√ FWD Life Asuransi Syariah: Tampil Beda Merangkul Nasabah - alamatbima

FWD Life Asuransi Syariah: Tampil Beda Merangkul Nasabah

FWD Life Asuransi Syariah: Tampil Beda Merangkul Nasabah

FWD Life Asuransi Syariah
Foto : Bima Widjanata
Saat ini asuransi merupakan hal yang bukan lagi dibilang asing. Hampir semua orang mengerti betul dengan asuransi, namun yang melaksanakan tidak sebanyak yang mengerti. Mengapa saya bilang demikian? Karena masih banyak yang hanya tahu apa itu asuransi dari luar saja tanpa mengetahui apa yang akan didapatkan dalam kehidupan sebenarnya.

Dalam salah satu kesempatan, saya bisa menghadiri launching asuransi jiwa syariah FWD Life. FWD Life memberanikan untuk memberikan pelayanan asuransi syariah kepada masyarakat, meskipun sebenarnya apa yang bersangkut paut dengan syariah pasti akan bersangkut paut pula dengan habbit yang ada di masyarakat luas. FWD Life menghadirkan layanan asuransi syariah dengan berbasis digital, dan ini juga yang merupakan unggulan yang ditawarkan oleh FWD Life.

Praktek Penggunaan Teknologi Digital Dalam Memberikan Pelayanan
Foto : Bima Widjanata
FWD Life terus melakukan inovasi agar terus dapat mengikuti perkembangan yang ada. Seperti yang sudah saya katakan, FWD yang memberikan layanan asuransi syariah berbasis digital dimana kita bisa melakukan kegiatan perasuransian dimana pun dan kapan pun dengan menggunakan gadget. Tentunya hal ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat. Jadi tidak peru repot-repot lagi dalam melakukan kegiatan asuransi. Serta kemudahan yang akan didapatkan yaitu kita bisa 24 jam non stop chatting melalui aplikasi WhatsApp ataupun melalui live chat. Jadi apabila kita mendapatkan permasalahan kita bisa menghubungi pihak FWD Life tanpa ada batasan waktu karena akan ada pelayanan.

Salah satu pendekatan yang dilakukan oleh FWD Life yaitu dengan menggunakan passion. Mengapa menggunakan passion? Kita tahu bahwa masyarakat saat ini memiliki passion yang berbeda-beda, namun masih dalam satu koridor yang sama. Seperti halnya banyak dari beberapa ribu masyarakat, ada lima passion yang menjadi dasar yakni travel, fashion, sport, musik, dan kuliner. Saya ambil di musik karena notabennya saya penyuka musik, mungkin ada sebagian orang yang menyukai aliran jazz, ada juga yang dangdut, dan sebenarnya masih banyak lagi.

Di FWD Life asuransi, kita juga bisa mendapatkan kesempatan memperoleh bonus loyalitas sampai 25% mulai dari tahun ke 7. Bukan hanya itu, juga ada kesempatan memperoleh bagi hasil atas surplus underwriting. Untuk konsep yang ditawarkan oleh FWD Life sebagai asuransi syariah yaitu menerapkan konsep tolong menolong, dan pastinya bebas dari Gharar (ketidakpastian), Masyir (judi), dan Riba (bunga).

Fasilitas dalam FWD Life salah satunya yaitu fasilitas donasi, dimana kita juga bisa membayar zakat, infak berkala, wakaf tunai, dan dana hibah. Menurut survei dari FWD Life kegiatan zakat di Indonesia semakin meningkat, dan hal ini FWD Life mencoba memberikan terobosan sekaligus kemudahan kepada masyarakat luas. FWD Life juga melakukan kerjasama dengan lembaga donasi “Dompet Dhuafa” dan “Badan Wakaf Indonesia”. Mengapa FWD Life memilih 2 lembaga tersebut? Mungkin menurut saya 2 lembaga ini sudah dikenal dan sering didengar oleh masyakat, jadi tingkat kepercayaan masyarakat semakin meningkat dengan hal ini.

Barli Asmara Bersama Pihak FWD Life
Foto : Bima Widjanata
Memiliki komitmen yang tinggi untuk tampil beda dalam merangkul nasabah, ini yang juga dilakukan oleh FWD Life. Nasabah perlu mendapatkan perhatian dan pelayanan lebih karena nasabah juga akan memberikan penilaian sendiri. Dari penilaian inilah sistem mulut ke mulut akan hadir dan muncul secara sendirinya. Akan semakin banyak nasabah mengajak rekan dan keluarga bila penilaian yang diberikan oleh masyarakat tersebut bagus. Nah salah satu komitmen untuk tampil beda FWD Life yaitu melakukan kolaborasi dengan Barli Asmara. Siapa itu Barli Asmara? Dia adalah designer terkenal di Indonesia. Dialah yang merancang scraft yang diperuntukkan kepada 200 pembelian produk dari FWD Life asuransi syariah. Scraft yang dibuat oleh Barli mengambil konsep kehidupan manusia, dimana dalam kehidupan pasti ada kelompok dan komunitas. Dan warna dari scraft sendiri mengambil dari warna corporate. 
Fashion Show Scarft Buatan Barli Asmara
Foto : Bima Widjanata

Sebenarnya FWD Life sudah mendapatkan izin pendirian unit syariah pada 14 Juli 2015 lalu. Namun mempersiapkan produk yang berbasis syariah memang tidak mudah, begitulah yang diungkapkan oleh pihak FWD Life. Produk asuransi syariah ini dimungkinkan bukan hanya di Indonesia saja, karena FWD Life juga memiliki jaringan usaha di Hongkong, Thailand, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Sebagai masyarakat, marilah kita berfikir jauh tentang masa depan, bukan hanya di dunia, namun juga di akhirat. Melakukan asuransi sekaligus bisa membantu sesama apa salahnya? Pasti tidak kan? Malah kita akan mendapatkan pahala sebagai investasi jangka panjang untuk akhirat. Mari kita memilih yang semestinya untuk kita. Jangan sampai salah menentukan arah karena dapat juga mempengaruhi tujuan. (Bima Widjanata Suwaji)



4 komentar

  1. Kalo FWD, ada travel insurance tuk ke Sri Lanka nggak yah? Hehehe.

    BalasHapus
  2. menarik nih.. kayanya perlu nih dateng ke kantor FWD untuk tanya-tanya lebih banyak tentang asuransi syariah ini..

    BalasHapus