Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Jumat, 17 Juni 2016

Asuransi Indonesia Dan Berbagai Manfaatnya


Blogging & Beyond
How Tp Optimize Your Blog
Foto : Dok Valuklik
Asuransi? Apa itu asuransi? Penting kah asuransi? Masyarakat Indonesia masih awam dengan hal tersebut. Dalam benak masyarakat asuransi dianggap tidak bermanfaat. Jangankan untuk berasuransi, apa itu asuansi saja masyarakat banyak yang tidak tahu. Masyarakat juga tidak mengerti mengenai pentingnya proteksi terhadap apa yang telah dimiliki, Asuransi sendiri merupakan tindakan untuk melakukan perlindungan atau proteksi terhadap jiwa, properti, dan kesehatan agar mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak terduga. Kejadian yang dimaksud seperti kecelakaan, kehilangan, kerusakan atau pun sakit.

Resiko Dan Asuransi
Foto : kompasiana.com
Mengapa asuransi itu penting? Asuransi sendiri sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat yang menggunakannya. Masyarakat yang menggunakan asuransi akan memiliki ketenangan yang lebih daripada masyarakat lain yang tidak menggunakan asuransi. Bagaimanapun resiko dalam kehidupan itu pasti, meskipun kita tidak tahu kapan terjadinya. Individu atau masyarakat yang menggunakan asuransi akan memiliki proteksi akan resiko yang terjadi.

Bukan hanya untuk proteksi, berasuransi juga dapat sebagai investasi. Investasi yang dilakukan yaitu menabung untuk di hari tua. Layanan yang diberikan kepada masyarakat saat berasuransi salah satunya yaitu asuransi untuk hari tua. Asuransi untuk hari tua sama seperti menabung, uang premi yang diberikan untuk asuransi akan dikumpulkan untuk hari tua. Semakin tua usia manusia, maka akan semakin menurun pula produktifitasnya. Dan apabila produktifitas semakin menurun, pendapatan juga akan berkurang. Disitulah manfaat dari asuransi akan terlihat.

Pada dunia kesehatan, pentingnya proteksi juga sangat terlihat dan terasa. Saat ini semakin banyak perusahaan maupun dari pemerintah yang menyediakan jasa pelayanan asuransi bagi masyarakat. Manfaat menggunakan asuransi kesehatan sendiri terlihat saat individu yang menggunakan asuransi sakit. Biaya yang digunakan bisa dari asuransi. Belum lagi tunjangan yang biasanya diberikan oleh perusahaan pelayanan jasa asuransi. Bukan hanya saat sedang sakit, namun saat mengalami kecelakaan biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan bisa menggunakan asuransi.

Penjelasan Asuransi
Foto : Dok. Pribadi
Untuk manfaat di bidang properti, misalkan rumah individu sudah diasuransikan. Pada saat terjadi kecelakaan misalnya kebakaran sehingga rumah tersebut hangus oleh si jago merah. Karena rumahnya telah diasuransikan maka perbaikan yang dilakukan untuk rumah terbantu dengan asuransi. Jika kita melihat dai kejadian-kejadian yang ada, resiko akan terjadinya kecelakaan lalu lintas sangatlah tinggi. Bukan hanya sepeda motor, namun mobil dan kendaraan bermotor yang lainnya juga sama. Penggunaan asuransi untuk kendaraan juga sangat dibutuhkan. Perlindungan yang diberikan terhadap kendaraan sebenarnya bukan hanya pada saat terjadi kecelakaan saja, namun juga dari gangguan dari orang-orang jahat, pencurian, kebakaran kendaraan bermotor.

Asuransi di bidang pendidikan tidak kalah penting. Kebutuhan akan pendidikan saat ini semakin meningkat. Bisa dilihat saja para lulusan sarjana masih banyak yang belum mendapatkan pekerjaan. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan di Indonesia sudah mulai meningkat. Dengan kebutuhan pendidikan yang semakin meningkat, maka pentingnya melakukan asuransi juga mengikuti. Biasanya asuransi pendidikan diberikan kepada anak, dengan penggunaannya untuk masa depan ketika ingin memasuki masa perkuliahan. Namun tidak menutup kemungkinan penggunaan asuransi pendidikan ditujukan untuk orang dewasa.


Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang bergerak dibidang asuransi, baik
AIA Assurance
Foto : 237desain.blogspot.com
asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi bidang kesehatan, kesehatan bidang properti, dan lain sebagainya yang masih banyak. Namun ada juga perusahaan asuransi yang menggabungkan berbagai bidang menjadi satu. Ada juga perusahaan yang bergerak secara syariah, ini untuk menarik minat agar masyarakat muslim untuk berasuransi. Salah satu contohnya yaitu perusahaan AIA, yang juga menerapkan pelayanan asuransi berbasih syariah yang bernama AIA SAKINAH ASSURANCE. Namun minat dari masyarakat yang masih minim untuk berasuransi sanga disayangkan. Perubahan image akan asuransi sebenarnya harus dilakukan sedini mungkin. Karena dapat dilihat banyak manfaat apabila kita berasuransi. Marilah kita sama-sama mengerti bahwa pentinya proteksi terhadap apa yang telah dimiliki, serta menjaga apa yang telah dimiliki dengan berasuransi karena melakukan asuransi terhadap apa yang telah dimiliki juga akan mempermudah dan membantu dikemudian hari.

2 komentar:

  1. Sayangnya minat tentang manfaat asuransi, apalagi asuransi syariah minim banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget
      Padahal banyak banget manfaat dari asuransi

      Hapus

About