Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Rabu, 01 Juni 2016

Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil


Seminar Prosehat
            Ibu hamil? Kesehatan? Ibu hamil harus sehat? Pertanyaan umum yang kerap dipertanyakan. Bagaimana tidak, bahwa sesungguhnya, kesehatan seorang ibu yang tengah hamil sangat penting. Seorang ibu hamil bukan hanya harus sehat untuk diri sendiri, tapi juga harus sehat untuk janin yang sedang ada dalam kandungan. Kebanyakan ibu hamil salah dalam pemahamannya, bahwa janin dalam kandungannya harus selalu sehat, tapi kadang sering mengabaikan kesehatannya sendiri.
            Pada acara seminar Prosehat dijelaskan buah hati sejatinya memang harus selalu sehat. Namun juga ibu yang tengah mengandung harus sehat pula. Seorang ibu hamil yang sehat pastinya akan mengandung anak yang sehat. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan baik ibu hamil maupun janin yyang sedang dikandung. Namun faktor terpenting merupakan nutrisi. dr. Bram Pradipta, SpOG yang merupakan salah satu dokter yang hadir sebagai pengisi menuturkan bahwa konsumsi nutrisi pada saat kehamilan harus terpenuhi cukup. Diantaranya konsumsi asam folat yang berfungsi sebagai mencegah kelainan otak dan saraf otak pada janin. Namun pada saat mengkonsumsi jangan sampai berlebihan karena juga akan menimbulkan alergi, perut kembung, insomnia, dan berkurangnya nafsu makan. Kalsium juga merupakan hal ang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kalsium dapat menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan dan mencegah preeklampsia.

            Selain itu, banyak hal pula yang harus dihindari oleh ibu hamil. Diantaranya adalah mengkonsumsi kafein secara berlebih dan dan mengkonsumsi alkohol. Dalam mengkonsumsi kafein saat hamil hanya diperbolehkan sampai 300mg dan tidak boleh melebihi. Mengkonsumsi kafein sendiri dapat menimbulkan daya penyerapan kalsium menjadi rendah. Untuk konsumsi alkohol sendiri, mulai dari prakonsepsi sampai hamil memang tidak diperbolehkan. Mengkonsumsi saat hamil dapat mengakibatkan bayi yang sedang mengandung mengalami kerusakan organ, terganggunya perkembangan organ, gangguan syaraf otak bayi, bahkan dapat menimbulkan keguguran.
            Berat badan seorang ibu hamil juga harus diperhatikan. Seorang ibu hamil tidak diperbolehkan obesitas atau kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan. Namun biasanya seorang ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan. Berikut merupakan tabel mengenai kenaikan berat badan yang diperbolehkan untuk ibu hamil.
Indeks Masa Tubuh
Berat Badan yang Direkomendasikan (kg)
Penambahan Berat Badan per Minggu Setelah 12 Minggu (kg)
<19,8
12,5 - 18,0
0,5
19,8 - 26,0
11,5 - 16,0
0,4
26,0 - 29,0
7 - 11,5
0,3
>29,0
Min 7

Kehamilan kembar
15,9 - 20,4
0,7
Kehamilan Triplet
Seluruhnya 22,7


Berat badan yang dimiliki oleh ibu hamil mempengaruhi bayi yang sedang dalam kandungan atau janin. Namun apabila ingin menanbah berat badan bayi apabila bayi memiliki kekurangan berat badan bukan dengan mengkonsumsi lemak, namun dengan mengkonsumsi karbohidrat.
Klasifikasi Obat
            Pola makan ibu hamil juga tidak boleh sembarangan. Masih banyak pemikiran bahwa apabila ibu yang sedang mengandung harus makan 2 porsi makan sekaligus karena satu porsi untuk janin satu porsi lagu untuk diri sendiri. Hal tersebut merupakan hal yang salah, idealnya ibu yang sedang mengandung makan sedikit namun sering. Itu juga menguntungkan karena ibu yang sedang hamil sering mengalami mual, dengan makan sedikit namun sering akan mengurangi resiko mual dan muntah. Dalam mengkonsumsi obat, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih obat apabila mengalami keluhan-keluhan. Yang pertama kali harus dicek adalah apakah obat yang akan dikonsumsi aman bagi kehamilan.
Dalam acara prosehat juga ada peluncuran aplikasi yang bernama Prosehat. Pada aplikasi prosehat banyak layanan yang sangat membatu masyarakat dalam bidang masyarakat. Seperti Tanya Prosehat yang kita bisa bertanya kepada dokter meskipun melalui online. Dimanapun kita berada kita masih bisa mendapatkan informasi mengenai kesehatan dengan layanan Tanya Prosehat. Layanan lain ada Promo Prosehat (yang kita bisa mendapatkan informasi mengenai promo yang ada), Info Kesehatan, Langganan Obat, Foto Resep Obat, dan Cari Obat &  Suplemen (dimana kita bisa menanyakan obat apa yang cocok untuk kita yang sedang sakit, dan informasi juga disampaikan melalui online). Aplikasi seperti inilah yang sangat membatu masyarakat Indonesia, seperti aplikasi-aplikasi lain yang bersifat online seperti Gojek, GRAB, dan lain sebagainya. Sifat manusia yang menginginkan semuanya serba instan dan mudah saat ini semakin meningkat. Maka aplikasi Prosehat dapat membantu dalam meningkatkan mutu kesehatan masyarakat Indonesia. Termasuk juga membantu para ibu hamil yang sedang membutuhkan informasi-informasi kesehatan kandungan maupun informasi lainnya
            Ibu hamil merupakan sosok yang sangat penting. Seorang ibu hamil merupakan sosok yang akan membawa kehidupan baru di dunia. Ibu hamil bukan hanya mempertaruhkan nyawa untuk kehadiran sang buah hati, namun juga nyawa sendiri. Bayi yang lahir di dunia merupakan pencerminan sang ibu maupun ayah, dan bayi yang lahir tersebut merupakan cikal bakal yang akan merubah dunia di kemudian hari. Oleh sebab itu, marilah kita perhatikan kesehatan seorang ibu hamil. Namun kita semua juga harus menjaga kesehatan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

About