Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Selasa, 21 Juni 2016

Wisata Kota Tua Jakarta


Kota Tua Jakarta
Foto : Dok Pribadi
Perjalanan kali ini yaitu ke Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta atau yang biasa disebut Kotu. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta? Pasti semua orang banyak yang sudah tahu akan tempat ini, apalagi warga Jakarta. Namun jangan salah, masih banyak juga masyarakat yang masih penasaran dan ingin mengunjunggi kembali tempat ini meskipun sudah pernah mengunjungi. Terlepas dari kabar desas-desus bahwa tempat ini memiliki hal mistik, memang tempat ini adalah tempat yang pas untuk berwisata. Semua itu dikarenakan tempat ini bukan hanya untuk jalan-jalan tengok kanan maupun kiri tanpa memperoleh apapun. Tempat ini menyediakan semua yang dibutuhkan dalam jalan-jalan.

Stasiun Kota
Foto : Dok Pribadi
Akses untuk pergi ke Kawasan Kota Tua Jakarta sangat mudah. Naik kereta listrik atau KRL langsung turun stasiun kota. Apabila naik bus transjakarta bisa turun halte busway Kota. Namun bila ingin naik kendaraan yang lagi nge-hits akhir-akhir ini juga tidak masalah (ojek online).

Kawasan Wiasata Kota Tua Jakarta merupakan wisata yang cocok buat keluarga apabila ingin mengenalkan sejarah maupun menambah wawasan. Dalam Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta terdapat beberapa museum, diantaranya museum Fatahillah, museum Wayang, serta Museum Seni Rupa dan Keramik. Tentunya hal ini tidak akan memiliki nilai plus karena bukan hanya jalan-jalan biasa namun juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Namun untuk museum hanya buka pada weekend saja, untuk tiket masuk juga sangat terjangkau. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta menawarkan view yang sangat luar biasa, sunset di Kawasan Kota Tua Jakarta juga sangat cocok apabila kita ingin melakukan hunting atau foto-foto.

Kondisi Siang Hari di Kota Tua Jakarta
Foto : Dok Pribadi
Kondisi Malam Hari di Kota Tua Jakarta
Foto : Dok Pribadi
Masyarakat banyak hanya mengetahui bahwa Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta ramai dikunjungi ketika pagi, siang, dan sore hari. Jangan salah, ketika malam tiba, kawasan wisata ini juga masih ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pada saat malam hari tidak jauh berbeda, kondisi dan situasi yang ada di kawasan wisata ini, baik para wisatawan, penjual yang ada di kawasan wisata ini masih tetap ada dan ramai.

Pusat Jajanan di Kota Tua Jakarta
Foto : Dok Pribadi
Di kawasan wisata ini juga terdapat pusat jajanan, baik jajanan rakyat tradisional maupun jajanan modern tersedia di kawasan ini. Jajanan tradisional yang di kawasan ini juga terjangkau, jadi jangan khawatir budget akan terkuras. Beberapa contoh jajanan tradisional yang ada yaitu kerak telor dan es potong. Siapa coba yang tidak tahu kerak telor? Makanan yang berbahan dasar telur dan beras ketan ini sangat mudah ditemui di kawasan wisata ini, baik siang atau malam. Namun untuk malam hari hanya beberapa penjual saja. Untuk es potong, jajanan yang hanya ada pada saat siang hari ini juga sangat mudah ditemui di kawasan ini. Rasa yang khas dan juga berbagai macam merupakan daya tarik tersendiri dari es potong. Bukan hanya urusan jajanan yang ada di kawasan ini, tapi pusat oleh-oleh juga ada, mulai dari berbagai gelang, baju, hingga gantungan kunci pun ada. Di kawasan wisata ini juga ada seniman lukis, tentunya bukan lukisan biasa namun lukisan wajah, karikatur, maupun seni lukis kulit atau tatto.

Terminal Kota
Foto : Dok Pribadi
Sebenarnya tempat untuk berfoto-foto ria bukan hanya di kawasan wisata yang banyak diketahui oleh masyarakat banyak. Ada beberapa tempat yang cukup bagus sebagai tempat untuk mengambil gambar, seperti terminal kota. Terminal yang memanjang ini seperti bukan terminal apabila dikunjungi, karena angkutan yang datang ke terminal ini sangat sedikit. Jembatan merah, mungkin banyak sudah mendengar tempat ini. Jembatan ini sangat bagus untuk mengambil gambar, bahkan para fotografer banyak menggunakan tempat ini sebagai spot untuk hunting.



Masalah jalan-jalan memang banyak dari masyarakat yang melakukan secara rutin. Jalan-jalan sendiri atau yang biasa disebut refreshing oleh masyarakat Indonesia merupakan hal yang diperlukan oleh manusia pada umumnya. Namun untuk kapasitas dari hal tersebut masing-masing individu berbeda. Terlepas dari itu, pada saat mengunjungi suatu tempat terlebih lagi tempat wisata, hendaklah menjaga kebersihan maupun fasilitas yang ada. Tidak jarang terlihat masih banyak sampah yang berceceran di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Hal ini menjadi poin minus karena rasa kenyamanan merupakan hal yang diutamakan terlebih soal kebersihan. Bukan hanya pihak wisatawan yang disorot, namun dari pengelola juga turut menjaga, dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan kebersihan. Dari segi keamanan wisatawan, dirasa memang cukup karena banyak yang berpatroli di kawasan kota ini. Namun kesadaran diri wisatawan mengenai keamanan juga harus ditingkatkan, seperti menjaga barang bawaan, tidak memakai barang yang mencolok, dan banyak yang lain. Hendaknya bagi para wisatawan memiliki kesadaran akan kebersihan dan keamanan, bukan hanya bila berwisata ke Kawasan Kota Tua Jakarta saja, tapi bila mengunjungi tempat wisata yang ada diseluruh Indonesia. Semua itu agar tempat wisata tetap terjaga dan anak cucu kita juga ikut menikmati di hari esok. (Bima Widjanata Suwaji)
Museum Fatahillah
Foto : Dok Pribadi

3 komentar:

  1. Aku juga suka ajak anak-anak kesana, murah meriah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di kawasan ini memang murah meriah
      Edukasinya juga dapat

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

About