√ 5 Tips Olahraga Selama Bulan Ramadhan: Pelajaran Dan Pengalaman Dalam Bukber Bersama Mayapada Hospital - alamatbima

5 Tips Olahraga Selama Bulan Ramadhan: Pelajaran Dan Pengalaman Dalam Bukber Bersama Mayapada Hospital

5 Tips Olahraga Selama Bulan Ramadhan: Pelajaran Dan Pengalaman Dalam Bukber Bersama Mayapada Hospital

5 Tips Olahraga Selama Bulan Ramadhan
Foto : Dok Pribadi


Hello, kembali berbagi pengalaman. Namun kali ini aku bukan berbagi pengalaman tentang jalan-jalan. Tapi kali ini pengalaman yang ingin ku bagikan adalah pengalaman saat mendapat pelajaran saat buka bersama Blogger, media, dan para undangan dari Mayapada Hospital di Shangri-La Hotel Jakarta. Mayapada sendiri merupakan salah satu rumah sakit yang sudah ternama di Jakarta. 
Pemberian Materi Tentang Olahraga
Foto : Dok Pribadi



Oke kembali ke dalam pembahasan tentang bagaimana tentang olahraga di bulan Ramadhan. Mengapa sih olahraga saja harus dibahas? Nah pasti ini pertanyaan yang sering muncul ketika membahas olahraga. Olahraga sejatinya merupakan kegiatan yang akan membawa tubuh Manus menjadi sehat. Tapi jangan salah, ada juga olahraga yang kurang benar dan malah akan menimbulkan tubuh menjadi sakit.

Dalam bulan Ramadhan, banyak orang beranggapan kalau olahraga bikin lemes. Itu bener banget, hehe. Tapi ada beberapa cara biar olahraga di bulan Ramadhan akan terasa bermanfaat bagi kita semua. Berikut 5 tips olahraga di bulan Ramadhan yang akan bisa dilakukan agar tubuh terasa lebih sehat:

1. Olahraga Di Sore Hari
Mengapa memilih olahraga di sore hari? Ini karena pada saat sore hari, jam untuk berbuka puasa lebih dekat. Ini akan membantu tubuh agar tidak terlalu kecapekan. Pengalaman sih, ketika olahraga sore hari, berat badan memang turun dan badan terasa lebih bugar. Bila olahraga di pagi hari, tubuh akan terkena paparan sinar matahari. Hal ini akan mengakibatkan badan cepat mengalami dehidrasi.

2. Segera Mengkonsumsi Cairan Pengganti Ion
Mengkonsumsi cairan yang mengandung ion akan membantu tubuh untuk menggantikan ion yang telah terbuang selama olahraga. Karena kekurangan cairan pada tubuh akan mengakibatkan hal yang kurang baik. 5% saja tubuh kekurangan cairan, akan mengakibatkan konsentrasi akan menurun. Dan apabila sampai 10% lebih, maka tubuh akan butuh perawatan medis. Niat ingin olahraga untuk sehat malah kekurangan cairan. Kan rugi jadinya.

Jangan Lakukan Olahraga Outdoor
Foto : Dok Pribadi

3. Lakukan Olahraga Indoor
Usahakan jangan lakukan olahraga outdoor. Ini untuk menghindari kekurangan cairan secara cepat atau dehidrasi. Dari pembahasan no 2 kan bisa dilihat kalau kekurangan cairan bisa berakibat tidak baik untuk tubuh, hehe.

4. Makan Sehat Dan Jangan Berlebihan Setelah Olahraga
Ini dilakukan untuk menjaga asupan gizi pada tubuh. Mengkonsumsi buah yang banyak, dan makan makanan mengandung karbohidrat sederhana. Ini akan membantu untuk menjaga berat badan tetap stabil. Serta ibadah di bulan Ramadhan akan terjaga karena badan tetap sehat. Kemudian jangan makan secara berlebihan. Yah, yang namanya berlebihan itu kan memang tidak baik. Apalagi ingin hidup sehat. 

5. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup juga dibutuhkan oleh tubuh. Jangan terlalu memforsir diri ketika melakukan olahraga. Setalah badan terasa tidak kuat, maka berhentilah. Terlalu memaksa akan menimbulkan badan menjadi kekurangan tenaga dan cairan.

Itulah beberapa tips olahraga selama bulan Ramadhan. Jangan samakan ketika bulan bisa dengan bulan Ramadhan. Karena semua pola akan berubah ketika bulan Ramadhan. Yang sangat terlihat adalah pola makan dan istirahat. Semoga tips diatas akan bermanfaat. Bila ada tips lain silahkan tambahkan di kolom komentar ya. 

Bima Widjanata Suwaji



5 komentar

  1. Hai Bimaaa, baru mampir nih :) Asii bgt bukbernya di Shangrila,hehe.. Btw kl di GBK sana, org2 pada sering emang lari sore ya bim, aku pernah cobain sekali, lah rameee juga :) TFS tipsnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe hai juga kak
      Rame banget kak kalau di GBK mah..
      Terima kasih banyak lho sudah mampir membaca lho

      Hapus
  2. Selama ramadhan aku libur aerobic nih padahal masih bisa dilakukan dengan tips di atas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak masih bisa tapi harus banyak diperhatikan selama olahraga selama bulan Ramadhan

      Hapus
  3. Tips na woke,, mendingan olahraga Yoga kalau lagi puasa kali ya

    BalasHapus