Blog Yang Berisi Tentang Pengalaman Jalan, Keliling, Kegalauan Dan Sedikit Gado-gado

Rabu, 24 Februari 2016

Keunikan Lalu Lintas Jakarta



            Tidak bisa dipungkiri lagi apabila Jakarta memang disebut tempat yang gak pernah tidur. Bisa dibayangkan Jakarta pada saat malam, pagi, dan siang. Menyinggung masalah lalu lintas tempat ini seperti tak ada habisnya. Coba saat pagi hari, waktu para untuk para pekerja melaksanakan kewajibannya untuk mencari nafkah serta para mahasiswa dan siswa berngkat untuk mencari ilmu. Jalan protokol, perempatan, bahkan jalan tol pun padat dengan yang namanya kendaraan bermotor. Kendaraan motor juga sangat bervariasi seperti motor, mobil pribadi, truk, dan bajaj. Begitu terus menerus terjadi saat pagi menjelang. Nah apabila siang hari, biasanya lalu lintas Jakarta mulai agak sepi, karena saat jam segini hanya beberapa saja yang keluar dan para siswa juga belum pulang dari sekolah. Lanjut saat sore hari, mulailah kepadatan kembali, saat semua pekerja kembali ke rumah masing-masing, para siswa pulang, dan para mahasiswa pun juga demikian.

            Sebenarnya jalan-jalan di Jakarta tergolong sudah lebar dan banyak pula jalan-jalan kecil yang memadai. Akan tetapi kendaraan yang semakin lama semakin meningkat juga membuat lalu lintas yang ada di Jakarta semakin buruk. Pemilihan kendaraan umum juga sangat minim. Saat banyak dari metromini yang mengalami permasalahan, banyak dari busway yang sudah tidak layak dan  berdesakan menyebabkan tidak enak pula enak untuk ditumpangi, belum juga tumpukan antrian yang ada di KRL. Bagi warga Jakarta sendiri mungkin mengalami kebingungan, dimana pilihan mereka serba salah. Kerena apabila mengikuti aturan dari pemerintah merekalah yang merasakan tidak enak dan apabila mengikuti kehendak sendiri yang memprioritaskan kenyamanan mereka sendiri mereka dianggap tidak mendukung pemerintah.

            Pemerintah sendiri tidak tinggal diam dengan keadaan seperti ini. Banyak proyek pembangunan untuk memecahkan kemacetan dan kepadatan lalu lintas di Jakarta. Seperti yang telah dilakukan di area Sudirman yang terlihat banyak kendaraan dan alat berat yang bekerja untuk membangun proyek dari pemerintah. Bukan hanya di bidang pembangunan, tapi pembuatan peraturan dan ketegasan juga telah dilakukan. Dapat dilihat banyak metromini yang terkena razia karena sudah diangggap tidak layak untuk dipakai, harus ada 3 orang dalam satu mobil pribadi  di daerah Thamrin dan Sudirman, pengendara motor dilarang melintas di area tertentu, dan masih banyak lagi peraturan-peraturan pemerintah yang sedang dilaksanakan. Apabila saat kita melihat para pengendara yang seenaknya sendiri di jalanan Jakarta. Pastilah pemerintah saat menginginkan semua aman, terkendali, da tidak semerawut. Namun semua itu tidaklah instan, pasti butuh proses untuk penegakan peraturan tersebut.

            Ada satu hal yang menarik di Jakarta, yakni maraknya balapan liar yang tak ada habisnya. Mulai dari Drag Race dengan mengandalkan kecepatan motor modifikasi di area lurus saja dan ada juga balapan motor liar yang memang mengandalkan nyali yang sangat besar yaitu balapan liar saat lalu lintas tengah berlanjut. Pada saat pelaksanaan balap ini biasanya masyarakat disekitar dan para pengemudi yang melintasi jalan yang digunakan untuk balapan sudah seperti melihat hal yang biasa. Padahal sesungguhnya hal ini sangat membahayakan pengendara lain tak berdosa yang memang tujuannya memang hanya melewati jalan tersebut dan tentunya berbahaya pula untuk pembalap liar itu sendiri. Tak khayal banyak para pengendara yang mengalami kecelakaan gara-gara hal ini, baik kecelakaan kecil, sedang, dan parah.

            Hal baru juga banyak bermunculan dijalanan Jakarta. Dimana banyak yang meberikan pelayan melalui online. Ini juga sebuah terobosan baru di bidang lalu lintas. Wajah jalanan tampak terhiasi dengan itu semua. Masyarakat yang tampaknya juga welcome dengan adanya sistem ini juga menambah daya tarik tersendiri. Namun ini bukan hanya menimbulkan hal positif saja. Banyak pula hal negatif yang ditimbulkan dengan ini. Seperti contohnya banyak driver online yang menganggur menunggu order karena memang terlalu banyak driver online. Itu hanya salah satu contoh saja dari hal negatif yang ditimbulkan oleh sistem online ini.

            Begitulah lalu lintas Jakarta yang memiliki keunikan tersendiri. Kemacetan, pengemudi yang marah-marah karena macet, pengemudi ugal-ugalan, kecelakaan seperti hal biasa yang selalu muncul disetiap harinya. Namun ada lagi yang tampak tak seperti biasanya di Jakarta, yaitu apabila weekend, hari libur, nasional, dan lebaran. Hal luar biasa terjadi di Jakarta. Dimana Jakarta sepi, tidak macet, lalu lintas tidak kacau. Yah, itulah keunikan lalu lintas Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

About