√ Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat : JNE Go To International - alamatbima

Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat : JNE Go To International

Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat : JNE Go To International

JNE Local Hero Go To International
Foto : Bima Widjanata

Ada yang sedang menggeluti bisnis online shop? pasti yang suka kirim barang kan? Nah kalau begitu pasti tahu yang namanya JNE. Bagi yang belum, saya berikan sedikit pengetahuan tentang JNE. JNE merupakan sebuah perusahaan di bidang jasa, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengiriman. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 26 tahun yang lalu, padahal saya saja baru 20 tahun ini. Bisa dibayangkan kalau JNE pernah mengalami masa-masa sulit. Dari awal merintis, sampai melewati tahun krisis moneter tahun 1998, dan masih tegar dan terus berkembang sampai saat ini.

Dalam perkembangannya JNE juga tidak main-main dalam menjalankan dan memberikan pelayanan. Bisa dilihat kalau JNE dianugerahi beberapa penghargaan selama perjalanan karir, seperti Indonesia Original Brand 2016, Indonesian Customer Statisfaction Award 2016, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini sebagai pembuktian kepada masyarakat Indonesia bahwa JNE akan terus memberikan yang terbaik.


Bisa dibayangkan JNE saat ini memiliki 16 ribu karyawan kantor pusat dan cabang utama di 34 provinsi, itu masih belum ditambah dengan jumlah karyawan kantor perwakilan serta mitra atau agen JNE. Ini merupakan jumlah yang tidak sedikit. Karena dengan jumlah tenaga kerja yang banyak JNE dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang ingin melakukan pengiriman. Bukan hanya dari segi tenaga kerja, infrastruktur dan jaringan yang dibangun oleh JNE juga terus dilakukan pengembangan. Dan satu hal lagi, JNE juga menyediakan lebih dari 7000 armada dari berbagai jenis dan ukuran, sampai juga menyediakan alat transportasi alternatif. Kemudian JNE juga membangun kerjasama dengan salah satu komunitas sepeda untuk membentuk JNE Eco-Courier. JNE melakukan hal tersebut untuk juga ikut turut serta menjaga dan peduli terhadap lingkungan, serta menciptakan model transportasi pengiriman yang efektif di tengah kemacetan seperti di Ibu Kota Jakarta.

JNE juga mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama MY JNE. Apa itu aplikasi MY JNE dan apa keuntungannya bila kita menggunakan aplikasi ini? Jadi dengan aplikasi ini masyarakat dapat layanan seperti melakukan pengecekan barang yang sudah dikirim, kemudian kita juga bisa melihat cek tarif barang yang akan kita kirim. Bukan hanya itu, masyarakat juga mengetahui atau bisa juga mencari letak JNE terdekat. Dan yang terakhir kita juga mendapatkan kemudahan maupun keamanan bertransaksi tanpa bertatap muka dengan fitur My COD.


Sebagai sebuah perusahaan jasa yang memberikan pelayanan pengiriman jasa, JNE setiap harinya selalu memberi layanan. Saya yang selaku mahasiswa dari daerah cukup terbantu dengan adanya JNE. Saya dapat melakukan pengiriman barang ke daerah tanpa rasa khawatir. Jika melakukan pengiriman barang berharga atau barang elektronik, jika diberikan pilihan untuk memberikan asuransi terhadap barang yang akan kita kirim atau tidak. Dan petugas kurir pengantar barang pun mengi
rim barang hingga tujuan tanpa ragu.

Ria Sarwono Dan Dua Narasumber Lain
Foto : Bima Widjanata
Saya yang notabennya juga salah satu pelanggan JNE, mendapatkan kesempatan untuk bisa hadir dalam acara JNE Media & Blogger 2016 Local Hero Go International. Dalam acara ini hadir beberapa narasumber hebat yang memberikan pengalaman dalam perkembangan bisnis. Salah satu yang hadir adalah Ria Sarwono yang merupakan pemilik Brand Cottonink. Mungkin sebagian masyarakat sudah tahu denan Cottonik, namun ada juga yang belum. Ria Sarwono memiliki bisnis berbasis online di bidang fashion yang berkembang pesat zaman sekarang. Pada mulanya Ria bersama satu temannya hanya mencoba-coba saja mendirikan usaha, ini terjadi di tahun 2008. Menurut Ria, dulu memang masih belum berkembang dan terkenal apa itu online shop, jadi Ria memasarkan produknya melalui Facebook dan blogspot. Namun Ria tidak patah semangat, dan hingga saat ini Ria dapat melakukan transaksi ke seluruh Indonesia, bahkan juga luar negeri meskipun masih kebanyakan dalam ruang lingkup Asia. Ria juga mengungkapkan jika melakukan pengiriman barang kepada konsumen juga melalui JNE.

Semua Narasumber Bersama Petinggi JNE
Foto : Bima Widjanata
Di ulang tahun yang ke 26, JNE terus melakukan pengembangan. Bukan hanya melakukan pengembangan seluruh daerah Indonesia, namun JNE juga mencoba memperluas jangkauan dan kapabilitas untuk melakukan pengiriman ke luar negeri. Program atau usaha yang dilakukan JNE ini juga untuk membantu para pelaku UKM. Bisa dibayangkan apabila JNE tidak melakukan pengembangan dan perluasan, apakah kita bisa membeli barang produk UKM yang berada di luar pulau. Pasti kita akan mengalami kesusahan dalam pengiriman. Namun dengan apa yang telah dilakukan oleh JNE bukan hanya kita yang akan mendapatkan sebuah kemudahan, pihak dari IKM dan masyarakat luar negeri juga akan mendapatkan kemudahan itu. JNE berharap, bukan hanya pihak JNE yang dapat go international, namun UKM yang di seluruh Indonesia juga bisa melakukan hal yang sama. JNE mencoba memberikan inspirasi bagi para pelaku UKM, dan mencoba bergandengan tangan untuk memajukan Indonesia. (Bima Widjanata Suwaji)


2 komentar

  1. Balasan
    1. hehe apalagi mahasiswa online shop kak
      terbantu banget lho sebenarnya dengan adanya JNE

      Hapus