen.

Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen
Foto: Dok Pribadi

Saat sampai langsung aja aku ke tempat tiket. Oh iya tiketnya murah lho. Satu orangnya Rp 5000,- dan parkir motor juga sama. Tapi untuk parkir mobil aku tak paham karena saat itu tak mengendarai mobil hehe. Jalan menuju puncak dari tempat parkir mah nanjak terus. Saran sih kalau punya penyakit asma jangan coba-coba jalan. Tapi coba aja naik ojek yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Jadi ringan deh tak perlu jalan hehe. Tapi saat itu aku dan temanku jalan aja. Kuat juga, kan mantan anak organisasi Pramuka. Oh iya kekurangan selama perjalanan menuju puncak yakni kurangnya tempat sampah. Ada pun kondisinya sudah tak layak  lagi. Begitu berantakan sampah selama perjalanan. Memang butuh pengertian dan perhatian bagi para pengunjung. Mungkin dengan menempatkan tulisan ajakan untuk membuang sampah di tempatnya bisa menyadarkan pengunjung. Karena tak semua pengunjung mengerti dan mau untuk menyimpan sampah yang dibawa sampai menemukan tempat sampah. (Bukti gambar dibawah)

Pemandangan Kawah Ijen Dari Puncak
Foto: Dok Pribadi

Singkat saja, kurang lebih satu jam perjalanan dari tempat parkir ke puncak. Ketika sampai di atas pasti akan merasakan sensasi luar biasa. Pemandangan alam yang terasaji di depan mata begitu indah. Kawah Ijen, tak salah memang temanku mengajak ke tempat ini. Meskipun sudah pernah aku sampai di puncak ini, tapi begitu bagus dan memanjakan mata huft. Sajian Kawah berwarna biru kehijauan. Hamparan pegunungan juga tak lupa menyapa. Seakan begitu ramah. Setelah jepret-jepret beberapa kali bahkan banyak kali. Semuanya turun karena harus melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata selanjutnya, Kawah Wurung. Kami turun menuju tempat parkir untuk mengambil motor.

Pemandangan Puncak Kawah Wurung
Foto: Dok Pribadi

Sebenarnya tinggal turun saja sih melewati jalan yang sama. Kemudian tinggal ikuti petunjuk jalan yang ada. Jalannya pun bagus kok. Cuma kurang bagus saat sebelum sampai di Kawah Wurung. Oh iya tiket di Kawah Wurung sama murahnya kok. Malah lebih murah. 2 motor 3 orang hanya Rp 19.000,-. Itu mah murah menurutku, karena terbayar lunas bahkan lebih ketika sampai di puncak Kawah Wurung. Sama-sama luar biasa. Dengan pemandangan hijau tersaji. Menghadap ke depan terasaji kawah dan menghadap ke belakang tersaji deretan pegunungan. Sangat luar biasa. Kekurangan yang sama di Kawah Wurung seperti di Kawah Ijen, kurangnya tempat sampah. Mungkin ini sepele sih, tapi penting. Kalau tempat wisata penuh dengan sampah kan jadi tak indah lagi. 

Puas berada diatas Kawah Wurung. Semuanya mengajak untuk pulang. Aku pun punya pemikiran yang sama, pulang. Perjalanan dari Kawah Wurung ke rumah juga lumayan menguras tenaga lho. Sekitar jam 4 sore aku memulai perjalanan untuk pulang. Dan sampai di rumah jam 8 malam. Harap maklum pulangnya kebanyakan mampir untuk ngopi hehe.

Itulah sedikit pengalaman dari sang melankolis muda. Mungkin ingin bertanya-tanya langsung saja tulis di kolom komentar. Tak usah ragu dan malu, insyaallah dibalas kok. Dan bila ingin diantar ke Kawah Ijen dan Kawah Wurung, insyaallah aku juga siap menjadi tour guide kok hehe. Nantikan tulisan selanjutnya. 

Kawah Ijen Dan Kawah Wurung: Wisata Hits Bondowoso Jawa Timur

Melankolis Muda
Bima Widjanata Suwaji

Inilah Kawan Perjalanan Selama Trip
Foto: Dok Pribadi

Pemandangan Selama Perjalanan Menuju Kawah Ijen Dan Kawah Wurung 

Sampah Berserakan Di Sepanjang Perjalan Di Kawah Ijen
Foto: Dok Pribadi

Pemandangan Hijau Di Kawah Wurung
Foto: Dok Pribadi

Pemandangan Di Perjalanan Dari Tempat Parkir Menuju Puncak Kawah Ijen
Foto: Dok Pribadi






Read More

Senin, 10 Juli 2017

Gema Kedai: Tempat Pecinta Dan Penikmat Kopi


Kedai Kopi Dengan Sajian Dan Konsep Yang Menarik
Foto: Dok Pribadi


Hallo kembali lagi bersama sang melankolis muda hehe. Kali ini aku akan cerita lagi nih tentang pengalaman di salah satu kedai kopi. Dan baru pertama kalinya aku mengunjungi kedai kopi ini.

Siapa yang suka ngopi? Begh pasti banyak kan. Jumlahnya tak terhitung deh kalau bicara penikmat kopi. Aku adalah salah satu penikmat kopi yah masih terhitung belum seberapa. Masih banyak belajar dan masih sering menikmati kopi di sana-sini. Nah pengalaman kali ini aku akan berbagi pengalaman saat menikmati kopi di sebuah kedai yang bernama Gema Kedai. Berada di desa Senduro dan sangat dekat dengan Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Pertama kali masuk kedai, aku merasa kedai ini beda dari kedai kopi yang lain. Padahal saat itu aku tak mengerti bagaimana sistem kedai disini. Setelah ku lihat menu kopi yang ada, kaget banget. Banget deh. Mengapa begitu? Kopi yang dijual beda cuy. Ada beberapa kopi disini dari luar pulau Jawa malah. Diantara kopi dari luar Jawa yang dijual adalah kopi Gayo dari Aceh, Bajawa dan Yellow Cattura dari Flores, dan Kopi Toraja Sesean dan Gasing. Menarik kan?

Kopi Lokal Yang Bersanding Dengan Kopi Terkenal Indonesia Dari Luar Jawa
Foto: Dok Pribadi

Bukan hanya menyediakan kopi dari luar Jawa. Gema Kedai juga mengangkat kopi lokal dari pegunungan Semeru. Kopi Pasrujambe, Senduro, dan Sumber Mujur dari Candipuro. Bukan hanya kopi yang membuatku kaget. Cara menyajikan kopinya itu lho juga menarik. Jadi kopi yang ada di takar dalam alat khusus kemudian di blender dan akhirnya di seduh. Sama seperti yang ada di kedai kopi di kota-kota besar. Ada baristanya gitu hehe. Setelah aku berkeliling di Lumajang. Aku baru menemukan kedai kopi yang seperti ini hanya di Gema Kedai. 

Kopi Toraja Gasing Gema Kedai
Foto: Dok Pribadi

Saat ku pesan kopi yang ingin ku nikmati, pilihan jatuh pada kopi Toraja Gasing. Bukan ku tak suka dengan kopi lokal, tapi karena kopi lokal sudah sering ku nikmati. Ku amati secara terperinci bagaimana sang penyaji meracik kopi yang ku pesan. Sehingga tahap demi tahap terlewati hingga kopiku tersaji di atas meja. Aroma dan saat mencoba rasa dari kopi Toraja Gasing, perasaan dan ingatan seperti berada di Makassar, dimana pertama kali ku rasakan kopi Toraja Gasing. Aroma dan rasanya sama persis. Yah bisa dibilang aku bernostalgia dengan kopi Toraja Gasing hehe.

Menggoda Banget Nih Kopi
Foto: Dok Pribadi

Detik demi detik, hingga beberapa menit terlewati. Penyaji kopi menghampiriku. Bercengkrama dan saling mengenal satu sama lain. Dan ternyata dia merupakan sosok yang memiliki darah keturunan Toraja. Dan dia juga salah satu yang mengelola Gema Kedai. Ku lontarkan pertanyaan mengapa dia menyediakan kopi yang berasal dari Luar Jawa dengan disandingkan dengan kopi lokal. Dan apa jawaban yang terlontar darinya. "Saya ingin memberikan nuansa berbeda bagi pecinta kopi yang berdomisili disini, itulah tujuan saya menyajikan kopi yang berasal dari luar Jawa. Dan alasan saya juga menyediakan kopi lokal yang saya sandingkan bersama kopi terkenal dari luar Jawa adalah petani kopi lokal itu sendiri". Jawaban yang membuatku terkejut.

Setelah lama bercengkrama dengan penyaji, kembali ku nikmati kopi yang sudah tersaji. Yah karena aku suka kopi tanpa gula, jadi kopi yang ku tenggak tak manis alias tanpa ngulang sebutir pun. Bagiku sih kopi itu pahit, disitulah lidah ini harus mengartikan rasa kebenaran kopi hehe. Dan satu lagi, suasana dingin di Gema Kedai menjadikan meminum secangkir kopi sangat terasa nikmat. Jadi berasa di cafe-cafe mahal deh. Bedanya mah di Gema Kedai AC alami. Dan ditambah musik yang selalu hidup.

Dari alasan penyaji kopi dan konsep Gema Kedai, ku coba menerka secara luas. Petani adalah sosok vital dalam dunia kopi. Tanpa petani kopi tak akan tersaji di atas meja seperti yang sedang saat ku nikmati saat itu. Dan dari konsep Gema Kedai aku dapat menyimpulkan bahwa mengenalkan kopi itu harus secara totalitas, termasuk mengenalkan kopi murni. Kalau menurut masyarakat sekitar Senduro mah kopi murni itu "kopi sak klumur campuran sak goni". Istilahnya tuh kopi hanya sedikit tapi banyak campurannya seperti jagung. Yah meskipun kopi hitam, tapi sudah tak murni lagi. Serta mengenalkan bagaimana kopi disajikan secara baik untuk pecinta atau penikmat kopi. Karena biasanya kalau ingin menghidangkan kopi ya tinggal memasukkan kopi dalam cangkir dan ditambah air panas. Padahal tidak demikian. Mungkin itu yang ingin Gema Kedai sajikan.

Daftar Menu Dan Harga Kopi Di Gema Kedai
Foto: Dok Pribadi

Bagi kamu pecinta atau penikmat kopi yang berada di daerah Lumajang. Kalian wajib mencoba deh kopi yang disajikan di Gema Kedai. Kalian akan mendapatkan pengalaman berbeda ketika menikmati kopi dan suasananya. Masalah harga mah sangat bersahabat. Harga paling mahal cuma 10 ribu untuk kopi hitamnya. Kalau mau mencoba dengan susu cukup tambah uang 2 ribu saja. Oh iya, Gema Kedai baru buka beberapa hari yang lalu lho. Kuy lah bagi pecinta atau penikmat kopi langsung ke Gema Kedai. Sekali lagi tempatnya dekat dengan Pura Mandara Giri Semeru Agung, tepatnya kurang lebih 75 meter sebelah kiri setelah Pura dari arah Lumajang.


Sang melankolis muda
Bima Widjanata Suwaji

Penimbangan Biji Kopi
Foto: Dok Pribadi


Penuangan Air Panas Dalam Cangkir
Foto: Dok Pribadi


Kondisi Dapur Gema Kedai
Foto: Dok Pribadi



Read More

OMRON: Memberikan Kontribusi Memimpin Modernisasi Industri Indonesia

Salah Satu Penampakan Pabrik Omron
Foto: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlHfQcppQbiI4LAkV-E2qNCmmrAI3eNn85tIKXuRDgXSOo_Hg2cLjQESQL


Halo kembali lagi bersama dengan sang melankolis muda. Kali ini aku akan banyak berbicara tentang industri yang ada di Indonesia. Pasti akan menarik untuk dibahas. Karena memang pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya untuk memajukan dunia industri di Indonesia. Baik itu industri yang masih industri kecil menengah sampai industri besar. Segi industri lah yang sangat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dengan menyerap banyak tenaga kerja.

Bicara tentang industri, aku sering mengunjungi sampai saat ini. Yah baik itu industri kecil dan besar. Nah kebetulan kan aku nantinya setelah lulus dari kuliah mendapatkan mandat untuk membimbing industri kecil menengah untuk pengembangan. Industri kecil menengah di Indonesia hanya beberapa saja yang sudah mengetahui dan mengenal alat bantu otomatis yang diperuntukkan bagi pekerja agar pekerjaan yang dilakukan menjadi terbantu. Kemudian yang lain ya hanya menggunakan alat tradisional untuk menunjang produksi.

Tanggal 13 Juni. Aku pertama kali mengenal OMRON Corporation. "Perusahaan apa sih ini?". Itulah pertanyaan pertamaku saat itu. Setelah beberapa saat baru ku mengerti jawaban atas pertanyaanku sendiri. OMRON Corporation merupakan sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin global dalam bidang otomatisasi industri, yang didasari oleh teknologi sensing and control. Saat ini Omron bukan hanya di Indonesia saja, tapi tak banyak juga di dunia. Terhitung hanya ada 3 saja di dunia termasuk di Indonesia. Yakni berada di Brazil dan Tokyo Jepang.

Omron Manufacturing Indonesia berdiri sejak 1992. Kemudian Omron Elektronic Component berdiri sejak tahun 2000. Untuk PT Omron Elektronic berdiri tahun 2002. Sedangkan PT Omron Healthcare Indonesia berdiri tahun 2012. Serta Omron Automation Center berdiri tahun 2016 lalu. Dilihat dari itu semua Omron Corporation selalu melakukan pengembangan di Indonesia.

Kalau anda semua belum tau produk dari Omron, aku pun demikian. Tapi dalam penuturan saat tanggal 13 Juni kemarin, bahwa masyarakat Indonesia tak banyak yang sadar bila banyak komponen yang telah dihasilkan oleh Omron di sekitar kita. Sekarang Omron sangat-sangat optimis bahwa industri akan membawa kita pada momentum perubahan yang mengarah ke pabrik pintar. Memang sih, harapan Omron dan pemerintah sama, yakni memajukan dunia industri Indonesia agar tidak kalah saing dengan industri negara lain terutama negara-negara di Asia Tenggara.

Omron sendiri memiliki dan mengoperasikan pabrik seluas 20.000 meter persegi di East Jakarta Industrial Park (EJIP) yang berada di Cikarang, Bekasi. Pabrik ini dilengkapi dengan lini produksi semi-otomatis dan otomatis yang memungkinkan perusahaan dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan secara lebih baik. Rencana dari Omron Manufacturing Indonesia (OMI) untuk kedepannya adalah meningkatkan kapasitas produksi hingga 325 juta komponen dan modul serta akan meningkatkan jumlah sumber daya manusia menjadi 3.500 karyawan sampai tahun 2020. Hal ini sungguh akan membantu pemerintah kan dalam mengurangi angka pengangguran.

Situasi Di Omron Corporation
Foto: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQUmw2hMJb1SaW2IbZR-5uvxld4ieai4tVczOmGCXFSs6D4hnzABA

Berbicara tentang perekrutan karyawan. Omron Manufacturing Indonesia juga sangat peduli terhadap para penyandang disabilitas. Diantara banyaknya karyawan yang dimiliki sekarang, Omron Manufacturing Indonesia memiliki 100 lebih karyawan penyandang disabilitas. Mereka memiliki kesempatan yang sama dengan karyawan yang lain dalam bekerja. Para penyandang disabilitas diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum direkrut sebagai karyawan, sehingga kemampuannya menjadi lebih baik dan sehingga menjadi karyawan. Bukan hanya itu, perusahaan juga mengadopsi program gerakan karyawan wanita sehat & produktif demi meningkatkan lingkungan kerja untuk pemberdayaan wanita. 

Karyawan pasti menginginkan sebuah fasilitas yang mumpuni. Beragam fasilitas olahraga dan rekreasi ringan tersedia dalam pabrik. Menurut Omron Manufacturing Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas karyawan dalam bekerja. Tidak mungkin karyawan tidak merasakan kejenuhan dalam bekerja. 

Menceritakan produk dari Omron, salah satunya adalah alat-alat kesehatan. Diantara alat kesehatan yang telah dikenal luas di masyarakat adalah alat pengukur tekanan darah digital, nebulizer, termometer, perangkat untuk fitness seperti timbangan berat badan digital, body compisition (pengukur komposisi tubuh) dan pedometer serta TENS (alat pemijat elektronik). Pasti sadar atau tidak kita pernah menggunakan alat yang telah di produksi oleh Omron Healthcare. Komitmen dari Omron Healthcare adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memproduksi dan menyediakan alat kesehatan. Baik itu alat kesehatan untuk memonitor jantung, terapi, dan pencegahan penyakit yang inovatif dan teruji secara klinis. Itu semua dilandasi karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting, dan sampai saat ini kesempatan untuk sehat di beberapa daerah di Indonesia belumlah merata.

Bidang industri memanglah sangat menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu Omron sangat ingin terus meningkatkan kualitas produk. Hal ini untuk mendukung modernisasi industri di Indonesia. Jika sudah mengadopsi sistem otomatisasi, industri yang ada akan mudah untuk melakukan pengembangan. Pasti yang terlihat adalah meningkatnya kualitas dan kuantitas. Siapa sih yang tidak ingin produksinya meningkatkan sehingga diikuti oleh meningkatnya pendapatan.

Omron Manufacturing Indonesia sangat ingin membantu meningkatkan kualitas industri yang ada di Indonesia. Patut berbangga hati Indonesia memiliki salah satu perusahaan penting dan hanya ada 3 perusahaan saja di dunia. Semoga dengan tumbuh berkembangnya Omron Manufacturing Indonesia sektor industri Indonesia semakin membaik dan dikenal di mata dunia. Karena jika sektor industri meningkatkan hingga menjadi komoditas ekspor, Indonesia juga akan mendapatkan apresiasi dari dunia.

Bima Widjanata Suwaji
Read More

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja