Blog Ini Berisi Tentang Curahan Hati, Cerita Ketika Jalan-jalan, Ngulik-ngulik Makanan dan Tempat Nongkrong, Kadang Juga Bahas Yang Lain. Intinya Blog Ini Gado-gado Banget. Awas Kalau Bacaannya Bikin Nagih, Hehehe.

Jumat, 28 Oktober 2016

Sepatu Keren Asli Indonesia UKM Ranah MBa

UKM Ranah MBa
Foto : https://www.instagram.com/p/BLbkPRpgW3L/?taken-by=g_indonesiawow
Sepatu, merupakan salah satu barang yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Siapa sih yang tidak punya sepatu. Jenis dari sepatu juga sangat berbagai macam, mulai dari sneakers, sepatu sport, dan masih banyak lagi jenisnya yang tidak mungkin aku sebut satu-satu. Sepatu saat ini menjadi trend untuk kaula muda untuk keseharian, pergi jalan-jalan, hangout, ketemuan sama pacar bagi yang punya pacar sih haha, pergi ke sekolah, olah raga kecuali renang, dan banyak lagi penggunaan sepatu di zaman sekarang.

Salah satu sepatu yang banyak diperbincangkan saat ini yaitu sepatu sneakers. Sangat banyak model yang muncul, dan berbagai harga juga pastinya muncul. Produk dengan brand luar negeri sudah banyak diproduksi oleh masyarakat Indonesia. Dan anehnya sepatu itu laku keras, aneh kan. Menurut pandangan masyarakat Indonesia sepatu Impor lebih menarik dan lebih memiliki daya magis tersendiri. Padahal masih banyak sepatu asli Indonesia, dibuat di Indonesia oleh masyarakat Indonesia dan pastinya dengan Brand asli Indonesia. Menurut pandangan saya, sepatu yang bercorak batik memiliki keistimewaan tersendiri. Entah mengapa, pemikiran mulai kecil kalau sesuatu yang berbau batik memiliki keistimewaan tersendiri.

Saya akan berbagi pengalaman dengan sepatu batik. Ada salah satu produsen sepatu, ya yang pastinya sepatu bercorak batik. Sebenarnya masih UKM sih, namun sepatu yang dihasilkan sangat bagus. UKM ini bernama Ranah MBa, dari nama saja sudah unik apalagi produk yang dihasilkan. UKM ini berdiri sejak 3 September 2015. Produk unggulan dari UKM Ranah MBa adalah sepatu kets atau yang biasa disebut Docmart sebagai bahasa keren. Bahan dari sepatu docmart Ranah MBa yaitu canvas, dan pastinya tidak menggunakan kertas tebal dan kaku agar sepatu enak dipakainya. Jahitan sepatu dari Ranah MBa juga sangat rapi, ini dilakukan agar sepatu menjadi awet biasanya hal ini menjadi pertimbangan para ibu-ibu dalam membeli sepatu. Desain batik membuat sepatu buatan Ranah Mba menjadi sangat unik. Tapi jangan khawatir, bila ingin membeli sepatu yang tidak memiliki corak batik atau polos di Ranah MBa juga disediakan kok.

Sepatu Unggulan Ranah MBa
Foto : https://www.instagram.com/p/BLimQDhDoygi5K3Pc_wCDj4IDlWVZsfHLqhOM80/?taken-by=ranahmba_
Sepatu UKM Ranah MBa menggunakan bahan asli Indonesia. Mungkin menurut pandangan Ranah MBa “Kalau bahan asli Indonesia bagus dan juga berkualitas, mengapa harus mengimpor bahan dari luar negeri?”. Oleh sebab itu Ranah MBa benar-benar asli tidak dicampur bahan luar negeri. Sejak awal berdiri, Ranah MBa sudah memproduksi 100 pasang sepatu. Untuk toko Ranah MBa sendiri berada Mall Season City lantai UG Blok D3/5, jalan Prof. Latumenten No 33, Jakarta Barat. Dan juga tersedia di Galery Indonesia Wow-SMESCO, Jalan Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan. Jadi kalau mau beli sepatu asli Indonesia yang berkualitas dan pastinya unik silahkan datang ke tempat yang sudah saya jelaskan barusan. Tapi juga bukan hanya melayani di stand saja, Ranah MBa juga melayani pembelian melalui online. Nah ntuk lebih jelasnya aku berikan detail nih:
Nama Usaha                            : Ranah MBa
Jenis Usaha                             : Alas Kaki Perempuan / Footware
Email                                       : ranahmba@gmail.com
Facebook                                 : Ranah MBa
IG dan Twitter                        : @ranahmba_
Nomor SKU                            : 470/257-Kel.KLPD


Endorse Produk Ranah MBa
Foto : https://www.instagram.com/p/BBRuVkis-VEcUuy7FE05-Ek2RYmYr52xdn16S80/?taken-by=ranahmba_
Semoga dunia fashion Indonesia semakin maju, terlebih dunia sepatu. Karena sebenarnya banyak produsen asli Indonesia yang mampu bersaing dengan pasar Global, baik masalah desain maupun harga. Seperti UKM Ranah MBa yang berani mengambil pasar dan bersaing dengan yang lain, khususnya Brand luar negeri yang menurut masyarakat Indonesia lebih menarik. UKM Ranah MBa dapat dipakai sebagai contoh dan panutan UKM untuk berani bersaing dengan pasar global, maupun masyarakat luas untuk lebih sadar menggunakan produk asli Indonesia. (Bima Widjanata Suwaji)
Read More

Masalah Kemanusiaan Dan Peran Blogger (The Power Of Content)

The Power Of Content di Binus FX Sudirman
Foto : Bima Widjanata
Indonesia yang notabennya adalah negara yang memiliki penduduk yang sangat padat dan pastinya tidak pernah terlepas dari segala kekurangan yang ada. Begitu banyak permasalahan yang timbul di setiap harinya, bahkan setiap hari silih berganti datang. Ada yang berlarut dan ada pula yang cepat dilupakan oleh masyarakat. Namun permasalahan yang saat ini banyak diperbincangkan adalah seputar anak dan perempuan.

Pada hari kamis tanggal 27 Oktober 2016, saya menghadiri pertemuan blogger. Meskipun saya masih terbilang masih muda dan baru, saya mencoba untuk berbaur dengan para blogger yang sudah memiliki banyak pengalaman. Tentunya bertujuan untuk membangun relasi, menambah saudara dan keluarga dan pastinya berbagi pengalaman yang telah mereka dapatkan. Tempat pertemuan ini di Binus FX Sudirman tepatnya berada di lantai 6. Pertama memang agak canggung karena mungkin saya belum banyak mengenal satu-satu dari mereka semua. Namun saya mencoba membangun komunikasi untuk mengurangi rasa canggung yang saya alami. Setelah beberapa lama baru kemudian saya sudah agak membiasakan diri. Oh iya, acara ini diadakan oleh SerempakID yaitu acara The Power Of Content.

Dalam acara The Power Of Content, bukan hanya membahas masalah content dan seputar blog saja. Namun banyak lagi pembahasan lain yang disampaikan oleh narasumber. Dalam acara ini hadir narasumber-narasumber yang memiliki segudang pengalaman, diantara:
1. Martha Simanjuntak. SE. MM (selaku Ketua Pokja Serempak dan Founder IWITA)
2. Ina A. Muwarni (selaku Deputi Marketing Binus Busines School)
3. Maman Suherman (Penulis Buku Best Seller)
4. Irwin Day (Praktisi IT)
5. Ani Bertha (Aktivis sosial media dan Sekja Serempak)

Saat acara dimulai, tidak lupa moderator selaku pemandu, para narasumber, dan para blogger yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik buat saya karena saya baru pertama kali hadir dalam acara yang dihadiri oleh blogger dimulainya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang biasa hanya dilakukan pada saat dimulainya acara formal saja.

Pada saat penyampaian materi oleh narasumber, tepatnya oleh Maman Suherman yang biasa dipanggil kang Maman, disampaikan bahwa krisis moral yang terjadi di zaman sekarang memang sudah parah. Bagaimana tidak? Banyak kasus kriminal mengenai perempuan dan anak. Mulai dari praktik perdagangan manusia, kasus pemerkosaan, penculikan anak, dan pembunuhan anak dan perempuan, serta masih banyak lagi kasus yang melibatkan anak dan perempuan. Hal ini merupakan suatu gambaran bahwa rusaknya moral memang telah terjadi saat ini. Perempuan dan anak memanglah harus dapat perhatian lebih khusus, perempuan sebagai manusia yang akan menciptakan generasi penerus (anak) dan anak sebagai penerus bagi masa depan suatu bangsa. Apabila mereka telah ternoda atau bisa dibilang sudah mengalami gangguan, bagaimana kelanjutan bangsa ini atau bahkan dunia ini. Permasalahan yang dialami oleh seorang anak ataupun perempuan bukan hanya masalah tentang anak dan perempuan saja, namun sudah terbilang masalah tentang kemanusiaan. Saat ini banyak orang yang tidak memperdulikan masalah itu. Buktinya begitu cepatnya masalah tentang perempuan dan anak terlupakan.

Dalam acara The Power Of Content juga terdapat selingan hiburan. Hal ini membuat para blogger yang hadir tidak merasa jenuh akan materi. Bahkan dalam satu penampilan (hiburan musik), para blogger juga turut serta bernyanyi dan menari.

Hiburan dalam The Power Of Content https://www.instagram.com/p/BMDUwHwAu7E/?taken-by=bimawidjanata 

Ina A. Muwarni Narasumber Pentingnya Branding
Foto : Bima Widjanata
Narasumber yang memberikan penjelasan yaitu Ina A. Muwarni. Beliau menjelaskan begitu pentingnya branding buat seorang blogger. Apalah gajah mati yang meninggalkan gading, seekor harimau mati meninggalkan belang, namun seorang blogger yang telah meninggal harus meninggalkan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang, begitulah penjelasan oleh ibu Ina. Branding adalah soal identitas seorang blogger dengan blogger yang lainnya, entah itu sebagai Food Blogger, Blogger Traveler, atau bisa pula yang lainnya. Meskipun memiliki konteks yang sama pastinya setiap blogger harus memiliki perbedaan dengan blogger yang lainnya. Seorang blogger harus membangun brand yang sesuai dengan passionnya, hal ini agar mempermudah dalam melakukan penulisan artikel yang hendak ditulisnya. Setelah menentukan brand, seorang blogger harus menentukan siapa pembaca artikel yang dibuatnya. Konten pada blog sebenarnya dapat menentukan identitas seorang penulisnya, seperti warna dalam blog, foto yang dipasang, serta gaya penulisannya.

Ani Bertha on The Power Of Content
Foto : Bima Widjanata
Setelah ibu Ani menjelaskan bagaimana penting sebuah branding bagi seorang blogger. Narasumber selanjutnya yaitu Ani Bertha menjelaskan bagaimana seorang blogger bekerja. Menurut Ani Bertha yang biasa dipanggil teh Ani, seorang blogger harus cepat dan tanggap. The Ani yang memiliki peran ganda penulis (blogger) dan ibu bagi anak-anak pastinya memiliki kesibukan yang sangat berganda. Belajar dari pengalaman yang telah dialami oleh seorang teh Ani, blogger harus mempunyai komitmen yang tinggi, terus membuka diri, dan selalu membangun relasi. Blogger juga harus memiliki sifat seperti wartawan yang selalu memburu informasi. Dalam membuat artikel harus disertai informasi yang memadai, jadi bukan hanya berita ngawur yang disajikan. Satu hal lagi, elakukan verifikasi bila informasi di dapatkan dari sumber-sumber tertentu.  Membangun relasi bagi seorang blogger juga merupakan hal yang sangat penting. Teh Ani memaparkan pengalamannya sebagai seorang blogger yang awalnya belum mengetahui apa-apa hingga menjadi seperti saat ini yang sudah pernah menjadi narasumber di berbagai acara.

Pemberian Penjelasan oleh Erwin Day
Foto : Bima Widjanata
Oleh narasumber terakhir yaitu Erwin Day atau yang biasa disapa pak Erwin, beliau mengungkapkan bahwa blogger harus menemukan ide yang menarik. Namun ide yang menarik haruslah orisinal, bukan dari pemikiran orang lain yang sudah ada dan kita mencoba untuk mencontohnya. Blogger harus membuat konten yang bermanfaat, menarik, dan kalau bisa unik.


Seorang blogger merupakan penyebar informasi yang cepat. Blogger yang cepat dan tanggap memanglah harus diperlukan, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain. Karena sudah dijelaskan sebagai seorang blogger, haruslah meninggalkan artikel atau bacaan yang bermanfaat untuk masyarakat yang luas, bukan hanya artikel unik. Berikan informasi yang sedetail mungkin dan se-akurat mungkin untuk para pembaca. Karena disitulah tugas seorang blogger yang sebenarnya. Dengan begitu kita dapat berbagai kepada sesama, karena apabila kita kurang mampu membagikan rezeki, maka bagikanlah tulisan yang bermanfaat. Dan semoga kita mendapatkan imbalan pahala dari tulisan kita karena sudah memberikan kemudahan informasi bagi masyarakat. (Bima Widjanata Suwaji)
Para Narasumber Dalam Acara The Power Of Content
Foto : Bima Widjanata

Read More

Rabu, 26 Oktober 2016

Trailer Dan Poster Film IBU "Maafkan Aku" The Heroes On Life

Me And Poster Film IBU Maafkan Aku
Foto : Bima Widjanata
Siapa yang tidak suka menonton film? Ada? Siapa? Pastinya ada lah, karena setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Namun tahukan kalian semua kalau Indonesia sudah mengalami perkembangan dalam dunia film. Nah, coba lihat bagaimana film buatan tahun 2000 dengan sampai 2016 ini, pasti banyak mengalami perubahan yang signifikan. Bukan masalah teknologi yang saya bahas, namun genre dan isi film yang saya maksudkan. Kalau teknologi pastinya semakin tahun akan selalu mengalami peningkatan. Namun genre film di Indonesia memang mengalami perubahan, karena dulu film tanah air kebanyakan di garis horor saja, itu juga memiliki hal isi yang kadang kurang baik untuk ditonton untuk usia tertentu. Namun sekarang itu sangatlah berbeda, karena isi dari film tanah air semakin terarah.

Ada yang punya pahlawan dalam hidup? Ada yang tahu siapa pahlawan yang sangat berjasa dalam hidup? Pasti semua akan mengetahui bila benar-benar menghayati dan menjalani hidup. Ada yang tahu pekerjaan yang paling lama di dunia, namun tidak dibayar sepeser pun? Apakah ada yang tahu pertanyaan-pertanyaan itu semua? ”IBU” adalah jawaban dari semua pertanyaan itu semua. Beliau terus berjaga selama 24 jam nonstop dan itu dilakukan setiap hari untuk menjaga si buah hati. Beliau akan menjadi dokter ketika sang buah hati sedang sakit. Beliau juga akan menjadi seorang koki terbaik untuk membuatkan makanan yang lezat dan pastinya bergizi untuk sang buah hati. Beliau juga akan menjadi seorang guru bila sang buah hati tidak mengetahui sesuatu dan akan mengajarkannya. Dan masih banyak lagi yang akan dilakukan oleh seorang ibu untuk si buah hatinya. Maka dengan begitu beliau disebut pahlawan yang paling-paling berjasa dalam kehidupan.

Poster Film IBU Maafkan Aku
Foto : Bima Widjanata
Pada tanggal 25 Oktober 2016 bertempat di Djakarta Theater XXI launching poster film baru yang berjudul IBU “Maafkan Aku”. Film yang digarap oleh OMI Picture (Onasis Media Intertainmen) ini memiliki genre drama. Mungkin telah banyak film yang memiliki genre drama, namun yang kali ini OMI menyajikan film yang sederhana. Produser dari film ini adalah H. Imam Suharyadi dan disutradarai oleh Amin Ishaq.  Dalam trailer film, terlihat jelas suasana pedesaan yang sangat kental karena memang pengambilan film dilakukan di sebuah desa yang terletak di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Film IBU “Maafkan Aku” ini menceritakan tentang kisah sebuah keluarga kecil, seorang ibu dan ketiga anaknya namun sudah ditinggal oleh sang kepala keluarga yaitu ayah.

Sebuah Adegan Dalam Film
Foto : Bima Widjanata
Dalam sebuah adegan, seorang Banyu (anak pertama) adalah seorang anak yang berprestasi di sekolah. Bahkan dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, namun Banyu meninggalkan beasiswa tersebut hanya untuk membantu sang ibu. Sang ibu hanyalah seorang pemecah batu, yang setiap harinya berada di sungai untuk mengambil batu untuk dipecahkan. Kemudian sang adik perempuan, yang merupakan anak kedua tengah menjalin sebuah hubungan dengan seorang pria yang memang satu kelas. Namun apakah yang terjadi, menurut sang kakak (Banyu) dia tidak boleh pacaran karena menurut Banyu orang miskin tidak boleh jatuh cinta. Memanglah banyak liku-liku yang dihadapi keluarga ini.
Film IBU “Maafkan Aku” memanglah film sederhana, pembuatannya saja tidak sampai satu tahun. Namun jangan salah, film ini mengandung sarat akan pesan untuk para masyarakat Indonesia. Pesan yang sangat dasar disampaikan dari film ini yaitu untuk menghormati seorang ibu. Beliau ada sosok pahlawan melebihi apapun, beliau bisa menjadi apapun untuk sang buah hati. Film ini akan tayang pada tanggal 10 November, ini untuk memperingati hari pahlawan yang sesungguhnya ibu adalah seorang pahlawan. Bagi para penggemar film, mari tonton film IBU “Maafkan Aku”. Dan bagi yang bukan penggemar film marilah kita tonton untuk mengenal dan lebih mengenal lagi agar senantiasa mengingat dan menghormati serta menyayangi ibu. (Bima Widjanata Suwaji)
Dengan Pemain Film IBU Maafkan Aku
Foto : Bima Widjanata

Read More

Jumat, 21 Oktober 2016

Tersesat

Berlari tanpa kaki
Menyusuri hutan tropis di kala gerimis
Gelap gulita
Dingin dan hampa
Hingga tersandung stupa
Melempar muka

Tangan menggenggam sedikit daun
Dari ujung hutan bambu belukar
Apa yang didapat?
Apakah yang dapat diraih?
Hanya luka robek dalam menjulur
Jari lebam terhisap lintah
Patah tulang tak beraturan
Read More

Kamis, 20 Oktober 2016

Cerita Lama Dan Hal Baru Di Transportasi Indonesia

Cerita Lama Dan Hal Baru Di Transportasi Indonesia
Foto : Dok Pribadi
Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir sedang gencar melakukan aksi untuk mewujudkan sistem transportasi menunjang kebutuhan masyarakat. Hal ini bukanlah tindakan tanpa alasan, namun hal ini ingin diwujudkan agar sistem transportasi di Indonesia yang masih belum teratur. Dari beberapa aspek memang sudah dilakukan perubahan, terutama perubahan pelayanan terhadap masyarakat. Misalnya saja penambahan armada angkutan umum agar masyarakat semakin sadar bahwa penggunaan kendaraan umum adalah tindakan tepat. Bukan hanya untuk mengurai kemacetan seperti di Jakarta, namun juga untuk mengurangi emisi karbon yang ada.


Sebuah tradisi lama yang ada di Indonesia merupakan adalah sebuah percikan kesalahan yang bisa berimbas besar yaitu pungutan liar. Siapa yang menduga kalau pungutan liar di Indonesia masih merajalela, namun memang begitu keadaannya. Mungkin di dekat-dekat ibu kota memang tidak terlalu tampak, namun siapa tahu kalau di daerah Kalimantan sana ada. Dalam acara presscon yang dilaksanakan tanggal 16 Oktober 2016 di Stasiun Gambir, Menteri Perhubungan mengutarakan sebuah langkah untuk memberantas yang namanya pungutan liar. Meskipun terlihat kecil, pungutan liar merupakan korupsi, sekali tindakan korupsi dilakukan tetaplah ada tindakan hukum bagi pelakunya meskipun kecil.

Hal yang ingin dilakukan untuk membenahi sistem dan memberantas pungutan liar yaitu dengan melakukan perbaikan sistem online untuk pelayanan kepada masyarakat. Dengan melakukan perbaikan sistem online, masyarakat bisa terbuka untuk mengakses dan bila ingin mengetahui ketetapan-ketetapan yang ada. Bisa dibuat contoh, PT KAI yang saat juga menerapkan sistem online dalam pelayanan kepada masyarakat yang ingin memesan dan membeli tiket perjalanan kereta. Sebelum diberlakukannya sistem online, calo yang menjual tiket kereta bertebaran dimana-mana. Namun saat ini masyarakat semakin mengapresiasi tindakan yang dilakukan PT KAI ini, karena masyarakat merasa perjalanan mereka lebih aman dan pasti. Menteri Perhubungan juga ingin melakukan pengurangan sistem penguasa dalam organisasi. Hal ini sangat dapat mendorong timbulnya pungutan liar. Dengan kata lain bila adanya sistem penguasa dalam suatu organisasi, maka seorang penguasa akan memiliki pemikiran “Ah, saya kan penguasa disini, jadi gak masalah”, hal ini yang akan dikurangi oleh Menteri Perhubungan.

Slide
Foto : Dok Pribadi
Dalam acara tanggal 16 Oktober 2016, Menteri Perhubungan juga mencoba armada bus Transjakarta yang saat itu berada di stasiun gambir. Pada mulanya saya yang hadir dalam acara itu kurang memperhatikan armada bus Transjakarta yang ada. Namun setelah dilihat baik-baik, ada yang special dari armada bus Transjakarta yang ada di gambir. Saat itu, posisi bus Transjakarta memang sedang diam, busnya sangat pendek bagai mobil sport luar negeri. Awalnya saya berfikir, “Apa ini bus nanti bisa beroperasi secara optimal? Kan ini pendek banget. Tapi keren sih kayak mobil sport jadinya” . Namun ketika akan berjalan, ternyata bus Transjakarta tersebut semakin tinggi, ternyata menggunakan sistem air suspension. Sistem ini digunakan untuk menambah kualitas pelayanan. Saat ini memang masih belum banyak kendaraan umum yang memiliki pelayanan khusus untuk penyandang cacat. Nah untuk bus Transjakarta yang ada di gambir ini akan semakin pendek ketika ingin menaikkan dan menurunkan penumpang, kemudian akan tinggi kembali saat akan berjalan.


Semoga apa yang akan direncanakan dan dilakukan oleh Menteri Perhubungan akan terlaksana dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. Dukungan masyarakat memang sangat diperlukan untuk menyokong dan melaksanakan di lapangan atau kehidupan sehari-hari. Tanpa ada dorongan, dukungan, dan pelaksanaan dari masyarakat maka rencana akan hanya sebatas rencana saja. Dan semoga kemajuan transportasi Indonesia akan semakin bagus dan semakin bermanfaat bagi masyarakat banyak. (Bima Widjanata Suwaji)

Selfie With New Bus Transjakarta
Foto : Dok Pribadi

Read More

Sabtu, 15 Oktober 2016

Diabetes Dan Cara Menghindarinya



Lomba Menulis Blogger "Cegah, Obati, dan Lawan Diabetes"
Foto : Dok Pribadi

Diabetes, merupakan salah satu dari empat prioritas penyakit tidak menular. Bagaimana tidak? Kalau diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian nomor 3. Gejala dari penyakit ini memang tidak begitu menakutkan seperti penyakit-penyakit lainnya, namun efek dari penyakit diabetes sangat dan sangat menakutkan bahkan bisa lebih dari penyakit lainnya. Perlu diketahui bahwa pengidap penyakit diabetes dapat memperbesar kemungkinan 2 kali lebih besar terkena serangan jantung. Diabetes juga merupakan penyebab utama dari kebutaan, gagal ginjal, amputasi tungkai bawah, dan beberapa akibat jangka panjang yang dapt membuat mutu hidup menjadi lebih rendah.

Di Indonesia diabetes banyak juga dijuluki penyakit kencing manis. Indonesia juga memiliki rekor mengenai diabetes. Pada tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat ke tujuh dunia sebagai negara yang memiliki prevalensi penderita diabetes tertinggi dunia bersama China, India, Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Meksiko dengan jumlah estimasi orang yang mengidap diabetes sebesar 10 juta. Ini bukanlah prestasi yang dapat dibanggakan seperti atlet yang mendapatkan medali di pesta Olimpiade, melainkan sebuah hal buruk bagi Indonesia. Penderita diabetes di Indonesia sebagian besar tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit mematikan ini, dan berpotensi untuk mengakses layanan kesehatan dalam kondisi yang sudah terlambat.

Saya memiliki sebuah kisah pilu mengenai penyakit yang satu ini. Nenek dari ibu mengidap penyakit ini. Sebagai penderita diabetes memanglah semuanya harus serba dijaga, seperti pola makan, minum, berat badan, dan masih banyak yang lainnya. Pada saat itu saya masih kelas 7 (kelas 1 SMP). Sebelumnya saya juga tidak mengetahui bahwa nenek merupakan pengidap penyakit yang menjadi sorotan ini, namun lambat laun saya mengerti secara perlahan. Pada awalnya, saat nenek mengidap penyakit ini mengalami luka kecil di kaki, semakin lama luka yang diderita nenek semakin parah. Biasanya luka pada kulit hanya akan menimbulkan sakit biasa dan akan sembuh dalam 2-4 hari. Tapi untuk luka yang diderita oleh nenek tidak tidak kunjung sembuh sampai 3 minggu. Setelah minggu ke 3 memang baru dibawa ke rumah sakit ummu, dengan kondisi luka yang semakin parah. Sesampainya di rumah sakit memang dilakukan perwatan intensif terhadap luka yang sialami oleh nenek, namun sempat pindah ke rumah sakit swasta karena perawatan yang dilakukan oleh petugas medis kurang begitu bagus menurut keluarga. Luka yang dialami oleh nenek memanglah parah, sampai mengeluarkan nanah dan bengkaknya sudah diluar ambang batas wajar. Dan akhirnya nenek dibawa ke tempat terapi ozon, yang menurut beberapa orang pengobatan ini dapat menyembuhkan penyakit yang diderita oleh nenek.

Awalnya memang ada perubahan signifikan yang dialami oleh nenek. Kesehatan nenek semakin lama semakin membaik. Luka di kaki nenek juga semakin mengalami perubahan menjadi agak kering. Namun tidak tahu mengapa setelah beberapa lama dirawat, nenek meminta untuk pulang. Selang 3 hari kemudian nenek meninggal dunia. Hal ini membuat saya dan seluruh keluarga bekambung. Dan sejak saat itu pula saya selalu mengingat betapa bahayanya penyakit yang bernama diabetes.

Faktor Penyebab Terjadinya Diabetes
Foto : Dok Pribadi
Sebenarnya diabetes ini ditimbulkan oleh manusia itu sendiri. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diabetes, dan sebagian besar masyarakat Indonesia banyak melakukan hal ini. Diantaranya yaitu:
1. Masyarakat minim aktifitas fisik
            Sebagian penduduk Indonesia memanglah sangat kurang aktifitas fisik. Jangan sampai menyalah artikan aktifitas fisik adalah olahraga, karena main catur juga merupakan olahraga namun tidak melakukan aktifitas fisik. Lebih tepat apabila melakukan aktifitas fisik, karena jika melakukan aktifitas fisik pasti juga melakukan kegiatan olahraga. Sebetulnya dengan melakukan aktifitas fisik kita akan membakar kalori yang ada dalam tubuh, sehingga resiko akan timbulkan diabetes akan semakin berkurang.
2. Merokok berlebih
            Tidak bisa dipungkiri lagi kalau masyarakat Indonesia banyak yang merokok. Dengan merokok biasanya dibuat alasan. Seperti halnya dengan meokok butuh minum teh hangat manis, kuenya manis. Belum lagi jika diajak untuk melakukan aktifitas fisik rokok juga dijadikan alasan karena nafas kurang kuat dan masih banyak lagi yang lain.
3. Kurangnya konsumsi buah dan sayur
            Kurangnya kesadaran bahwa kebutuhan akan buah dan sayur memang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia memang masih sangat rendah. Makanan camilan orang Indonesia pun jarang yang menggunakan buah. Apalagi anak jaman sekarang lebih menyukain makanan fast food yang notabennya minum akan sayur. Kebiasaan makan gorengan juga efek kurangnya makan buah. Padahal dengan mengkonsumsi buah dan sayur, tubuh manusia akan merasakan keseimbangan. Misalkan manis yang dihasilkan oleh buah merupakan manis yang alami.
4. Makan dan minum sembarangan
            Kembali lagi kepada kebiasaan makanan fast food, karbohidrat yang ada dalam kandungan makanan ini sangatlah besar. Belum lagi pasangan dari makanan ini adalah minuman bersoda. Minuma bersoda sendiri mengandung glukosa dan sukrosa yang amat tinggi. Sebenarnya kebutuhan gula seorang manusia dalam satu hari hanya 2 sendok makan, itu pun sudah termasuk dalam makan (nasi, lauk, dan camilan). Meminum alkohol juga akan menimbulkan masalah besar yang bukan hanya diabetes yang akan timbul pada tubuh manusia jika mengkonsusi ini, bahkan penyakit-penyakit lain akan muncul.

Tips bagi masyarakat Indonesia agar terhindar dari diabetes. Sebenarnya mudah saja, namun kadang masyarakat enggan bahkan tidak memperhatikan hal apa saja yang dapat menyebabkan menurunnya kemungkinan timbulnya diabetes. Diantaranya:
1. Melakukan pengecekan gula darah secara teratur
2. Melakukan diet sehat (mengurangi konsumsi karbohidrat berlebih karena karbohidrat juga mengandung gula)
3. Mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur
4. Mengurangi makanan fast food
5. Melakukan aktifitas fisik (setidaknya menyempatkan melakukan aktfitas fisik selama 30 menit dalam satu hari, kalau bisa lebih karena tidak ada salahnya melakuka aktifitas fisik)
6. Mengurangi konsumsi gula (dalam satu hari tidak boleh lebih dari 2 sendok makan, sudah termasuk dalam makanan yang dikonsumsi)
7. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan mengurangi minumann bersoda

Banner Lomba BlogFoto : Dok Pribadi 
Semoga masyarakat Indonesia semakin tahu akan diabetes dan semakin sadar akan bahayanya penyakit ini. Karena dengan begitu masyarakat akan memiliki pola hidup yang sehat. Dan semoga pengidap diabetes di Indonesia akan semakin berkurang. Mari sadarkan diri sendiri terlebih dahulu, kemudian menyadarkan orang disekitar kita agar kita lebih mengerti dan paham dan mengerti akan bahaya yang ditimbulkan oleh diabetes. (Bima Widjanata Suwaji)

 #LawaDiabetes Indonesia #lebihbaik
Banner Lomba BlogFoto : Dok Pribadi 


Read More

Melankolis Muda Yang Suka Nulis Apa Saja